10 Manfaat Teh Bunga Calendula untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Bunga calendula adalah bunga yang sangat dihargai sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Hal ini juga digunakan sebagai bahan kosmetik dan sebagai minuman teh yang menyehatkan tubuh.

Selain manfaatnya bagi kesehatan, bunga ini juga dapat digunakan sebagai tanaman hias. Bunga ini juga dikenal sebagai pot marigold dan milik Asteraceae familli yang merupakan keluarga terbesar tanaman berbunga. Bunga ini berwarna kuning muda atau oranye.

Manfaat-Teh-Bunga-Calendula
Manfaat Teh Bunga Calendula

Manfaat Teh Bunga Calendula

Menyehatkan Pencernaan

Teh calendula sangat baik untuk melindungi mukosa usus dan lambung, untuk mencegah bisul, gastritis, mulas dan gangguan pencernaan lainnya. Bahkan, minum teh herbal ini secara teratur akan mengurangi risiko kanker perut.

Membersihkan Racun dalam Rubuh

Jika Anda minum teh calendula secara teratur, racun di hati dan kantong empedu dapat dikeluarkan. Jadi bunga calendula ini bisa mendetoksifikasi tubuh.

Mengobati Demam dan Batuk

Bunga calendula yang dikonsumsi sebagai minuman teh dapat meredakan batuk dan mengobati demam. Berkumur dengan teh calendula diseduh dengan air hangat dapat mengobati radang mulut dan sakit tenggorokan. Lakukan ini di pagi, siang dan sore hari.

Mengatasi Peradangan

Minyak calendula memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan pada bagian-bagian tubuh. Memar, bengkak, keseleo, dan varises dapat diatasi dengan mengoleskan minyak alami ini langsung ke area yang bermasalah.

Melancarkan Haid

Dengan asupan teh calendula yang teratur, keluhan menstruasi dan gangguan pada wanita menopause seperti sakit kepala, hot flashes dan mual dapat dikurangi. Namun, wanita hamil harus berkonsultasi dengan dokter sebelum minum teh ini.

Mengatasi Lecet Karena Popok

Menggunakan popok dapat menyebabkan ruam pada kulit bayi. Masalah kulit ini tentu sangat mengganggu kenyamanan bayi Anda. Untuk meredakan ruam popok, oleskan minyak bunga calendula ke kulit bayi.

Obat Tetes Mata

Teh calendula tampaknya dapat diaplikasikan pada mata Anda untuk mengobati mata merah (konjungtivitis) dan juga penyakit mata lainnya, minumlah teh calendula secara teratur.

Mengobati Eksim

Bunga calendula memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang efektif pada cedera ringan dan mempercepat pemulihan jaringan kulit. Dengan mengoleskan minyak calendula ke kulit yang bermasalah, masalah kulit seperti eksim, dermatitis, gatal, psoriasis, kurap dan penyakit kulit lainnya dapat diatasi.

Meredakan Nyeri Akibat Sengatan Lebah

Jika disengat oleh tawon atau serangga beracun lainnya, oleskan minyak bunga calendula untuk membantu menghilangkan rasa sakit dan bengkak dari sengatan lebah.

Mengatasi Kulit Kering

Jika Anda memiliki masalah dengan kulit yang pecah-pecah dan bersisik minyak calendula adalah solusinya. Minyak alami ini membantu dalam produksi kolagen, membuatnya berguna untuk melembabkan kulit dan membuatnya lebih bersinar. Anda bisa menggunakan minyak ini sebagai pelembab kulit alami untuk mencegah penuaan dini.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat teh bunga calendula semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya