10 Manfaat Teh Bunga Talang untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Clitoria Ternatea adalah nama Latin untuk bunga ini. Bunga biru yang indah dengan tanaman merambat. Di Indonesia bunga ini dikenal sebagai Telang dan luar negeri sebagai Butterfly Pea karena berbentuk seperti kupu-kupu. Bunga ini sering tumbuh liar di pagar dan bahkan di jalan, tetapi bisa juga ditanam dirumah.

Bunga ini tidak hanya memiliki warna yang indah, tetapi juga banyak keunggulannya. Pada zaman kuno, bunga ini digunakan sebagai tetes mata pada bayi dan orang dewasa. Seiring waktu, bunga ini digunakan baik sebagai pewarna makanan dan sebagai teh.

Manfaat-Teh-Bunga-Telang
Manfaat Teh Bunga Telang

Manfaat Teh Bunga Telang

Detoksifikasi Tubuh

Jika Anda minum teh bunga Telang setiap pagi, Anda akan merasakan manfaat besar bagi tubuh Anda. Teh bunga Telang adalah minuman detoksifikasi yang baik yang menghilangkan semua racun dalam tubuh Anda melalui keringat dan urin dan mendukung proses metabolisme tubuh Anda. Jadi kesehatan Anda selalu terjaga.

Obat Sakit Telinga

Dengan kandungan zat dalam teh bunga Telang, Anda bisa menggunakannya sebagai obat anti-sakit telinga. Campurkan sedikit garam dalam teh. Jika Anda mengalami sakit telinga, Anda bisa mengompres bagian luar Anda dengan teh bunga Telang hangat. Hal ini akan mengurangi rasa sakit yang Anda derita.

Obat Penyakit Mata

Manfaat teh bunga Telang tidak kalah dengan manfaat teh adas. Jika Anda menderita gangguan mata seperti mata lelah, mata minus, miopia dan silinder, Anda dapat mengatasinya dengan minum teh Telang bebas gula secara teratur di sore dan malam hari.

Obat Sakit Kepala

Sebagian besar obat sakit kepala membuat kecanduan akhir-akhir ini, dan mereka yang sering mengalami sakit kepala hanya karena pusing atau bahkan sedikit sakit kepala akan bingung jika mereka tidak mendapatkan obat yang sering mereka konsumsi ketika penyakitnya kambuh.

Hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan Anda. Karena itu, disarankan untuk mengonsumsi obat-obatan herbal untuk sakit kepala yang tidak menyebabkan opiat, seperti teh bunga Telang ini.

Obat Batuk

Teh bunga Telang juga banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk meredakan batuk dan sakit paru-paru. Anda tidak harus mengonsumsi berbagai jenis obat kimia yang berbahaya bagi kesehatan Anda.

Mengurangi Resiko Kanker

Antioksidan di Telang juga dapat meminimalkan kerusakan besar pada sel-sel tubuh. Semakin rendah kerusakan sel, semakin rendah risiko untuk semua jenis kanker.

Mengatasi Diabetes

Menurut sebuah penelitian, daun bunga telang dapat mengurangi diabetes pada tikus. Hal ini disebabkan oleh obstruksi asupan glukosa dalam makanan dan bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2.

Antioksidan

Salah satu keunggulan utama teh biru adalah teh ini kaya akan antioksidan. Senyawa ini membantu tubuh melawan radikal bebas yang beracun dan dapat menyebabkan penuaan dini. Hal ini jelas cara yang bagus untuk mendetoksifikasi tubuh.

Menyehatkan Mata

Teh bunga telang yang tidak kalah keren. Tidak hanya untuk minum teh, tetapi juga bisa digunakan sebagai pencuci mata. Lakukan saat mata Anda lelah dan jika digunakan secara teratur, mata Anda dijamin cerah.

Kecantikan

Bunga telang memiliki sifat antiglikasi yang baik untuk mencegah penuaan kulit. Teh biru juga mengandung flavonoid, yang meningkatkan pertumbuhan kolagen dan mempercepat elastisitas kulit.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat teh bunga telang semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya