11 Manfaat Bunga Chamomile untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Bunga chamomile adalah salah satu tanaman yang telah digunakan sebagai ramuan obat sejak zaman kuno. Tidak mengherankan jika olahan bunga chamomile sering digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Apa manfaat chamomile untuk kesehatan tubuh?

Sebelum Anda mengetahui manfaat chamomile, Anda perlu tahu bahwa tanaman ini umumnya diproses dalam bentuk minyak atsiri atau dikonsumsi bersama teh. Sejumlah manfaat chamomile tercapai karena tanaman ini memiliki sifat antiseptik, antibiotik, antidepresan, antineuralgik, anti-inflamasi, anti-infeksi, dan karminatif.

Manfaat-Bunga-Chamomile
Manfaat Bunga Chamomile

Manfaat Bunga Chamomile

Mengatasi Depresi

Manfaat minyak chamomile sering digunakan untuk mengobati depresi. Hal ini karena aroma minyak chamomile dapat menenangkan pikiran. Mengobati depresi dengan minyak chamomile sendiri telah lama digunakan oleh orang Italia, Sardinia dan Brasil.

Meredakan Reaksi Alergi

Bagi Anda yang menderita alergi sejumlah gejala akan diketahui. Untuk mengatasi gangguan yang disebabkan oleh alergi, Anda bisa merasakan manfaat chamomile. Selain alergi, manfaat minyak chamomile juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai gejala seperti iritasi, pembengkakan dan gatal-gatal.

Mencegah Insomnia

Insomnia juga berbahaya bagi kesehatan. Tidak hanya membuat Anda lebih lemah dan lesu, insomnia juga memicu penyakit lain. Namun, insomnia dapat diobati dengan minyak chamomile. Manfaat chamomile tercapai karena aroma minyak chamomile membuat Anda lebih rileks dan mengantuk. Hal ini adalah kondisi yang membuat Anda tidur lebih baik

Menjaga Kesehatan Kulit

Diyakini juga bahwa manfaat minyak chamomile menjaga kondisi kulit. Mengoleskan minyak chamomile ke kulit sebenarnya bisa melembabkan dan mencegah sejumlah penyakit.

Sebut saja seperti eczema hingga psoriasis yang bisa diatasi dengan mengoleskan minyak bunga chamomile. Hal ini karena minyak chamomile mengandung bahan antiinflamasi dan antibakteri yang efektif menjaga kesehatan kulit.

Mengurangi Nyeri Haid

Manfaat chamomile juga bisa didapat dari wanita yang sedang menstruasi. Beberapa penelitian telah mengaitkan teh chamomile dengan kemampuannya untuk mengurangi keparahan kram selama menstruasi. Satu studi menemukan bahwa mengkonsumsi teh chamomile selama lebih dari sebulan dapat meredakan kram dan rasa sakit selama menstruasi.

Mengatasi Diabetes

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa teh chamomile dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Penelitian ini tidak menunjukkan bahwa chamomile adalah pengganti yang cocok untuk pengobatan diabetes, tetapi dapat menjadi tambahan yang berguna untuk perawatan yang ada.

Mengurangi Peradangan

Peradangan adalah respons sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Teh camomile mengandung senyawa kimia yang dapat meredakan peradangan. Namun, peradangan jangka panjang dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk wasir, sakit pencernaan, radang sendi, dan penyakit autoimun.

Mencegah Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh chamomile dapat melawan sel kanker dan mencegahnya berkembang. Namun, pengetahuan yang terkait dengan ini harus diteliti lebih lanjut, karena beberapa penelitian masih dilakukan pada hewan.

Menjadikan Tidur lebih Cepat

Bagi Anda yang sulit tidur nyenyak, tidak ada salahnya memanfaatkan chamomile. Teh chamomile dipercaya dapat membantu seseorang rileks sehingga mereka dapat tertidur dengan cepat.

Mengobati Gejala Pilek

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menghirup uap dengan ekstrak chamomile dapat meredakan beberapa gejala pilek. Namun, manfaat minyak chamomile belum terbukti secara ilmiah.

Kesehatan Jantung

Manfaat lain dari minyak chamomile adalah kemampuan untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan flavonoid. Flavonoid dipercaya dapat mengurangi ketegangan pada pembuluh darah. Sifat menenangkan chamomile dimanifestasikan dalam minyak esensial untuk menenangkan sistem saraf, yang memungkinkan aliran darah yang cukup ke dan dari jantung.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat bunga chamomile semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: