Buah untuk Ibu Hamil

Posted on

Buah untuk Ibu Hamil – Buah adalah salah satu sumber makanan sehat untuk wanita hamil. Tapi ibu hamil bisa bingung, buah mana yang baik untuk dikonsumsi? Nah, agar tidak bingung lagi, mari simak penjelasan berikut tentang jenis buah yang baik untuk ibu hamil.

Nutrisi dalam buah sangat beragam seperti beta-karoten, vitamin C, serat, asam folat dan kalium. Nutrisi ini memainkan peran penting dalam mendukung kesehatan wanita hamil dan perkembangan janin. Karena itu, ibu hamil disarankan mengonsumsi 2 hingga 4 porsi buah per hari.

Buah untuk Ibu Hamil

Apel

Apel buah untuk ibu hamil
Apel buah untuk ibu hamil

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan apel selama kehamilan bisa mengurangi risiko alergi pada bayi. Selain itu, apel juga sangat baik untuk menjaga imunitas. Karena kandungan pada apel seperti vitamin A, D, C dan E dan kandungan Zinc. Jadi ada baiknya dikonsumsi oleh ibu hamil untuk mencegah timbulnya penyakit yang tidak diinginkan.

Mangga

Mangga untuk ibu hamil
Mangga untuk ibu hamil

Mangga adalah buah yang kaya akan vitamin C dan A. Kandungan vitamin A dalam mangga dapat memperkuat sistem imunitas dan mencegah komplikasi pada janin. Selain itu, makan semangkuk mangga dapat membantu wanita hamil memenuhi kebutuhan vitamin C mereka dalam satu hari.

Pisang

pisang untuk ibu hamil
pisang untuk ibu hamil

Buah yang baik dikonsumsi oleh wanita hamil lainnya adalag pisang. Pisang bekerja dengan baik untuk wanita hamil karena mengandung kalium yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Tidak hanya itu, khasiat pisang untuk ibu hamil juga efektif dalam menghilangkan kelelahan dan kram.

Alpukat

Alpukat untuk ibu hamil
Alpukat untuk ibu hamil

Alpukat memiliki kandungan asam folat lebih tinggi dari buah lainnya. Selain itu, alpukat juga merupakan sumber vitamin K, vitamin C, vitamin B, magnesium, serat dan kolin. Makan alpukat selama kehamilan berguna untuk mengurangi kram kaki dan mual di pagi hari dan untuk membantu perkembangan otak janin.

Semangka

Semangka untuk ibu hamil
Semangka untuk ibu hamil

Kebutuhan akan air dalam tubuh meningkat selama kehamilan. Untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda selama kehamilan, Anda bisa mendapatkannya dari semangka. Semangka juga dipercaya bisa mengurangi kejang otot saat memasuki trimester terakhir kehamilan.

Jeruk

Jeruk untuk ibu hamil
Jeruk untuk ibu hamil

Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C, serat, dan asam folat. Kandungan vitamin C dalam jeruk berkhasiat sebagai antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel dan meningkatkan penyerapan zat besi. Selain itu, kandungan air yang tinggi dalam buah jeruk dapat mencegah wanita hamil dari dehidrasi selama kehamilan.

Cerry

Cerry untuk ibu hamil
Cerry untuk ibu hamil

Buah ceri juga mempunyai kandungan vitamin C. Oleh karena itu, ceri paling baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk meningkatkan suplai darah ke plasenta dan bayi. Buah ini juga mengandung melatonin, hormon yang merangsang pertumbuhan sel dan membantu Anda tidur. Dalam beberapa kasus ibu hamil sering memiliki masalah kecemasan dan tidak dapat tidur nyenyak.

Nanas

Nanas untuk ibu hamil
Nanas untuk ibu hamil

Buah nanas sering dihindari oleh wanita hamil karena diyakini menyebabkan perdarahan dan keguguran. Namun, tidak ada bukti ilmiah bahwa nanas berbahaya bagi kehamilan. Kandungan enzim bromelain dalam nanas dapat memicu kontraksi jika dikonsumsi terlalu banyak, tetapi tidak memicu kontraksi kehamilan.

Nanas sebenarnya kaya akan vitamin B6, vitamin C, zat besi, asam folat dan magnesium yang baik untuk kehamilan dan anak yang belum lahir. Namun, hindari makan nanas berlebih.

Pepaya

Pepaya untuk ibu hamil
Pepaya untuk ibu hamil

Buah terbaik yang akan dikonsumsi oleh ibu hamil selanjutnya adalah buah pepaya walaupun jenis pepaya yang dikonsumsi oleh ibu hamil adalah buah pepaya yang sudah matang karena buah pepaya yang sudah matang merupakan sumber serat yang baik untuk mencegah sembelit .

Kiwi

Kiwi untuk ibu hamil
Kiwi untuk ibu hamil

Kiwi mempunyai rasa yang lezat dan mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin A, E, C, Serat, fosfor, asam folat, dan magnesium. Kiwi juga dikenal memiliki efek penyembuhan pada sistem pernapasan manusia. Jika Anda makan buah Kiwi setiap hari, ada risiko lebih kecil terkena flu selama kehamilan. Buah ini mengurangi pembekuan darah karena kaya akan fosfor. Buah Kiwi juga membuatnya mudah dalam menyerap zat besi.

Kurma

Kurma untuk ibu hamil
Kurma untuk ibu hamil

Buah ini mempunyai kadar glukosa yang sangat tinggi, antara 62 hingga 68 persen. Karena itu, buah ini digunakan dengan sangat baik untuk menutupi asupan energi harian ibu hamil.

Kurma juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik seperti kalium, vitamin B kompleks dan zat besi. Buah ini juga mempunyai khasiat untuk meningkatkan stimulasi saraf dan sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak pada bayi ketika masih dalam kandungan.

Strawberry

Strawberry untuk ibu hamil
Strawberry untuk ibu hamil

Seperti halnya ceri, stroberi juga merupakan buah yang baik untuk wanita hamil. Jika Anda makan semangkuk stroberi, Anda mendapatkan nutrisi dengan banyak serat dan vitamin. Seperti manga, stroberi memiliki kandungan folat yang tinggi. Ada nutrisi lain seperti mangan dan kalium yang mendukung pertumbuhan tulang yang lebih kuat untuk bayi.

Anggur

Anggur untuk ibu hamil
Anggur untuk ibu hamil

Anggur adalah buah yang sangat baik yang dikonsumsi oleh wanita hamil karena kaya akan beberapa vitamin, magnesium dan asam folat. Kandungan magnesium dalam anggur mempunyai keuntungan mengurangi kram yang sering terjadi selama kehamilan. Sedangkan kandungan nutrisi lain dalam buah ini bisa berdampak positif pada pencernaan dan metabolisme pada ibu hamil.

Pir

Pir untuk ibu hamil
Pir untuk ibu hamil

Masih ada kontroversi tentang apakah pir aman dikonsumsi selama kehamilan. Karena itu, tanyakan kepada dokter Anda sebelum mencobanya. Pir mengandung banyak asam folat, ideal untuk ibu hamil. Asam folat penting untuk mencegah cacat tabung saraf dalam perkembangan janin pada saat sebelum melahirkan.

Delima

Delima untuk ibu hamil
Delima untuk ibu hamil

Demi memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil bisa juga didapatkan pada buah delima. Buah ini dengan sendirinya memberikan banyak energi, mengandung kalsium, asam folat, zat besi, protein dan nutrisi lain yang baik untuk tubuh, terutama wanita hamil.

Jika ibu hamil kekurangan zat besi, buah delima adalah buah yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan zat besi. Vitamin K dalam buah delima juga memainkan peran penting dalam pembentukan tulang bayi dan memperkuat tulang ibu.

Demikianlah pembahasan tentang buah untuk ibu hamil semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: