8 Cara Budidaya Pucuk Merah agar Cepat Besar

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Pucuk merah (Syzygium oleana) adalah sejenis tanaman perdu yang tidak sepopuler Anthurium atau sejenisnya. Bentuk daunnya tidak beragam seperti tanaman hias yang populer.

Warnanya hijau muda, bentuknya kecil, agak memanjang, dengan batang kecil, bentuknya hampir sama dengan semak pada umumnya, tetapi sekarang sudah menjadi tren tanaman hias.

Budidaya-Pucuk-Merah
Budidaya Pucuk Merah

Syzygium oleana atau pucuk merah juga berkaitan erat dengan salah satu tanaman jam, salam, juwet, jambu darsono dan Klampok Watu (jambu batu) dan banyak lainnya, karena dapat diperkirakan ada sekitar 1.100 spesies dari genus ini.

Cara Budidaya Pucuk Merah

Persiapan Biji Pucuk Merah

Biji tanaman pucuk merah berbentuk seperti lada. Tanaman pucuk merah mengeluarkann biji saat sudah besar. Nah, jika kamu akan membudidayakannya dengan menanam biji, maka ambillah biji yang sudah tua.

Biji pucuk merah tua gelap berwarna hitam. Jika Anda kesulitan menemukan biji yang masih ada di pohon, coba temukan di tanah. Karena kadang-kadang biji tua jatuh sendiri.

Penyemaian Biji

Langkah pertama yang perlu Anda ambil saat mendapatkan biji pucuk merah adalah penyemaian. lakukan Penyemaian di tanah gembur dan subur.

Setelah benih tumbuh menjadi bibit, masukkan ke dalam polybag terlebih dahulu. Tetapi jika Anda ingin menanamnya langsung di lahan pertanian juga bisa. Asal, kondisikan terlebih dahulu tanah untuk tempat tanam tersebut dengan baik. Jangan lupa beri pupuk kandang sebelum kamu menanam benih pucuk merah.

Pemindahan benih

Tanaman pucuk merah dapat dipindahkan dengan ketinggian kira-kira 20 cm. Keluarkan bijinya dengan hati-hati agar akarnya tidak putus. Buat lubang di tanah tambahkan pupuk dan tutup lubang lagi. Sekarang Anda dapat memilih di mana Anda ingin menanam tunas merah. Bisa dalam polybag, pot, atau tanah yang sudah Anda sediakan.

Perawatan dan Pemeliharaan

Karena pucuk merah dapat tumbuh sangat besar, tanaman ini sebaiknya tidak ditanam dalam pot. Kita juga harus merawat tunas merah agar tanaman terlihat indah dan dapat tumbuh dengan baik. Cara merawat tunas merah:

Pemangkasan

Pemangkasan ini harus dilakukan dalam jangka waktu sebulan (sebulan sekali).Pemangkasan bertujuan agar tanaman berbentuk indah dan tidak berantakan

Pemotesan

Pemotesan terhadap daun yang sudah tua bertujuan menghasilkan tunas baru yang berwarna kemerahan sehingga pucuk merah terlihat lebih indah. Pemotesan harus dilakukan selama 2 minggu.

Pemupukan

Pemupukan dilakukan dengan tujuan agar tanaman pucuk merah dapat tumbuh dengan baik. Pemupukan terjadi setiap 2 bulan. Sebaiknya pemupukan menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang dan kompos

Penyiraman

Pada musim kemarau tanaman pucuk merah harus disiram setiap hari agar tanaman ini tidak mengering dan mati, sedangkan pada musim hujan penyiraman tidak perlu dilakukan.

Demikianlah pembahasan tentang budidaya pucuk merah semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya