16 Manfaat Bunga Dandelion untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Bunga dandelion adalah tanaman dengan bunga kecil yang indah. Tanaman dandelion juga dikenal sebagai Tapak Randa. Nama ilmiah dandelion adalah Taraxacum officinale. Tumbuhan ini milik genus Taraxacum cass dan keluarga Asteraceae.

Dandelion adalah tanaman berbunga indah yang memiliki banyak manfaat. Tahukah Anda bahwa bunga dandelion yang indah ini menawarkan beragam manfaat kesehatan dan kecantikan?

Manfaat-Bunga-Dandelion
Manfaat Bunga Dandelion

Kandungan Dandelion

Banyak manfaat dandelion, yang sering digunakan sebagai obat herbal tradisional, telah lama dikaitkan dengan rahim. Dandelion mengandung beberapa zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Bagian dandelion seperti akar dan bunga adalah bagian yang mengandung banyak zat penting yang bermanfaat. Dandelion mengandung berbagai vitamin dan mineral penting. Vitamin yang terkandung dalam dandelion adalah vitamin A, D, E, B dan C.

Mineral yang terkandung dalam dandelion termasuk zat besi, fosfor, mangan, magnesium, kalium, seng, kalsium, natrium dan tembaga. Selain itu, dandelion juga mengandung serat dan zat lain seperti taraxerol, taraxasterol dan asam klorogenat.

Manfaat Bunga Dandelion

Menurunkan Kolesterol

Bunga dandelion dikenal sebagai salah satu tanaman yang dapat menurunkan kolesterol darah. Anda bisa mengonsumsi akar atau batang dandelion ini untuk mengurangi / menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dandelion bisa meningkatkan kadar kolesterol dengan mempromosikan lebih banyak HDL atau kolesterol baik.

Mengobati Sembelit (konstipasi)

Akar dandelion memiliki kandungan serat gizi yang tinggi. Kandungan serat dalam akar dandelion meningkatkan pencernaan dan kesehatan usus. Dengan mengonsumsi akar dandelion secara teratur, usus Anda bisa bergerak lebih baik dan mengurangi kemungkinan sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Mengonsumsi akar dandelion tidak hanya baik untuk meningkatkan nafsu makan, terutama setelah operasi.

Menghilangkan Kutil

Memiliki masalah kulit seperti kutil memang cukup menyebalkan karena bisa mengganggu penampilan tetapi hal tersebut bisa diatasi dengan bunga dandelion. Bunga ini memiliki beberapa bahan yang bisa mengobati kulit.

Detoksifikasi Tubuh

Jika terlalu banyak racun didalam tubuh hal tersebut sangat berbahaya karena akan menimbulkan banyak penyakit. Namun bunga dandelion bisa dimanfaatkan untuk mendetoksifikasi tubuh melalui akarnya.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Kandungan bunga dandelion seperti vitamin K bisa menjaga kesehatan otak. Menurut sebuah penelitian vitamin K juga sangat baik untuk mengobati penyakit alzheimer.

Meningkatkan Sistem Imunitas

Jika anda sering merasa sakit atau lelah, hal tersebut mungkin disebabkan sistem imunitas anda melemah atau kekebalan tubuh menurun. Bunga dandelion bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imunitas dan membantu melawan jamur dan mikroba.

Mencegah Kanker

Bunga dandelion bisa digunakan untuk mengobati penyakit berbahaya seperti kanker. Bunga dandelion mengandung senyawa fitonutrien dan antioksidan yang dapat mencegah pertumbuha sel kanker.

Mengobati Diabetes

Jus dandelion dikatakan cara yang efektif untuk mengatur kadar gula darah. Tanaman ini juga merangsang produksi insulin dari pankreas dan mengurangi kelebihan gula dalam tubuh Anda dengan memulai sistem urin. Mengapa ini akan bekerja untuk pemilik diabetes? Ini karena dandelion mencegah penumpukan gula di ginjal melalui sering buang air kecil. Dandelion mencegah kenaikan gula darah yang berbahaya dengan menjaga kadar gula darah rendah dan mengatur konsumsi insulin.

Menyembuhkan Penyakit Kuning

Seperti yang telah disebutkan dandelion mengatur produksi empedu. Diuretik alami dalam dandelion membantu mengurangi empedu berlebihan saat buang air kecil. Dandelion mengandung vitamin C, antioksidan dan desinfektan yang membantu melawan infeksi virus.

Menurunkan Berat Badan

Selain berkhasiat masalah kesehatan dandelion juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Tahukah Anda bahwa urin terdiri dari 4% lemak? Dandelion adalah salah satu cara yang efektif untuk buang air kecil, yang berarti bahwa selain buang air kecil, bunga ini juga dapat membantu mengurangi lemak. Saat Anda mengeluarkan air seni, air dan lemak keluar dalam tubuh. Karena itu, tanaman ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Menurunkan Kadar Lipid Darah

Keadaan kesehatan tubuh sangat dipengaruhi oleh kadar lipid dalam darah. Tingkat lipid yang tinggi seperti trigliserida dan kolesterol LDL dalam darah dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena manfaat dandelion dapat mengatasi masalah ini. Dandelion berguna untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida secara efektif. Mengurangi kadar lipid darah juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengatasi Peradangan

Anda tidak boleh terburu-buru menggunakan obat antiinflamasi untuk mengobati peradangan yang terjadi di tubuh. Peradangan dapat diatasi secara alami dan dikurangi. Salah satu pilihan adalah menggunakan dandelion.

Manfaat dandelion juga dapat membantu tubuh melawan peradangan. hal ini karena kandungan zat-zat tertentu seperti polifenol dalam dandelion bersifat antiinflamasi sehingga bisa meredakan rasa sakit terkait peradangan.

Menurunkan Berat Badan

Apakah Anda memiliki masalah berat badan? Sulit menurunkan berat badan? Anda dapat menggunakan dandelion karena manfaat dandelion dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

hal ini karena kandungan dandelion dapat meningkatkan metabolisme makronutrien dan mengurangi penyerapan lemak. Peningkatan metabolisme makronutrien dan berkurangnya penyerapan lemak dapat secara signifikan mempengaruhi berat badan.

Merawat Kecantikan Kulit

Dandelion tidak hanya memiliki efek positif pada kesehatan, tetapi juga memiliki efek positif pada kecantikan. Dandelion memiliki kelebihan untuk perawatan kecantikan kulit. Kandungan dandelion dapat melindungi kulit dari kerusakan DNA dalam beberapa cara.

Kerusakan pada kulit DNA biasanya disebabkan oleh sinar matahari, jerawat, usia, dan faktor lainnya. Manfaat dandelion dapat mencegah dan mengatasi kerusakan DNA pada kulit dengan meningkatkan produksi kolagen dan sel-sel kulit baru.

Mendukung Kesehatan Pencernaan

Jika Anda menginginkan pencernaan yang sehat, gunakan dandelion karena manfaat bunga dandelion dapat membantu kesehatan pencernaan. Kandungan serat inulin dalam dandelion mendukung perkembangan prebiotik.

Prebiotik tumbuh sangat baik di perut karena bakteri baik dapat memecah makanan dan meningkatkan kontraksi lambung di usus kecil. Kontraksi ini dapat mempercepat pengosongan lambung, membuat pencernaan lebih cepat.

Menjaga Kesehatan Hati

Hati memiliki fungsi penting dalam tubuh manusia sehingga perlu dijaga dengan baik. Bunga dandelion memiliki kandungan antioksidan yang mampu melindungi hati dari racun yang masuk ketubuh.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat bunga dandelion semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: