12 Cara Menanam Daun Seledri agar Tumbuh Subur

Posted on

Cara Menanam Daun Seledri – Tanaman daun seledri merupakan tanaman rempah yang cukup sering dimanfaatkan untuk memasak sup karena karakteristik dan aroma yang lezat. Tanaman seledri ini tidak hanya digunakan sebagai tanaman dapur, tetapi juga dapat diindikasikan sebagai tanaman obat atau lebih umum sebagai tanaman herbal. Selain itu, biji tanaman seledri ini juga dapat digunakan sebagai obat dengan mengekstraksi ekstrak dari minyak seledri tersebut.

Karena nilai ekonomi yang tinggi dan banyak manfaat yang diperoleh dari tanaman seledri ini, selalu ada minat besar dalam pembelian yang karenanya menyebabkan kurangnya pasokan tanaman itu sendiri.

Untuk tujuan ini, kita akan membahas teknik budidaya tanaman seledri sendiri, dari persyaratan untuk menanam tanaman seledri, teknik perawatan untuk tanaman seledri, hingga bagaimana kita harus memanen tanaman seledri sendiri.

Cara Menanam Daun Seledri

cara menanam daun seledri
cara menanam daun seledri

Syarat Tumbuh

  1. Pertumbuhan terbaik pada dataran tinggi dengan ketinggian 1000 hingga 1200 mdpl.
  2. Suhu untuk pertumbuhan tanaman seledri adalah 16 sampai 22 derajat celcius.
  3. Tingkat keasaman tanah berkisar antara 5.5 sampai 6.5
  4. Tanah gembur dan subur.

Pembibitan Daun Seledri

Perbanyakan Generatif (dari biji)

  1. Rendam benih dalam air panas pada suhu 55 hingga 65 derajat Celcius selama sekitar 1 jam.
  2. Siapkan bedengan atau baki semai yang merupakan campuran tanah dan kompos (2: 1) yang disaring bersama.
  3. Lindungi tanaman dari hujan dan sinar matahari langsung dengan plastik bening pada baki semai.
  4. Buat garitan di bagian atas baki dengan kedalaman 0,5 cm dan jarak 10 hingga 20 cm. Taburkan biji di dalam alur, lalu tutupi dengan tanah dan kegelapan untuk menjaga kelembaban.
  5. lakukan penyiraman dengan banyak air setiap pagi atau sore, jangan sampai basah atau kering.
  6. Pindahkan bibit Anda ke dalam panci atau polybag setelah memiliki 3-4 daun yang mulai tumbuh atau setelah sekitar 1,5 bulan.

Perbanyakan Vegetatif (Anakan)

  1. Ambil bibit anakan pada tanaman seledri yang sehat.
  2. Pindahkan ke polybag atau pot yang sudah disediakan.
  3. Ketika benih siap untuk dipindahkan, siapkan media tanam yang terdiri dari campuran arang sekam, kompos dan tanah yang diayak dalam perbandingan 1: 1: 1.
  4. Arang sekam digunakan sehingga porositasnya baik, berat tanah penyemaian lebih rendah dan pot dan kantong plastik lebih mudah untuk dipindahkan. Sekam juga bisa diganti dengan jerami, Padi atau serbuk gergaji. Pastikan bebas dari hama dan penyakit.

Penyemaian

Biji seledri tersebar di tempat penyemaian. Dibutuhkan sekitar 8-12 hari untuk penyemaian seledri.

Biji seledri ditanam rata sehingga kecambah seledri cepat. Setelah tanaman berumur sekitar 2,5 bulan, seledri dapat dibawa ke area penanaman.

Keuntungan dari penyemaian adalah kemungkinan untuk mengurangi input produksi seperti Penyiraman,pupuk dan pengendalian hama dan gulma, bahkan jarak tumbuh serempak dan tanaman tumbuh sempurna.

Penanaman Daun Seledri

Kemudian mulailah dengan menyebarkan biji Seldri yang sebelumnya direndam pada media inokulasi dengan banyak air panas.

Jangan lupa untuk menutupi salah satu tunas benih dengan tanah, jika tidak media bisa ditanam di bedengan.

Kemudian Lakukan penyiraman media tanam atau permukaan tanah dengan air untuk menjaga tanah tetap lembab.

Perawatan dan Pemeliharaan

Penyiraman

Lakukan penyiraman dengan rutin pada pagi dan sore hari terutama pada awal masa tanam dan dimusim kemarau. Penyiraman dilakukan secukupnya saja dan jangan membuat lahan tanam tergenang.

Penyiangan

Gulma dan tanaman liar yang ada disekitar tanaman seledri harus dibersihkan agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman seledri. Gulma dan tanaman liar yang tidak dibersihkan bisa merebut nutrisi didalam tanah.

Pemupukan

Lakukan pemupukan untuk mempercepat dan menyuburkan tanaman seledri. Pemupukan bisa dengan memberikan pupuk organik berupa pupuk daun dan pupuk buatan berupa pupuk Urea dan NPK.

Penanganan Hama dan Penyakit

Tanaman seledri rentan terhadap serangan hama dan penyakit. penyakit yang sering menyerang seperti Bercak daun, layu fusarium, lalat penggorok daun dan lainnya. Penanganannya bisa dengan menyemprotkan pestisida organik sesuai dosis yang ada di kemasan.

Proses Panen

Proses yang paling ditunggu para petani adalah masa panen. Tanaman seledri yang langsung ditanam tanpa melakukan penyemaian biasanya dapat dipanen ketika usia tanaman sudah berumur 60 hingga 80 hari.

Dan pemanenan ketika tanaman dilakukan penyemaian adalah 90 hingga 125 hari. Namun panen terbaik adalah yang dilakukan penyemaian terlebih dahulu.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam daun seledri semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya