10 Cara Menanam Jagung Hibrida yang Baik dan Benar

Posted on

Cara Menanam Jagung Hibrida – Menanam jagung hibrida supaya menghasilkan panen berlimpah sangat mudah jika Anda tahu cara menanam jagung hibrida dengan benar. Tanaman jagung (Zea may ssp. Mays) adalah tanaman pangan terpenting di dunia yang juga menghasilkan karbohidrat selain gandum dan beras.

Tanaman jagung merupakan bahan makanan pokok dan olahan seperti tepung jagung dan minyak jagung, kosmetik, bioenergi dan kebutuhan pakan ternak di beberapa bagian dunia. Dalam pakan ternak, tanaman jagung adalah buah yang digiling atau digiling atau semuanya dari tangkai sampai buahnya sebagai sumber karbohidrat.

Cara-Menanam-Jagung-Hibrida
Cara Menanam Jagung Hibrida

Tahapan Cara Menanam Jagung Hibrida

Syarat Tumbuh

  1. Tanaman jagung dapat tumbuh didataran rendah dan dataran tinggi.
  2. Lahan terkena paparan sinar matahari setidaknya 8 jam sehari.
  3. Memiliki kadar keasaman tanah (pH) antara 5 – 7.
  4. Mempunyai kandungan unsur hara yang cukup
  5. Dekat dari sumber air
  6. Mempunyai tanah yang gembur.

Pemilihan Bibit

Banyaknya jenis jagung hibrida di pasaran secara alami memudahkan petani untuk memilih jenis jagung yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Perawatan harus diambil ketika memilih benih, karena langkah pertama ini akan memiliki dampak yang menentukan pada keberhasilan anda dalam menanam jagung hibrida.

Baca tanggal kedaluwarsa dalam kemasan benih dengan benar dan pilih tanggal kedaluwarsa yang masih panjang. Kemampuan menanam benih sangat dipengaruhi oleh waktu penyimpanan benih yang semakin lama pertumbuhannya. Jadi cari waktu yang sudah berlalu yang masih panjang.

Selain waktu kedaluwarsa, tentu saja Anda harus mengetahui sifat-sifat tanaman jagung, seperti pertumbuhan, ketahanan terhadap hama, keseragaman ukuran benih, tidak ada penyimpanan untuk kutu / hama dan waktu panen.

Menyiapkan Lahan Tanam

Untuk menghasilkan tanaman jagung yang subur dan tanaman super, area penanaman atau kebun harus digemburkan terlebih dahulu. bisa menggunakan bajak atau cangkul untuk menggemburkan lahan. Setelah ini dapat diberikan dengan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan cara ditabur secukupnya dan jangan berlebihan

Untuk mendapatkan lahan tanam yang baik dan cepat, Anda dapat menggunakan pembudidaya atau traktor tangan. Selain tanah yang bagus, Anda juga bisa menghemat banyak uang dan waktu.

Proses Penanaman

Benih jagung hibrida harus berkualitas tinggi. Untuk memastikan kualitasnya, Anda harus membeli benih di toko pertanian. Hindari membeli benih jagung di pasar dan menggunakannya sebagai benih karena kita tidak tahu sumber tanaman induknya.

Setelah biji diperoleh, tanamlah di dalam lubang yang telah dibuatkan di sepanjang bedengan. Biji yang ditanam adalah 2 biji per lubang lalu ditutup dengan tanah. Setelah penutupan, biasanya benih jagung akan tumbuh 4 sampai 8 hari setelah masa tanam.

Perawatan dan Pemeliharaan

Setelah bibit jagung telah tumbuh maka hal yang perlu dilakukan adalah perawatan agar pertumbuhan tanaman jagung menjadi optimal dan mendapat panen yang berlimpah, Berikut tahapan dalam perawatan jagung hibrida :

Penyiraman

Penyiraman sangat penting untuk menunjang pertumbuhan tanaman jagung terutama diawal masa tanam dan dimusim kemarau, lakukan penyiraman dengan mesin pompa untuk memudahkan pekerjaan anda.

Penyiangan

Lakukan penyiangan disekitar tanaman jagung agar hama dan tanaman liar tidak mengganggu pertumbuhan jagung. Hama dan rumput liar dapat merebut nutrisi dalam tanah yang diperlukan untuk pertumbuhan jagung.

Pemupukan Susulan

Lakukan pemupukan terhadap tanaman jagung ketika jagung sudah berumur satu bulan, pemupukan dapat menggunakan pupuk organik maupun kimia dengan cara disiram atau ditaburkan. Untuk pupuk kimia gunakan pupuk NPK dengan campuran pupuk ZA. Pemupukan susulan ini bertujuan untuk menunjang pertumbuhan buah jagung.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Hama yang sering menyerang jagung hibrida adalah jenis serangga, dan yang paling banyak ditemui adalah belalang, orong-orong, ulat, pengerek batang dan lainnya. Penangannya bisa dengan cara manual yaitu dengan mengambil hama dan membuangnya.

Jika serangannya sudah parah maka dapat menyemrotkan fungisida atau insektisida dengan aturan dan petunjuk pada label kemasan.

Pemanenan

Akhirnya jagung bisa dipanen. Umur tanaman jagung yang akan kita panen biasanya tergantung pada konsumen. Cara terakhir untuk menanam jagung hibrida adalah melalui proses panen. Para petani jagung sedang menunggu kata panen.

Karena mereka dapat menikmati kerja keras yang telah mereka lakukan sejauh ini dengan menjualnya di pasar atau hanya untuk konsumsi pribadi. Proses menanam jagung manis di dataran rendah akan mengalir ke proses panen lebih cepat daripada menanam jagung manis di dataran tinggi.

Tanaman jagung hibrida umumnya dipanen 65 hingga 155 hari setelah penanaman dimulai. Jagung adalah tanaman yang dapat dengan mudah dibudidayakan di dataran rendah dan di dataran tinggi dan memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Untuk memastikan bahwa jumlah konsumen jagung hibrida selalu meningkat, bisnis jagung manis dapat menjadi area bisnis yang menjanjikan. Biasanya tanaman ini bisa menabur di usia berbunga. Pada titik ini, Anda harus memiliki tujuan apa yang ingin Anda lakukan jagung.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam jagung hibrida semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga :