15 Manfaat Bunga Rosella dan Kandungan Bunga Rosella

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Banyaknya manfaat kesehatan dari bunga rosella membuat minuman teh herbal ini menjadi minuman yang sangat diminati oleh masyarakat. Teh bunga rosella tidak hanya enak, tetapi juga bisa menghangatkan tubuh di musim dingin. Selain itu teh ini juga efektif mencegah berbagai penyakit.

Bunga Roselle (Hibiscus sabdariffa) adalah bunga dari Afrika yang sering kali ternyata dapat dikonsumsi di negara asalnya. Diantaranya bunga ini sering dibuat menjadi selai atau jeli untuk roti.

Manfaat-Bunga-Rosella
Manfaat Bunga Rosella

Di beberapa negara afrika, bunga ini sering digunakan untuk salad buah, untuk mengisi kue atau untuk minuman dengan tambahan tetes tebu, merica dan garam. Bubuk biji rosella juga banyak digunakan untuk campuran minuman kopi.

Kandungan Bunga Rosella

Manfaat yang ditawarkan bunga Rosella tidak dapat dipisahkan dari nutrisi yang dikandungnya. Bunga rosella mengandung beberapa vitamin termasuk vitamin C, vitamin B3 (niasin), vitamin B9 (asam folat).

Selain vitamin, bunga rosella juga mengandung banyak jenis mineral seperti zat besi, kalsium, zinc natrium, fosfor, magnesium, dan kalium. Bunga rosella juga kaya akan anthocyanin, yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Manfaat Bunga Rosella

Melindungi Kulit Wajah

Bunga rosella dapat membantu melindungi kulit wajah dari radikal bebas dan sinar UV yang berbahaya. Anda dapat merasakan manfaat Rosella untuk wajah Anda dengan meminum teh Rosella dengan benar. Teh rosella mengandung protein esensial, asam amino dan vitamin C, yang dapat membuat kulit wajah lebih sehat dan lebih bercahaya.

Mengatasi Infeksi dan Peradangan

Kandungan vitamin C dalam bunga rosella dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C dapat mengobati berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau peradangan. Selain itu, kandungan vitamin C juga bersifat antibakteri dan antiinflamasi.

Mengurangi Rasa Cemas

Bunga rosella juga bisa digunakan untuk menghilangkan kecemasan dan depresi. Hal ini karena kandungan flavonoid terkandung dalam bunga rosella. Flavonoid yang dikandungnya memiliki sifat antidepresan, sehingga Anda menjadi lebih tenang dan lebih rileks.

Mencegah Tumor dan Kanker

Keuntungan selanjutnya dari bunga rosella merah adalah mereka dapat mencegah tumor dan kanker. Hal ini karena bunga rosella mengandung antioksidan dan karsinogen.

Menjaga Saluran Pencernaan

Bunga rosella dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Mengonsumsi bunga rosela dapat melancarkan buang air besar sehingga dapat mengatasi sembelit.

Mencegah Penyakit Liver

Kandungan antioksidan dalam bunga rosella dapat menangkal radikal bebas dan menetralkan racun. Hal ini dapat membantu hati bekerja lebih mudah dan mencegah penyakit liver.

Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah salah satu penyebab munculnya masalah medis dalam tubuh. Mengonsumsi bunga rosella secara teratur dapat membantu tubuh mempertahankan dan mengembalikan tekanan darah normal.

Menurunkan Berat Badan

Teh bunga rosella dapat digunakan sebagai teh pelangsing untuk menurunkan berat badan. Bunga rosella dapat menghambat produksi amilase sehingga dapat mengurangi glukosa dan asupan pati. Jika penyerapan glukosa dan pati menurun hal tersebut dapat mengurangi asupan kalori dalam tubuh dan pada akhirnya mengurangi berat badan.

Merangsang Menstruasi

Keuntungan terakhir dari bunga rosella adalah dapat merangsang menstruasi. Bunga rosella dapat memengaruhi hormon estrogen, yang dapat merangsang menstruasi.

Mengatasi Serangan Bakteri

Manfaat bunga rosella juga efektif dalam memerangi dan mengatasi infeksi bakteri. Serangan E. coli yang menyebabkan diare dapat diobati dengan ramuan ini. Termasuk bronkitis, radang paru-paru atau infeksi saluran kemih.

Mencegah Radikal Bebas

Teh bunga rosella dikenal kaya akan antioksidan kuat melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Ramuan ini juga baik untuk melindungi kulit dan tubuh dari berbagai polutan.

Melancarkan Buang Air Besar

Bunga rosela memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan juga berperan sebagai buang air besar. Mengkonsumsi teh bunga rosella secara teratur dapat melancarkan buang air besar.

Mencegah Penyakit Degeneratif

Kandungan senyawa seperti zat fenolik yang bermanfaat sebagai antioksidan pada bunga Rosella memang sangat berkhasiat. Manfaat zat ini adalah bahwa tubuh Anda lebih terlindungi dari berbagai penyakit degeneratif yang umum di tubuh manusia seperti diabetes atau kanker.

Mencegah Pengeroposan Tulang

Bunga rosela juga mengandung bahan-bahan seperti kalium, kalsium, zat besi dan vitamin D. Bahan-bahan yang sangat bermanfaat ini membantu mencegah keropos tulang terutama pada orang tua.

Meningkatkan Sistem Imunitas

Bunga rosella sangat berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Seperti diketahui, sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk mencegah penyakit. Konsumsi teh Rosella memperkuat sistem kekebalan tubuh secara teratur. Bahkan lebih baik jika Anda minum teh Rosella secara teratur di pagi hari.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat bunga rosella semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya