14 Cara Budidaya Salak agar Cepat Berbuah

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Tanaman salak adalah tanaman yang gampang-gampang susah untuk dibudidayakan. sebenarnya tanaman salak sangat mudah untuk dibudidayakan. (Salacca zalacca) adalah sejenis tanaman palma yang buahnya bisa dimakan. Buah ini juga disebut buah ular karena kulitnya seperti sisik ular.

Pohon buah salak adalah perdu atau hampir tanpa batang dengan banyak duri. Batang pohon salak memiliki duri panjang dan banyak dengan daun majemuk menyirip. Buah dari tanaman salak berbentuk segitiga, agak bulat atau oval, dengan dasar yang meruncing dan ujung bundar yang ditutupi oleh kulit berwarna kuning bersisik hingga berwarna coklat kemerahan.

Budidaya-Salak
Budidaya Salak

Sarcotesta atau dinding buah sedang memiliki tekstur berdaging tebal dari putih hingga kuning krem dan beberapa memiliki daging kemerahan beberapa memiliki rasa manis dan asam bahkan sepat dengan biji hitam-cokelat keras di bagian tengah.

Cara Budidaya Salak

Syarat Tumbuh

  1. Pertumbuhan optimal di daerah beriklim tropis dengan ketinggian 400-700 meter di atas permukaan laut.
  2. Pertumbuhan subur di tanah gembur, lempung berpasir, lempung lempung dan kaya akan bahan organik.
  3. Membutuhkan curah hujan bulanan rata-rata 100-200 mm / bulan dan 50-70% sinar matahari (sebagai tanaman pelindung).
  4. Membutuhkan suhu pertumbuhan optimal 20-30 ° Celcius dan memiliki kelembaban tinggi, tetapi tidak tahan terhadap genangan air.
  5. Tumbuh baik di tingkat keasaman tanah (pH) antara 5,5-6,5.

Pemilihan Benih

Langkah selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah bahwa pemilihan benih salak memiliki dampak besar pada panen. Jadi pilihlah bibit salak dengan buah yang berkualitas tinggi dan terhindar dari penyakit tentunya sudah menghasilkan buah salak yang besar dan sudah teruji.

Persiapan Lahan Tanam

Ketika menanam salak ternyata persiapan tanah sangat penting karena lahan salak harus terlindungi dari genangan air. Karena itu, cobalah untuk menanam dan menyiapkan tanah yang jauh dari sumber mata air, karena ini akan menjadikan buah salak menjadi jelek atau tidak menguntungkan. Tanah yang harus Anda persiapkan adalah membersihkan rumput yang mengganggu pertumbuhan salak.

Pengolahan Lahan Tanam

Pengelolaan lahan juga harus diperhitungkan agar penanaman mudah dan baik. Salah satu cara untuk mengolah tanah yang baik dan bagus adalah dengan menghilangkan semua kotoran di lahan yang disiapkan dan membersihkan batu-batu di sekitarnya. Pengolahan lahan tersebut bisa menggunakan cangkul atau alat sejenisnya lagi.

Penanaman Bibit

Waktu terbaik untuk menanam salak adalah pada awal musim hujan, yaitu antara November dan Desember. Bulan ini, air yang dibutuhkan untuk menumbuhkan tanaman mudah tersedia dalam jumlah yang cukup.

Sore hari juga merupakan waktu yang sangat baik untuk menanam salak. Saat menanam di musim kemarau, pertumbuhan tanaman salak muda kurang baik karena air yang tidak mencukupi sehingga pertumbuhan tanaman ini terganggu.

Perawatan dan Pemeliharaan

Penyiraman

Yang harus Anda lakukan untuk budidaya salak adalah penyiramana, sejak masih kecil tanaman salak perlu disuplai dengan air dan disiram untuk tumbuh dengan cepat karena Anda perlu menyiram selama musim kemarau dan di pagi dan sore hari. Tetapi jika ini musim hujan Anda tidak perlu menyiramnya.

Pemupukan

Pemupukan tidak kalah penting karena harus dilakukan sesuai dengan aturan yang diberikan dalam kemasan, terlepas dari apakah Anda menggunakan pupuk kimia, pupuk cair atau pupuk kandang karena dalam pembudidayaan dan melakukan pemupukan tersebut berbeda-beda namun yang perlu anda ketahui gunakanlah pupuk berkualitas untuk buah.

Penyulaman

Penyulaman dilakukan ketika tanaman masih kecil, penyulaman dilakukan ketika banyak tanaman salak yang mati. Jadi Anda benar-benar perlu melakukan penyulaman agar menjadi subur nanti.

Penyiangan

Penyiangan tanaman salak sangat penting agar buah salak tidak dimakan hama yang memakannya. Karena itu, Anda harus melakukan penyiangan dan membersihkan tanaman yang tidak berguna dan berbahaya bagi tanaman salak.

Pemangkasan

Fase pemangkasan juga harus dilakukan ketika banyak batang kulit sudah banyak dan tua. Maka Anda harus memotong agar kulitnya tidak terganggu oleh batang kulit tua dan memiliki efek positif pada buah ketika memotong kulitnya.

Penyerbukan

Yang perlu Anda ketahui adalah melakukan penyerbukan di mana bunga salak yang muncul di masing-masing batang, maka Anda harus melakukannya dengan membersihkan seperti penyerbukan padi oleh angin, maka tanaman salak juga harus diserbuki oleh Anda sebagai penanam salak, jadi Buah yang dihasilkan berkualitas tinggi dan berlimpah.

Pembungkusan Buah

Pembungkusan buah salak tidak kalah pentingnya karena buah salakterkadang dikonsumsi oleh setiap hewan. Gunakan kain atau sesuatu yang penting yang bisa menutupinya asalkan bukan plastik.

Proses Panen

Langkah terakhir adalah memanen salak. Salak yang siap panen adalah salak yang sudah tua dan matang. Salak dapat dipanen secepat mungkin hanya dengan menggunakan pisau atau alat khusus untuk memanen salak. Setelah anda melakukan pemanenan salak maka anda lakukanlah pemasaran keberbagai daerah.

Demikianlah pembahasan tentang budidaya salak semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: