10 Manfaat Bunga Gemitir untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Bunga gemitir (Tagetes erecta L) atau bunga yang dikenal sebagai bunga Marygold berasal dari daerah Bali dan digunakan hampir setiap hari untuk upacara keagamaan. Bahkan, bunga ini juga sangat terkenal di India sebagai bunga yang sangat sakral karena digunakan sebagai hiasan untuk patung dewa.

Bunga gemitir tidak hanya dapat digunakan sebagai hiasan, tetapi juga sebagai obat herbal yang baik untuk kesehatan Anda. Kandungan alami bunga gemitir adalah karotenoid (karoten memiliki efek pencegahan terhadap penyakit jantung dan memperkuat sistem kekebalan tubuh), translutein dan senyawa lainnya. Kandungan vitamin A dan vitamin C pada bunga bermanfaat untuk mencegah penyakit.

Manfaat-Bunga-Gemitir
Manfaat Bunga Gemitir

Manfaat Bunga Gemitir

Antioksidan

Kandungan yang terkandung dalam bunga gemitir bekerja melawan radikal bebas dalam tubuh yang secara tidak langsung berguna untuk pencegahan kanker dan kemungkinan penuaan dini pada kulit. Kelebihan antioksidan adalah Anda selalu terlihat bercahaya dan awet muda.

Mengobati Masalah Pencernaan

Bunga Gemitir mampu melindungi lambung dan usus, sehingga mereka dapat membantu mengobati penyakit maag, gastritis dan kanker perut. Selain itu, bunga gemitir juga dapat menyebabkan sistem pencernaan berjalan dengan lancar, dalam hal ini termasuk melancarkan buang air besar.

Mencegah Serangan Bakteri

Bunga gemitir juga sangat bermanfaat untuk mencegah serangan bakteri dalam tubuh. karena kandungan dalam bunga ini dapat mencegah serangan bakteri.

Mengobati Demam

Bunga gemitir bisa mengatasi gejala demam, di mana kandungan dalam bunga ini bisa mengurangi dan mengendalikan panasnya demam sehingga tidak mudah muncul kembali.

Membantu Melembabkan Kulit

Minyak yang dihasilkan oleh bunga gemitir dapat menjadi obat yang sangat efektif dalam merawat kulit kering. Minyak bunga gemitir juga dikenal untuk menyembuhkan masalah kulit lainnya seperti eksim, psoriasis, gatal-gatal, dan bahkan ruam popok yang biasanya muncul di tubuh bayi.

Mengurangi Peradangan

Minyak bunga Gemitir diketahui mengandung zat yang bertindak sebagai anti-Flamais dan sangat baik mengurangi peradangan dan pembengkakan akibat cedera yang telah terjadi.

Menjaga Kesehatan Mata

Bunga gemitir mengandung vitamin A yang membantu menjaga kesehatan mata dan meningkatkan penglihatan. Manfaat kesehatan dari vitamin A adalah mata Anda menjadi lebih tajam setelah makan bunga gemitir. Berbagai penyakit yang mengganggu kesehatan mata dapat dihindari setelah mengonsumsi bunga ini, termasuk katarak yang sangat mengganggu penglihatan.

Meningkatkan Daya Tahan

Bunga Gemitir juga mengandung vitamin C. Manfaat vitamin C adalah sistem kekebalan tubuh diperkuat. Sistem kekebalan yang meningkat ini dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit menular.

Detoksifikasi Tubuh

Bunga gemitir bisa menjadi detoksifikasi. Manfaat detoksifikasi adalah racun dikeluarkan dari tubuh terutama hati dan kantong empedu. Hal ini membantu tubuh menjadi bugar dan menghindari berbagai penyakit dan efek negatif pada tubuh.

Mencegah Kanker

Bunga Gemitir bersifat karsinogenik atau sering disebut sebagai solusi kanker.kanker sangat berbahaya bagi tubuh jika tidak segera diobati, mengkonsumsi bunga gemitir menjadi solusi pengobatan alami kanker.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat bunga gemitir semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya