14 Cara Budidaya Pisang Cavendish dan Cara Merawatnya

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Pisang Cavendish adalah jenis pisang unggul paling terkenal di Indonesia. Warna buah yang indah, dagingnya yang lembut dipadukan dengan rasanya yang lezat dan manis membuat pisang Cavendish ini sangat populer di Indonesia. Pisang cavendish cukup mudah ditemukan. Pisang ini sering dijual di pasar tradisional atau di supermarket.

Ternyata buah pisang Cavendish ini tidak hanya memiliki rasa lezat dan manis tetapi memiliki berbagai sumber nutrisi. Seperti vitamin, mineral, serat dan karbohidrat. Sehingga jenis pisang ini banyak dimanfaatkan untuk program diet.

Budidaya-Pisang-Cavendish
Budidaya Pisang Cavendish

Dengan semua manfaat yang ditawarkan pisang Cavendish tidak mengherankan bahwa buah ini menjadi primadona bagi petani dan pebisnis. Banyak orang mulai menanam pisang Cavendish sendiri. Baik untuk penggunaan pribadi atau untuk tujuan komersial. Berikut cara mudah menanam pisang cavendish.

Cara Budidaya Pisang Cavendish

Syarat Tumbuh

  1. Area yang baik untuk budidaya pisang cavadish adalah daerah dataran rendah hingga dataran tinggi pada 1600 meter di atas permukaan laut.
  2. Jenis tanah yang baik untuk menanam pisang cavendish tanah liat berpasir dan berhumus.
  3. Hindari tanah yang tergenang air.
  4. Suhu yang dibutuhkan untuk pertumbuhan pisang Cavendish berkisar antara 27 ° C hingga 30 ° C.
  5. Curah hujan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan pisang Cavendish adalah 220-270 mm / tahun.

Pemilihan Benih Pisang Cavendish

Bibit pisang Cavendish dapat diperoleh dari tunasnya. Ambil tunas tanaman induk yang baik dan berkualitas tinggi yang dapat dikenali dari buah pohon induknya. Jika buahnya bagus, pucuknya juga bisa diolah dengan baik. Selanjutnya, pilih tunas dengan ketinggian kira-kira 1-2 meter dan diameter batang kira-kira 7-12 cm.

Perawatan Bibit Pisang Cavendish Sebelum Ditanam

Sebaiknya anda tidak langsung menanam pisang cavendish. Pertama-tama berikan larutan insektisida pada tunas dalam dosis 1-1,5% selama 12-16 menit dan kemudian rendam selama sekitar 1,5-2 jam agar luka potongan kering. Tujuannya adalah untuk membuat tunas baru yang bebas dari hama dan penyakit.

Pengolahan Lahan Tanam

Pada lahan tanam yang akan digunakan untuk menanam pisang cavendish, buatlah drainase di sekitar saluran air. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa tidak ada genangan air di dekat tunas yang bisa menyebabkan tunas tanaman pisang membusuk.

Periksa keasaman tanah, terutama jika lahan banyak diberi pupuk anorganik. Jika pada pH tanah di bawah 5, beri kapur pertanian dengan dosis kira-kira. 320 kg / ha. Tujuannya agar keasaman tanah tidak akan meningkat dan kembali secara stabil.

Kemudian buatlah lubang tanam 40 x 40 x 40 cm dengan jarak antara lubang sekitar 3 hingga 4 meter. Tanah teratas dari penggalian dicampur dengan pupuk NPK (1 sdm), pupuk Puradon (1 sdm) dan pupuk kandang (2 kg). Biarkan lahan selama 1-2 minggu.

Penanaman Pisang Cavendish

Ketika semuanya sudah siap, buat lubang tanam 45 x 45 x 45 cm dengan jarak per lubang sekitar 3 meter. Kemudian masukkan pupuk kandang ke dalam lubang tanam dan biarkan selama 1-2 minggu.

Ketika lahan dan bibit sudah siap, penanaman tunas pisang bisa dimulai. Tetapi sebelum Anda menanam perhatikan musimnya. Cobalah menanam tunas pada musim hujan tiba atau di akhir musim kemarau. Tujuannya agar tanaman pisang mendapat pasokan air yang memadai.

Perawatan dan Pemeliharaan

Setelah dilakukan ditanam, bibit pisang cavendis perlu dirawat agar bibit dapat tumbuh dengan baik, terutama untuk melindungi pisang dari hama. Beberapa perawatan yang perlu dilakukan termasuk:

Perampalan

Proses perampalan bertujuan untuk menjaga drainase dengan benar dan menjaga kebun tetap bersih. Cara melakukannya yaitu dengan memangkas daun yang kering dan mati.

Penyiraman

Lakukan pengairan dan penyiraman untuk menjaga kelembaban tanah. Lakukan penyiraman dengan mesin atau dengan cara penyiraman manual yang bisa dipakai untuk menyiram.

Penyiangan

Lakukan penyiangan gulma dengan menghilangkan gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang ada di dekat area penanaman. Hal ini dimaksudkan agar gulma tidak merebut nutrisi didalam tanah.

Penjarangan

Penjarangan ini dilakukan dengan tujuan menjaga keseimbangan pertumbuhan pohon pisang sehingga setiap pohon dapat menghasilkan tandan buah yang besar dan berkualitas tinggi. Proses penjarangan biasanya dilakukan ketika ada bibit pohon pisang cavendish yang tumbuh sekitar pohon pisang berumur 4-6 bulan. Pisahkan segera dan tanam 3-4 meter dari pohon pisang lainnya di lubang lain. Dan seterusnya.

Pemotongan Jantung Pisang

Pemotongan jantung pisang dikatakan dapat meningkatkan produksi buah hingga 2-5% dan harus dilakukan setelah pembungaan terakhir pada bunga jantung yang ditandai dengan pertumbuhan buah yang lambat dan rendah. Ketika tanda-tanda ini muncul potong jantung pisang segera.

Pembungkusan

Untuk meningkatkan kualitas buah yang dihasilkan buang pisang yang tidak tumbuh sempurna biasanya pada 1-2 terakhir atau di tanah. Dianjurkan untuk membungkus tandan atau buah dalam kantong plastik 1 meter x 45 sentimeter.

Pembungkusan ini digunakan untuk melindungi buah dari kerusakan yang disebabkan oleh serangga atau gesekan daun. Agar tanaman tidak tumbang sebelum panen pohon itu bisa ditopang dengan bambu atau kayu lainnya.

Pemupukan

Jika pohon pisang Cavendish menghasilkan buah yang besar, pemupukan adalah suatu keharusan. Pupuk organik atau anorganik dapat digunakan untuk menyuburkan pisang Cavendish. Berikan pupuk hingga 2x selama penanaman.

Satu bulan setelah menanam pohon pisang Cavendish pohon itu dipupuk dengan dosis campuran 250 g Za, 100 g DS dan 150 g ZK per tanaman. Berikan pupuk secara teratur dengan rentang waktu 3 bulan. Yang penting harus diperhatikan, pemberian pupuk dilakukan dengan dibenamkan melingkar mengelilingi pohon.

Penanganan Hama dan Penyakit

Pohon pisang sebenarnya tahan terhadap berbagai serangan hama dan penyakit. Namun bukan berarti tanaman tidak bisa terserang penyakit. Semprotkan pestisida jika tanaman terserang penyakit.

Proses Panen

Secara umum pisang Cavendish dapat dipanen setelah berumur 12 hingga 13 bulan. Secara umum, pisang Cavendish dapat dipanen 80 hari setelah jantung pisang dilepaskan pada musim kemarau. Selama musim hujan 120 hari setelah pelepasan jantung pisang.

Demikianlah pembahasan tentang budidaya pisang cavendish semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya