10 Cara Menanam Buah Anggur agar Cepat Berbuah

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Anggur merupakan salah satu tanaman buah yang tumbuh subur di tanaman merambat berbentuk semak. Cara menanam anggur biasanya di ladang tertutup dengan tiang. Buah ini memiliki rasa yang sangat enak dan banyak kelebihan. Ada banyak jenis anggur, termasuk anggur merah, hijau, merah muda, hitam dan kuning.

Anggur dapat dimakan dengan membuat jelly, membuat jus atau langsung dapat dimakan. Manfaat Anggur mengandung senyawa yang dikenal sebagai polifenol dan resveratrol aktif dalam metabolisme tubuh yang dapat mencegah pembentukan sel kanker.

Cara-Menanam-Buah-Anggur
Cara Menanam Buah Anggur

Jumlah peminat yang membuat anggur dijual dengan harga yang cukup mahal. Oleh karena itu, banyak petani tertarik menanam anggur karena mereka memiliki peluang bisnis yang menjanjikan.

Banyak petani mencoba menanam anggur, tetapi hanya sebagian kecil yang berhasil. Hal ini karena kurangnya pengetahuan tentang pemeliharaan anggur. Karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana menanam anggur yang baik sehingga mereka dapat menghasilkan buah berkualitas tinggi.

Cara Menanam Anggur

Syarat Tumbuh

  1. Lakukan penanaman anggur di tempat dengan sinar matahari yang cukup sehingga tidak terhalang oleh bangunan atau benda lain. Saat menanam anggur, ada baiknya mendapatkan 8 jam sinar matahari sehari.
  2. Perhatikan suhu musim dan di mana tanaman Anda tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Anggur dapat tumbuh dengan baik pada suhu 15-35 ° C.
  3. Buah anggur tumbuh hingga 1.000 meter di atas permukaan laut.
  4. Menjaga tanaman dari angin.

Pemilihan Bibit Tanaman Buah Anggur

Langkah selanjutnya setelah menemukan tempat yang tepat untuk menanam anggur adalah memilih bibit anggur berkualitas tinggi. Benih berkualitas memiliki beberapa sifat dan tidak hanya semua bibit anggur dapat ditanam. Pilihan benih mempengaruhi hasil panen. Berikut ini adalah karakteristik benih berkualitas untuk anggur, yaitu :

  1. Memiliki 3 bagian ruas batang dengan panjang 25 hingga 30 cm
  2. Memiliki batang bibit berbentuk lingkaran atau bulat dengan ukuran 1 cm
  3. Kulit berwarna cokelat, maka bagian bawah kulitnya berwarna hijau, tidak ada bintik hitam dan tidak mengandung uap air
  4. Tunas dalam bibit anggur terlihat besar, padat dan kuat
  5. Pilih calon bibit yang berumur 5 bulan dan memiliki 3 hingga 4 helai daun.

Penyemaian Bibit Tanaman Buah Anggur

Ketika Anda telah menemukan benih dengan kualitas terbaik, lakukan penyemaian yang Anda miliki.

Tujuan dari proses penyemaian adalah agar proses merawat bibit anggur lebih mudah dipantau dan benih mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, yang tidak berlebihan sehingga nantinya proses pertumbuhan tanaman menjadi lebih cepat.

Berikut ini adalah prosedur penyemaian bibit untuk tanaman anggur :

  1. Penyemaian bibit dalam polybag atau pot.
  2. Pastikan tanah dan pupuk dicampur secara merata, dan kemudian masukkan ke tempat persemaian yang Anda pilih.
  3. Kemudian pindahkan benih ke polybag atau pot yang diisi dengan campuran bibit dalam bentuk pupuk dan tanah.
  4. Lakukan penyiraman bibit persemaian dengan air setiap pagi dan sore.
  5. Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu 2 bulan untuk menumbuhkan tunas baru dan memiliki banyak akar dalam bibit anggur.

Mempersiapkan Lahan Tanam Budidaya Anggur

Ketika bibit yang ditanam menumbuhkan tunas dan akar, langkah selanjutnya adalah menyiapkan lahan tanam sebagai media tanam untuk bibit anggur. Untuk lahan penanaman, Anda bisa menanamnya langsung di tanah atau Anda juga bisa menggunakan polybag atau pot besar.

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu diambil untuk menyiapkan area penanaman yang baik untuk menanam anggur yaitu :

  1. Gemburkan tanah yang ingin Anda gunakan dengan membajak atau mencangkul. Serta lakukan penyiangan untuk menghilangkan hama seperti tanaman liar dan gulma di lokasi penanaman.
  2. Berikan kapur pertanian dengan dolomit jika pH tanah di bawah 5 ( bersifat asam).
  3. Buatlah bedengan pada lahan tanam setinggi 50 cm dan lebar 150 cm, dan panjangnya akan disesuaikan dengan lahan tanam.
  4. Sisakan ruang di antara bedengan sehingga dapat digunakan sebagai saluran air pada jarak sekitar 100 cm saat hujan.
  5. Setelah bedengan siap, buat lubang tanam berikutnya dengan ukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm.
  6. Setelah semuanya siap, biarkan area penanaman selama sekitar 2 minggu untuk terkena sinar matahari.
  7. Setelah 2 minggu, langkah selanjutnya adalah menanam anggur di bedengan dengan mengisi lubang tanam dengan campuran pupuk kandang, tanah dan pasir dalam dosis 2: 1: 1.

Proses Penanaman Anggur

Langkah selanjutnya adalah proses penanaman benih, pastikan bibitnya 2 bulan setelah Anda mulai penyemaian. Bibit siap dipindahkan ke lahan tanam jika mereka memiliki 2 hingga 3 daun dan memiliki akar yang kuat.

Setelah mencapai ciri-ciri yang siap tanam, yang harus Anda lakukan adalah memasukkan benih ke dalam lubang dan kemudian menutupinya dengan tanah dan sedikit campuran pupuk kandang. Kemudian tutup lubang dengan rapat.

Ingatlah bahwa tanaman anggur adalah sejenis Vitaceae yang merupakan tanaman merambat. Karena itu, siapkan titik rambat dengan panjang 2 meter.

Perawatan dan Pemeliharaan

Penyiangan

Lakukan penyiangan yaitu dengan membersihkan tanaman dari gulma dan hama lainnya. Mereka selalu mengecek kondisi tanaman setiap pagi dan sore hari agar hama dan gulma tidak terganggu.

Pemupukan

Lakukan pemupukan dari 0 hingga 1 tahun
Tanaman anggur diberikan 10 gram pupuk urea selama 10 hari saat tanaman berumur 3 bulan.
Tanaman anggur diberikan 15 gram pupuk urea selama 15 hari saat tanaman berumur 6 bulan.
Tanaman anggur menerima hingga 50 gram pupuk urea saat tanaman berumur 1 tahun.
Untuk pemupukan dari satu tahun keatas, ketika menggunakan pupuk pada usia 1 tahun, lebih dari 5 dosis pupuk dan kemudian 80 gram pupuk TSR diberikan.

Penyiraman

Lakukan penyiraman dengan rutin pada pagi dan sore hari, lakukan intensitas penyiraman lebih banyak ketika musim kemarau terutama di awal musim hujan.

Panen Anggur

Saat inilah para petani menunggu proses panen anggur. Ciri khas buah anggur yang siap panen adalah bahwa mereka memiliki tekstur yang keras dan lunak, dan warna nya merata dalam tandan buah, dan buah anggur mudah dipisahkan dari tandannya.

Lakukan pemanenan anggur saat masih pagi dan segera masukkan ke dalam kotak atau keranjang yang sudah disiapkan. Hindari menumpuk anggur di satu tempat karena ini akan menghancurkan buah ini.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam buah anggur semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya