13 Cara Menanam Durian dari Biji Biar Cepat Berbuah

Posted on

Cara Menanam Durian dari Biji – Durian adalah jenis buah yang sangat enak. Dengan rasa khas yang bisa membuat banyak orang menyukainya. Durian adalah buah yang bisa tumbuh pada ketinggian di bawah 800 meter di atas permukaan laut dengan pH tanah sekitar 5 hingga 7. Ada beberapa cara menanam durian. Namun, penanaman durian dari biji dipilih karena sederhana dan dapat dilakukan oleh siapa saja yang baik yang sudah memiliki pohon durian atau tidak.

Artikel sebelumnya menjelaskan cara menanam dan mengolah buah durian. Pada artikel ini, kami memberikan cara untuk menanam durian secara umum. Artinya, metode penanaman yang dijelaskan di bawah ini dapat dilakukan dengan jenis atau bibit durian. Bagi Anda yang tertarik untuk menanam durian sendiri, silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Cara-Menanam-Durian-dari-Biji
Cara Menanam Durian dari Biji

Metode Menanam Durian dari Biji

Pembibitan Durian

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam menanam durian dari biji adalah pembibitan. Ada berbagai langkah yang perlu dilakukan dalam pembibitan ini yaitu :

Memilih Bibit Unggulan

Saat menentukan bibit durian unggul, kita bisa menemukannya dari bentuk biji yang tidak keriput dan masih utuh. Kita juga perlu memastikan bahwa benih yang dipilih berasal dari buah durian yang sehat dan berkualitas baik.

Menyiapkan Benih Durian

Untuk menyiapkan benih biji durian sebelum tanam, kita harus mengambil beberapa langkah untuk menyiapkannya yaitu :

  1. Bersihkan daging durian yang masih menempel.
  2. Keringkan biji durian hanya dengan satu tiriskan
  3. Simpan di tempat kering selama sekitar 2 minggu
  4. Kemudian kita bisa melanjutkan langkahnya

Pembibitan Biji Durian

Saat pembibitan biji durian, pastikan terlebih dahulu bahwa langkah yang dilakukan sudah benar. Jika langkah-langkah telah ditentukan dengan benar, Anda dapat menyiapkan proses pembibitan dan melakukannya secara langsung.

Ada beberapa hal penting yang harus kita ketahui dalam proses pembibitan sebagai berikut:

  1. Media tanah yang digunakan harus memiliki rasio 1: 1
  2. Agar calon akar dapat langsung jatuh ke tanah, metode penyiraman harus dimiringkan
  3. Sisakan jarak sekitar 2 hingga 3 cm jika tempat pembibitan besar
  4. Hindari sinar matahari langsung dengan menutupinya dengan plastik
  5. Tunggu sekitar 3 minggu untuk memastikan bahwa daun biji durian memiliki 3 buah daun.
  6. Saat pembibitan benih durian dalam polybag, ukurannya tidak perlu terlalu besar.

Proses Penanaman Durian

Media pertumbuhan durian harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum menanam biji durian. Jadikan bedengan sebagai saluran air saat hujan datang sehingga air hujan tidak menggenang. Anda juga bisa menyemprotkan basamid pada tanah untuk menghindari serangan jamur yang bisa menyerang pohon durian. Kemudian tentukan jarak tanam antar benih yaitu antara 10 dan 12 m. Buat lubang untuk memindahkan benih. Setelah tanam, tutup benih dengan jerami kering. Sirami bijinya dengan banyak air.

Perawatan dan Pemeliharaan

Pemangkasan

Lakukan pemangkasan akar untuk mencegah pertumbuhan benih vegetatif yang tidak diharapkan. Pemangkasan ini harus dibuat selama periode awal pohon berbunga untuk memaksimalkan hasil durian.

Penyiraman

Biarkan saluran air untuk mengalirkan aliran air. Untuk bibit yang baru ditanam, siram sekali sehari, sedangkan bibit yang lebih lama sebulan bisa disiram 2-3 kali seminggu. Penyiraman dilakukan dengan tidak berlebihan.
Penyiraman intens terjadi pada benih yang baru ditanam. Lakukan penyiraman secukupnya, jangan berlebihan. Dan jangan biarkan air nya menggenang.

Penjarangan

Penjarangan dilakukan untuk mendapatkan hasil dari buah durian dengan rasa yang enak dan untuk mencegah pohon durian dari sekarat karena jumlah bunga yang dibuahi sangat besar. Penjarangan dilakukan dengan menyemprotkan Auksin A untuk membunuh bunga yang tidak dibuahi, sementara bunga yang dibuahi masih bisa berkembang menjadi buah.

Penyiangan

Lakukan penyiangan terhadap gulma dan tanaman liar di sekitar pohon agar tidak mengganggu pertumbuhan pohon durian. Karena gulma dan tanaman liar dapat merebut nutrisi dalam tanah.

Pemupukan

Lakukan juga pemupukan dengan kompos, pupuk hijau dan pupuk kimia lainnya. Setelah 3 bulan menanam durian, Anda juga dapat menambahkan pupuk lain seperti pupuk NPK 200 gr untuk setiap pohon. Lakukan pemupukan rutin dengan NPK ini setiap 4 bulan.

Pengendalian Hama

Jika pohon durian diserang oleh hama seperti lebah mini, Anda dapat menggunakan Hostathion 40 EC sebagai kontrol. Seperti halnya hama lain, pestisida atau insektisida sudah tersedia untuk mengendalikannya.

Proses Panen

Biasanya pohon durian mulai berbunga setelah 8 tahun. Pohon durian hanya berbuah pada musim kemarau. Buah durian yang biasanya matang mengeluarkan bau menyengat dan perubahan warna kulit terjadi dan buah matang biasanya jatuh ke tanah. Namun, jika jatuh ke tanah, buah akan rusak dan nilai jualnya berkurang. Petani mengikat durian dengan tali dan plastik sebulan sebelum durian matang.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam durian dari biji semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: