9 Manfaat Bunga Bintang untuk Kesehatan dan Manfaat Lainnya

Posted on

Manfaat Bunga Bintang – Bunga bintang adalah bunga yang memiliki banyak khasiat untuk mengobati jenis penyakit, terutama penyakit mata. Kandungan yang terkandung dalam bunga ini sangat efektif dalam menyembuhkan katarak, rabun jauh atau infeksi mata. Karena itu, banyak orang menggunakan bunga ini sebagai tetes mata alami.

Tidak hanya digunakan untuk pengobatan, tetapi juga sebagai tanaman hias dengan bentuknya yang indah dan bunga berwarna putih banyak orang tertarik untuk menanam atau sebagai hiasan rumah.

Manfaat-Bunga-Bintang
Manfaat Bunga Bintang

Sebutan sebagai bunga bintang karena jumlah kelopaknya lima sehingga menyerupai seperti bentuk bintang. Bunga ini mengandung berbagai bahan yang sangat berkhasiat untuk kesehatan, termasuk saponin, alkaloid, polifenol, lobelin dan isotonim.

Bunga bertuliskan nama ilmiah Isotoma longiflora datang di dataran rendah sekitar 1000 meter di atas permukaan laut. Sangat mudah untuk menemukan dan tumbuh liar di tempat-tempat lembab seperti sungai, sawah, di sekitar danau dan bahkan parit. Bagi Anda yang ingin tahu apa manfaat dan khasiat dari bunga bintang ini, berikut adalah manfaatnya.

Manfaat Bunga Bintang

Meredakan Gejala Katarak di Mata

Khasiat bunga bintang pertama dapat membantu meringankan masalah penglihatan karena katarak. Penyebab katarak dapat dipengaruhi usia. Hal ini membuat lensa mata yang jernih menjadi keruh. Anda melakukan ini dengan mengoleskan bunga pada mata yang katarak.

Meringankan Nyeri dan Sakit Mata

Penyakit yang sering memicu nyeri mata adalah mata kering dan berair. Tentu saja, Hal ini sangat menyebalkan dan membuat Anda tidak nyaman. Bunga ini sangat efektif sebagai pereda nyeri dan perih pada mata. Jika Anda ingin pulih dari rasa sakit dan mata sakit Anda dapat mengkonsumsinya sebagai obat tetes mata alami.

Mengatasi Infeksi Mata

Bunga ini tidak hanya berguna untuk meredakan katarak tetapi juga memiliki manfaat dalam mengobati infeksi mata. Penyakit ini biasanya ditandai dengan mata merah dan bengkak. Untuk mencegah hal ini, Anda dapat menggunakannya sebagai obat mata dengan merendam bunga bintang dalam air bersih selama beberapa menit dan kemudian meneteskan 2-3 tetes air dari bagian atas tangkai bunga ke mata Anda.

Antibiotik Luka

Bunga bintang juga sangat efektif dan diyakini sebagai antibiotik. Penggunaan antibiotik sangat penting untuk mengobati luka dan mencegah infeksi. Maka dari itu, jika anda mengalami luka akibat cedera cukup dengan tumbuk halus bunga ini lalu balurkan pada luka dan sekitarnya. Metode ini tidak disarankan untuk cedera serius seperti luka terlalu dalam karena ini dapat menyebabkan infeksi.

Menyembuhkan Asma dan Radang Tenggorokan

Bunga bintang ini juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan sesak napas dan sakit tenggorokan. Bagi Anda yang memiliki keluhan tentang penyakit ini, memasak bunga bersih ini dapat menyembuhkannya, setelah itu airnya disaring dan diminum hingga 2 kali sehari. Lakukan metode ini secara teratur dan teratur untuk hasil yang maksimal.

Menghilangkan Kanker

Kebanyakan orang menganggap kanker sebagai penyebab utama kematian. Untuk mencegahnya, bunga ini bisa digunakan dengan memasak. Kandungan bunga ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan kanker sehingga Anda terhindar dari risiko kematian akibat kanker.

Menyembuhkan Sakit Gigi

Sakit gigi bisa disebabkan karena tidak memperhatikan kesehatan gigi atau makan makanan manis di malam hari. Cara mudah untuk menyembuhkannya adalah dengan menggunakan bunga ini, hancurkan 2 kelopak bunga ini dan masukkan ke gigi yang sakit atau berlubang. Metode ini hanya penghilang rasa sakit. Tentu saja, Anda juga dapat menggunakan metode ini bagi Anda yang ingin mengobati atau menyembuhkan sakit gigi.

Anti-inflamasi

Anti-peradangan atau peradangan adalah salah satu reaksi tubuh karena infeksi atau cedera. Namun, jika mereka tidak segera diobati peradangan pada tubuh dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit kronis seperti masalah jantung, kanker dan diabetes.

Antioksidan

Bunga bintang merupakan tanaman yang kaya akan antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat mengatasi radikal bebas didalam tubuh.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat bunga bintang sangat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya