10 Manfaat Teh Bunga Dandelion untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Meskipun dandelion termasuk dalam kategori tanaman liar, ia memiliki manfaat kesehatan ketika dikonsumsi sebagai teh. Teh dandelion dapat berasal dari Bunga, daun, dan bahkan akar.

Untuk menjadi teh, dandelion bagian akar dan daun bisa direbus untuk dinikmati airnya, atau dipanggang hingga kering sebelum diseduh dan diminum. Namun, jika Anda tidak memiliki akses atau waktu untuk menemukan tanaman ini, Anda juga dapat menikmati teh dandelion yang sudah jadi untuk mendapatkan manfaat yang sama.

Manfaat-Teh-Bunga-Dandelion
Manfaat Teh Bunga Dandelion

Manfaat Teh Bunga Dandelion

Pengganti Kopi

Jika Anda ingin minum kopi, tetapi tidak “kuat” dengan kandungan kafein, teh dandelion bisa menjadi pilihan. Teh dandelion yang terbuat dari akar dandelion memiliki keunggulan meningkatkan energi dan konsentrasi seperti kopi. Selain itu, teh akar dandelion memiliki rasa yang hampir tidak berbeda dengan kopi.

Obat Penurun Berat Badan

Sebuah penelitian di Korea menunjukkan bahwa dandelion dapat memiliki efek yang mirip dengan obat penurunan berat badan orlistat. Hal ini menghambat lipase pankreas atau enzim yang dilepaskan selama pencernaan untuk memecah lemak. Hasil percobaan pada tikus mendorong para peneliti untuk melakukan studi lebih lanjut tentang kemungkinan efek anti-obesitas teh dandelion.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Meskipun penelitian terbatas pada pengamatan, teh dandelion telah lama digunakan sebagai minuman untuk membantu mengatasi sejumlah masalah pencernaan. Di Korea, teh dandelion tradisional dikatakan meningkatkan nafsu makan, menyehatkan sistem pencernaan, dan mengobati sembelit.

Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Teh dendelion dalam kombinasi dengan tanaman Urva tua dapat membantu mencegah dan mengurangi infeksi saluran kemih. Mengkonsumsi 2 cangkir teh dandelion dapat meningkatkan efek diuretik atau buang air kecil, sementara UVA-Ursi bertindak sebagai agen antibakteri.

Kesehatan Liver

Dalam pengobatan tradisional, teh dandelion dianggap sebagai vitamin untuk hati. Naturopaths percaya bahwa konsumsi teh dandelion secara teratur dapat mendetoksifikasi hati, mengurangi masalah kulit dan mata, dan meringankan gejala penyakit hati. Kemampuan ini juga ditunjukkan dalam sebuah penelitian di tahun 2017 yang menemukan bahwa kandungan polisakarida dandelion bermanfaat untuk fungsi hati yang lebih baik.

Menyehatkan Diabetes

Sebuah studi kecil pada hewan menemukan bahwa teh dandelion dapat membantu menormalkan gula darah, menurunkan kolesterol jahat, dan meningkatkan kolesterol baik pada tikus diabetes. Meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut, mengonsumsi teh dandelion dapat menjadi langkah pencegahan untuk mencegah pradiabetes menjadi diabetes.

Prediabetes adalah suatu kondisi di mana kadar gula darah dalam tubuh sering tinggi, tetapi terlalu dini untuk masuk kategori diabetes. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, sekitar satu dari tiga orang dewasa di Amerika Serikat menderita diabetes karena gaya hidup yang mengkonsumsi gula. Prediabetes benar-benar tanpa gejala, jadi 90 persen dari mereka yang terkena dampaknya bahkan tidak menyadarinya.

Antikanker

Akar dandelion baru-baru ini dipelajari sebagai tanaman yang memiliki potensi untuk melawan sel kanker. Sebuah penelitian di Kanada menunjukkan bahwa ekstrak akar dandelion dapat memicu kematian sel pada sel kanker melanoma tanpa mempengaruhi sel kanker. Sumber lain juga menunjukkan bahwa akar dandelion melakukan hal yang sama pada sel kanker pankreas.

Membangun Tulang yang Kuat

Berkat mineral yang dikandungnya, seperti kalsium, zinc, magnesium, dan zat besi, teh dandelion berkontribusi pada pembentukan tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis. Kepadatan mineral tulang secara alami berkurang dengan bertambahnya usia tanpa suplementasi yang konsisten.

Melancarkan Peredaran Darah

Teh dandelion memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang membawa banyak manfaat bagi tubuh termasuk meningkatkan fungsi sistem peredaran darah. Zat besi meningkatkan jumlah sel darah merah dan memastikan bahwa seluruh tubuh tetap dipasok dengan oksigen.

Mencegah Kanker

Hasil studi pertama tentang kemampuan dandelion untuk melawan kanker cukup menjanjikan: ekstrak akar dandelion dapat membunuh sel melanoma kanker tanpa merusak sel-sel tubuh yang sehat. Antioksidan juga secara alami melawan kerusakan akibat radikal bebas yang memicu munculnya sel kanker.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat teh bunga dandelion semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: