10 Cara Menanam Bunga Krisan Agar Cepat Berbunga

Posted on

Cara Menanam Bunga Krisan – Bunga krisan merupakan salah satu bunga yang sangat populer di kalangan pecinta tanaman hias karena memiliki keindahan bunga yang sangat bervariasi. Krisan ini biasanya digunakan sebagai papan ucapan, acara ulang tahun, dan dekorasi pernikahan.

Selain itu, bung krisan ini memiliki aroma khas dibanding bunga lainnya. Bahkan banyak yang mengonsumsi krisan sebagai minuman teh karena dipercaya dapat menurunkan kolesterol.

Cara-Menanam-Bunga-Krisan
Cara Menanam Bunga Krisan

Karena memiliki keindahan dan kelebihan ini, banyak orang berlomba menanam bunga yang satu ini. Bagi mereka yang ingin menanam atau merawat bunga krisan ini, ada cara untuk menanam dan merawat krisan dengan baik. Berikut penjelasan lengkapnya :

Cara Menanam Bunga Krisan

Bagi anda yang ingin menanam bunga krisan berikut adalah tahapan lengkap tentang bunga krisan.

Menentukan Jenis Krisan

Untuk menanam krisan, Anda perlu menentukan jenis krisan yang ingin Anda tanam, karena ada banyak jenis krisan yang dapat Anda tanam. Jadi pilihlah jenis krisan yang baik dari segi warna dan bentuk bunga. Untuk membantu Anda mengetahui lebih banyak tentang jenis krisan, berikut adalah beberapa jenis krisan yang sering dibudidayakan dan ditanam:

Krisan Pot

Seperti namanya, jenis krisan ini tentu saja krisan yang paling sering ditanam di pot di rumah. Berbeda dengan jenis krisan potong, jenis krisan ini lebih lemah yang mungkin tidak memakan waktu lama meskipun bentuk bunga dan warnanya bervariasi.

Jenis krisan yang termasuk dalam jenis krisan pot adalah krisan anemon yang hanya memiliki satu atau dua baris kelopak di sekitar pusatnya yang hampir seperti bunga aster dan krisan ponpom, termasuk bunga yang berbentuk seperti bola-bola kecil.

Krisan daisy adalah jenis krisan dengan serangkaian kelopak di tengahnya, seperti krisan daisy dan krisan spider dengan kelopak panjang. Krisan ini cukup populer dari krisan lainnya.

Krisan Potong

Jenis krisan ini adalah bunga krisan yang dapat ditanam langsung di kebun atau halaman dan sering dibudidayakan. Kita bisa menemukannya di berbagai toko bunga. Krisan ini sangat kuat dan dapat bertahan dalam waktu tahunan jika dirawat dan ditanam pada waktu yang tepat.

Pemilihan Waktu Tanam Krisan

Waktu yang tepat untuk menanam krisan adalah ketika cuaca agak hangat. Karena pada akhir musim hujan yang diperkirakan akan terjadi pada bulan maret atau april, inilah saat yang tepat untuk menanam krisan. Jika Anda masih tidak yakin tentang ramalan cuaca karena diketahui bahwa saat ini sangat sulit untuk memprediksi cuaca.

Anda dapat melihat keadaan lahan di sekitar anda saat itu. Perhatikan suhu lahan. Jika suhu masih dingin di kisaran 19 hingga 21 derajat Celcius, Anda harus menunggu hingga suhu lahan berada di kisaran 21 hingga 24 derajat Celcius. Krisan dapat tumbuh dengan baik pada suhu 23 hingga 24 derajat Celcius. Tetapi bisa juga tumbuh pada suhu di bawah, meski situasinya kurang bagus.

Pemilihan Lahan Tanam

Bunga krisan adalah tanaman yang dapat tumbuh dengan baik ketika ditanam di tempat cahaya matahari yang cukup atau dilahan terbuka. Tetapi jika Anda tidak memiliki tempat dengan pencahayaan penuh. Kemudian Anda dapat mencari tempat yang sepenuhnya cahaya dalam beberapa jam sehari.

Berikut ini adalah penjelasan singkat ketika memilih lahan tanam:

  1. Anda dapat menanam bunga krisan langsung di tanah atau pot dan pastikan pot atau lahan tanam memiliki sistem drainase yang baik.
  2. Anda juga bisa menanam krisan berdekatan. Akan lebih menarik jika Anda mengaturnya dalam beberapa macam warna. Anda juga dapat melakukannya seperti pola pelangi jika Anda mau.
  3. Saat memilih jenis krisan yang akan ditanam, pastikan juga Anda memilih lokasi yang sehat dengan kondisi hangat sebagai area tanam.

Persiapan Lahan Tanam

Untuk lahan yang ingin Anda tanam, Anda harus terlebih dahulu mengolahnya dengan menambahkan pupuk kandang ke area yang telah Anda pilih. Anda dapat menggemburkan tanah dengan cangkul atau sekop kebun dan mencampur secara merata dengan pupuk kandang. Langkah-langkah yang tepat adalah:

Perhatikan kondisi lahan penanaman Anda. Anda dapat menambahkan lebih banyak pupuk kandang jika tanah memiliki tanah liat atau kondisinya agak kering.

Tapi itu berbeda ketika Anda menanam krisan dalam pot. Anda dapat mengisi pot dengan media tanam dalam bentuk tanah humus, kompos dan sekam untuk media pertumbuhan.

Penanaman Bunga Krisan

Menanam bunga krisan dan perawatan merupakan langkah penting yang harus Anda ketahui. Setelah lahan siap, yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan benih krisan yang siap ditanam. Anda bisa mendapatkannya di toko benih, di toko bunga dan bahkan di koperasi pertanian. Kemudian Anda bisa menggali lubang untuk menanam benih krisan dan membuat lubang tanam sesuai dengan ukuran bibit krisan.

Anda bisa membuat lubang tanam dengan cangkul kecil sekitar 3 cm lebih dalam dari akar krisan. Berhati-hatilah saat mengeluarkan bibit krisan dari wadah atau plastik lalu letakkan di lubang tanam.

Dengan jenis krisan pot, krisan ini tidak dapat tumbuh lebih besar dari ukuran aslinya, sehingga Anda dapat menanamnya berdekatan. Tetapi Anda juga harus memperhatikan jarak akar, bahwa jaraknya cukup besar sehingga tanaman bisa dipelihara dengan baik.

Lain lagi ketika Anda menanam krisan potong. Jenis krisan ini dapat tumbuh lebih besar selama masa pakainya, jadi Anda harus menanamnya pada jarak yang cukup jauh.

Anda harus berhati-hati ketika menanam krisan, yang berarti Anda harus memastikan bahwa tanah yang Anda tanam memiliki tekstur yang gembur. Tanam krisan dengan menyebarkan sedikit tanah di sekitar pusat akar dan di sekitar tepi. Kemudian kibaskan perlahan akar sambil menanam dan sesuaikan posisi krisan pada lubang tanam yang sudah jadi.

Kemudian Anda bisa menutupi dan memadatkan lubang tanam dengan tanah campuran pupuk kandang, sehingga krisan dapat tumbuh dan menjadi kuat.

Perawatan dan pemeliharaan

Setelah melakukan penanaman, hal selanjutnya yang anda lakukan adalah melakukan perawatan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan subur. Perawatan bunga krisan cukup mudah karena cukup dengan penyiraman dan pemupukan. Penjelasan lengkapnya sebagai berikut :

Penyiraman

Penyiraman dapat dilakukan dengan mudah yaitu sama dengan penyiraman dengan tanaman lainnya. Lakukan penyiraman dengan rutin pada pagi dan sore hari ketika musim kemarau dan diawal masa tanam.

Pemupukan

Lakukan pemupukan terhadap bunga krisan untuk mendukung pertumbuhannya. Pemberian pupuk ini untuk tambahan nutrisi dalam tanah. Pemupukan dapat menggunakan pupuk organik dan pupuk anorganik. Tetapi sebaiknya gunakan pupuk organik.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam bunga krisan semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: