11 Cara Menanam Anggur dalam Pot

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Selain menanam anggur di kebun, anggur juga dapat ditanam dalam pot dan tidak hanya itu cukup untuk keindahan bentuk tanaman saja,tetapi Keindahan juga didapat dengan buah-buahan yang menggantung di cabang-cabang kecil. .

Tentu saja kita dapat menciptakan pemandangan yang indah sesuai dengan aturan yang tepat di sekitar lingkungan rumah kita dan memahami karakter tanaman ini agar tidak malas berbuah.

Cara-Menanam-Anggur-dalam-Pot
Cara Menanam Anggur dalam Pot

Salah satu keuntungan menanam anggur dalam pot ini adalah kita dapat membentuk tanaman ini sebaik mungkin dengan membentuk cabang, belum lagi penampilan buahnya yang terlihat segar.

Walaupun tujuannya adalah untuk mempercantik lingkungan rumah atau menjadi tanaman hias buah yang dihasilkan juga dapat dimakan dan tidak hanya itu saja kelebihannya, tanaman anggur dalam pot yang sudah berbuah dan memiliki bentuk yang indah akan memiliki nilai jual yang tinggi di Dibandingkan dengan bibit anggur yang hanya ditanam hanya dalam polybag dan tidak berbentuk.

Cara Menanam Anggur dalam Pot

Pemilihan Pot

  1. Langkah pertama cara menanam anggu adalah pemilihan pot, karena tujuannya adalah untuk menghasilkan keindahan yang kita inginkan, jadi kita harus memilih pot yang baik dan kualitas yang baik
  2. Lebih baik membeli pot untuk tanaman anggur untuk membeli pot yang terbuat dari bahan tanah karena tujuannya adalah pot yang terbuat dari tanah yang memiliki pori-pori di bagian bawah pot dan dapat menyerap air.
  3. Jadi akar tanaman tidak mudah kekeringan bila terlambat menyiram juga tidak terlalu lembab bila kelebihan penyiraman kepada tanaman anggur,itulah sebabnya kami sarankan tujuannya untuk terus bisa menghasilkan tanaman yang baik dan subur,pot tanah juga sekarang sudah banyak berbagai macam dan bentuk yang unik,yang dapat kita temui sesuai keinginan.

Media Tanam

  1. Media tanam yang digunakan untuk anggur dalam pot harus sesuai dengan karakteristik tanaman. Media tanam yang cocok untuk anggur adalah pasir dan pupuk, mengapa pasir? Karena pasir mudah ditembus akar tanaman anggur.
  2. Sebelum dimasukan kedalam pot pasir dan pupuk kandang diaduk terlebih dahulu.
  3. Untuk membuatnya lebih baik, sepertiga bagian bawah pot diisi dengan tanah gembur untuk mencegah air bocor keluar dari pot.

Pemilihan Benih

  • Batang yang distek pada pohon induk yang cukup tua untuk menghasilkan benih unggul untuk pembibitan yang baik
  • Atau untuk stek berkualitas baik Anda dapat membeli stek dengan jenis Isabelle, Caroline, Yellow Belgy.
  • teknya masih dalam kondisi bagus dan segar, terlindung dari parasit, dll.
  • Panjang pemotongan minimum adalah 10-15 cm
  • Media Tanam yang digunakan dalam anggur menyediakan pasir dan pupuk, campur sampai merata, karena pasir dapat dengan mudah ditembus oleh air dan akar tanaman anggur. Hal ini juga harus digunakan untuk tanah gembur dalam pot

Cara Penanaman

Sebelum menanam dalam pot, pot terlebih dahulu harus diisi dengan pecahan genteng sebagai dasar. Kemudian masukkan tanah dan media tanam yang sudah dicampur sampai penuh, buatlah lubang di tengah pot, yang ukurannya lebih besar dari polybag dalam bibit anggur. Kemudian polybag dilepaskan dari benih, benih dimasukkan ke dalam lubang, bibit disejajarkan secara vertikal dan menutup lubang lagi dengan media tanam. Setelah menanam, sirami tanah ke dalam pot sampai tanah menyusut di bawah tepi pot dan kemudian tempatkan tanaman di bawah sinar matahari.

Perawatan dan Pemeliharaan

Perawaran anggur dalam pot sebenarnya sama dengan menanam lahan perkebunan, tetapi menanam anggur dalam pot tidak sesulit di lahan perkebunan.

Penyiraman

Lakukan penyiraman setiap hari pada pagi dan sore, dan penyiraman dalam pot tidak sama dengan yang ada di perkebunan. Berikan air ke dalam pot dengan berhati-hati. Karena media tanam adalah pasir dan pupuk yang dapat dipindahkan dengan sangat mudah, penyiraman harus lambat dan tidak terlalu banyak.

Pemberian Ajir

Saat menanam anggur, pemberian ajir penting agar tanaman anggur dapat tumbuh tegak dan lurus. Ajir yang digunakan juga bisa dalam bentuk kayu atau bambu, yang telah dibagi menjadi potongan-potongan setebal 4/6 sampai 1 hingga 2 cm dan setinggi 1 m untuk menopang benih sampai pemangkasan pertama.

Pada awal proses penanaman sebaiknya bibit di ikatkan jangan terlalu kencang kepada ajir dalam proses pertumbuhan tanaman akan tumbuh memanjat dengan sendirinya dengan bantuan sulur

Dan untuk mendapatkan cabang anggur yang disesuaikan diberi panjatan harus ditempatkan dalam pot bambu dengan panjang 2 m dan ketebalan 1 ½ cm, yang dilengkapi dengan gulungan kawat

Setidaknya satu pot bambu menerima 4 bagian, yang dibagi menjadi / 4 dan dimasukkan di tepi pot. penopang ini akan memberikan bentuk pencabangan yang sudah di desain oleh kita

Pemupukan

Bibit anggur yang sudah di tanam ke dalam pot bisa di berikan pupuk urea,dengan satu genggam tangan,proses pemberian pemupukan Adalah;

Setiap 2 minggu sampai umur bibit anggur mencapai 3 bulan Tambahkan pupuk urea setelah usia 3 bulan dan berikan 1-2 kali sebulan. Untuk menghasilkan buah dengan cepat, potong kembali ranting yang menyebabkan bunga mekar dan ranting yang berwarna coklat atau berusia 3 bulan.

Pemangkasan

Pemangkasan hanya dilakukan pada cabang tersier dengan tunas bermunculan, dan pemangkasan berlanjut pada 2,3,4,5 segmen basis cabangJika ada cabang tersier yang tidak menghilangkan sulur-sulur, hanya dapat dipotong dengan setidaknya 3 mata

Untuk merangsang pertumbuhan sulur cabang tersier, daun yang baru dibuat hanya dapat menghasilkan 1 sulur besar, tetesan baik dan buah memiliki nilai tinggi

Penyemprotan Insektisida

Penyemprotan insektisida dilakukan untuk mencegah Hama dan penyakit yang dapat mengganggu penyemprotan anggur 16 hari sebelum panen.

Proses Panen

Panen setelah 1 tahun dan buah berikutnya 1-2 kali setahun, tergantung pada buah yang dipotong. Karakteristik buah anggur yang siap panen adalah warna buah secara merata pada satu tandan dengan tekstur yang keras dan lembut. Panen anggur di pagi hari dan segera taruh di wadah yang sudah disiapkan. Hindari menumpuk buah dalam wadah agar tidak hancur.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam anggur dalam pot semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya