16 Jenis Buah Penurun Panas Tinggi yang Efektif

Posted on

Buah Penurun Panas Tinggi – Banyak cara menurunkan hipertensi secara alami. Sebenarnya memang yang terbaik menggunakan bahan alami. Dan untuk itu cara alami dalam menurunkan panas tinggi yaitu memanfaatkan buah-buahan.

Prinsip bahwa tekanan darah tinggi wajib diperangi melalui diet sehat. Cara yang efektif yaitu dengan tidak terlalu sering mengkonsumsi garam, yang sering dijumpai dalam makanan olahan dan asin.

Buah yang memiliki kadar natrium tinggi cocok digunakan sebagai penurun panas tinggi, selain itu buah memiliki kandungan mineral yang baik untuk pembuluh darah dan jantung seperti kalsium, kalium serta magnesium yang secara alami bisa menurunkan hipertensi.

Tentu saja, apa yang bisa dibandingkan dengan penggunaan resep darah tinggi yang diberikan oleh dokter karena harus berkonsultasi terlebih dahulu.

Buah Penurun Panas Tinggi yang Efektif

Buah Penurun Panas Tinggi
Buah Penurun Panas Tinggi

Melon

Melon merupakan sumber vitamin C, vitamin A, kalium dan tiamin yang sangat baik. Satu gelas melon mengandung 485 mg kalium, yang setara 15 persen rekomendasi kebutuhan harian. Melon juga mengandung sumber asam folat, vitamin B6 dan magnesium yang baik.

Pisang

Pisang merupakan buah yang digunakan untuk menurunkan hipertensi yang kaya akan kalium. Pisang juga mengandung vitamin B6, mangan, serat, magnesium, vitamin C dan antioksidan. Jika Anda juga menjaga kadar gula, pilihlah pisang yang tidak terlalu matang atau masih hijau karena memiliki kadar gula yang lebih rendah dan serat yang lebih tinggi.

Aprikot

Buah lainnya yang dapat menurunkan tekanan darah yaitu aprikot. Aprikot bisa dikonsumsi dengan cara mengeringkan buahnya. Jumlah kalium atau pottasium dalam buah aprikot adalah lebih banyak dari pisang.

Semangka

Buah semangka merupakan buah yang dengan mudah didapat karena banyak tersedia indonesia, buah semangka kaya manfaat karena nya banyak yang mengkonsumsinya. Semangka ternyata bisa menurunkan hipertensi karena mengandung l-citrulline. Zat ini membantu melemaskan pembuluh darah karena itu buah semangka dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Jeruk

Siapa sangka jeruk dianggap sebagai buah super untuk ketahanan karena kaya akan vitamin C juga merupakan salah satu buah mengatasi hipertensi yang bisa dikonsumsi. Jeruk tidak hanya kaya akan vitamin C, tetapi juga mengandung banyak vitamin A, kalium, tiamin, asam folat dan antioksidan. Mineral serta nutrisi ini memainkan peran yang sangat penting dalam kesehatan pembuluh darah.

Mengkudu

Mengkudu mempunyai aroma yang khas, tetapi buah ini juga dikenal sebagai obat hipertensi. Mengkudu mengandung banyak mineral dan vitamin serta berbagai kandungan yang dapat menjadi sumber senyawa baik bagi tubuh. dalam beberapa penelitian menunjukkan manfaat mengkudu dalam menurunkan hipertensi.

Alpukat

Setengah dari buah alpukat mengandung 5% magnesium, 10% kalium dan 1% kalsium yang dibutuhkan setiap hari. Kandungan alpukan bukan hanya mineral yang bisa menurunkan hipertensi, buah alpukat juga mengandung lemak yang baik untuk jantung.

Buah Bit

Bit termasuk buah yang kaya akan kalium dan karena itu cocok sebagai buah penurun hipertensi. Kalium meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Tidak hanya memiliki kandungan kalium tinggi, bit juga mengandung senyawa nitrat tinggi yang berperan dalam berfungsinya pembuluh darah.

Pepaya

Buah pepaya adalah buah yang disarankan dikonsumsi setiap hari karena baik untuk pencernaan. Konsumsi pepaya secara teratur juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium atau pottasium dalam buah pepaya sangat tinggi bisa juga dikatakan lebih tinggi dari tomat dan melon.

Buah Kiwi

Kiwi ukuran sedang mengandung 9% kalium, magnesium 7%, dan kalsium 2% yang dibutuhkan setiap hari. Faktanya, buah ini sulit ditemukan pada pasar tradisional, namun cukup mudah di supermarket. Buah kiwi juga sumber vitamin C yang lebih banyak dari vitamin C dari jeruk.

Anggur

Pilih anggur yang sudah masak untuk kualitas dan rasa yang baik. Kandungan bioflavonoid dalam anggur selain berguna untuk menurunkan hipertensi, tetapi juga bisa menurunkan kolesterol. 123 g anggur mengandung 167 mg potasium, yang mewakili 6 persen dari jumlah potasium harian yang direkomendasikan.

Buah beri

Buah berry, terutama stroberi dan blueberry memiliki kandungan antioksidan flavonoid yang tinggi. Antioksidan ini dapat mengurangi risiko hipertensi. Anda bisa makan buah beri sebagai camilan atau setelah makan berat.

Delima

Delima merupakan buah terpercaya mempunyai banyak manfaat kesehatan. Buah delima juga merupakan buah untuk hipertensi. Kandungan polifenol dan dalam buah delima dipercaya mampu menurunkan hipertensi dan menjaga tubuh melalui kandungan antioksidan.

Jambu Biji

Anda wajib mengkonsumsi jambu biji sebelum makan malam atau makan siang. Buah jambu biji ini memiliki kandungan kalium tinggi dan sumber serat alami. Karena itu, buah jambu biji bisa menurunkan hipertensi dan meningkatkan pencernaan sehingga mereka juga membantu untuk menurunkan berat badan.

Kelapa

Air kelapa dapat digunakan untuk mengatur tekanan darah. Air kelapa mengandung banyak elektrolit yang mampu menjaga kesehatan otot dan saraf, mencegah dehidrasi dan menyeimbangkan tingkat pH atau asam-basa dalam tubuh.

Tomat

Buah tomat juga termasuk salah satu buah untuk menurunkan hipertensi karena mereka kaya akan kalium. Tomat juga memiliki kaya senyawa likopen yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti mencegah kanker, menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

Demikianlah pembahasan tentang buah penurun panas tinggi semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

  1. 10 Cara Menanam Pisang Terbaru Sampai Panen
  2. 8 Cara Menanam Jahe Merah di Tanah
  3. 10 Cara Menanam Markisa agar Cepat Berbuah