5 Cara Menanam Kemangi Agar Panen Melimpah

Posted on

Cara Menanam Kemangi – Kemangi adalah salah satu daun yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Banyak orang memasaknya sebagai pepes atau sayuran untuk menemani hidangan utama.

Kemangi sendiri selalu dikonsumsi dan dianggap sebagai daun yang berhkasiat untuk mewangikan aroma tubuh saat dikonsumsi dan menyehatkan. Terutama untuk anak perempuan dan wanita yang ingin merawat tubuh dari dalam.

Secara umum, tanaman ini masuk ke tanaman terna atau tanaman yang memiliki batang lunak dan tidak membentuk kayu. Tanaman kemangi, yang banyak tumbuh di daerah tropis, adalah tanaman herba, semak tegak, kanopi bundar, banyak cabang, sangat wangi dan memiliki ketinggian 0,3 – 1,5 m.

Cara-Menanam-Kemangi
Cara Menanam Kemangi

Daun kemangi memiliki aroma khusus, yang dihasilkan dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunga. Biasanya, daun kemangi ini selalu dimakan bersama dengan daun kol, mentimun dan saus cabai pada ayam panggang atau ikan goreng.

kandungan tanaman kemangi dalah dalam bentuk 1,8 sineol, anethole, apigen dan boron.
Daun kemangi juga mengandung asam amino arginin dan asam aspartat. Karena banyaknya orang yang tertarik dengan daun kemangi ini, maka banyak orang yang kemudian mencoba membudidayakan nya.

Berikut adalah cara menanam kemangi

Syarat Tumbuh Tanaman Kemangi

Sebenarnya, syarat tumbuh untuk menanam kemangi bukanlah hal yang sulit. kemangi tidak mengharuskan kondisi menjadi rumit. Dapat dikatakan bahwa semua daerah di Indonesia dapat ditanami kemangi. yang jelas tanahnya asam.

Kemangi juga tahan terhadap cuaca panas dan dingin. Perbedaan iklim ini hanya menyebabkan penampilan yang sedikit berbeda. Kemangi ditanam di daerah dingin, daunnya lebih lebar dan lebih hijau.

Kemangi di daerah panas kecil, tipis dan memiliki warna hijau muda.
Bagi Anda yang ingin menanam kemangi untuk memastikan bahwa tanah yang ada dapat untuk dibudidayakan tanaman kemangi dan biaya yang diperlukan dihitung agar tidak hilang dan merugi.

Persiapan Bibit

Ketika anda melakukan pembibitan, pertama-tama mulailah dengan menyemaikan benih dari bunga induk yang dikeringkan. Kemudian Anda dapat mendistribusikan benih dalam wadah bibit.

Ingatlah bahwa kemangi adalah sejenis tanaman yang perlu disemai terlebih dahulu. Semain menanam benih dalam penyemaian di area kecil yang tidak terlalu besar, misalnya penyemaian khusus (dalam bentuk balok es) atau dalam polybag kecil, dapat tumbuh di dalam benih.

Setelah itu, benih yang berubah menjadi biji dan Anda harus menyirami bibit setiap hari. Ketika bibit siap, yaitu bibit berumur 1 bulan dan cabut secara perlahan. Kemudian pindah ke area penanaman. siramlah setiap hari agar tumbuh secara merata. karena tujuannya adalah sebagian bibit digunakan untuk penyulaman.

Persiapan Lahan

  1. Hal pertama yang diperlukan untuk menyiapkan tanah untuk penanaman kemangi adalah menggemburkan tanah yang sudah disiapkan. mencangkul tanah adalah langkah yang disarankan. mencangkul tanah dapat membawa lebih banyak oksigen ke dalam tanah.
  2. Agar tidak terkena sinar matahari yang berlebihan, disarankan untuk membuat pelindung pada atas tanah.
  3. Langkah selanjutnya adalah menggemburkan tanah. Tanah yang akan digemburkan dibentuk menjadi bedengan persegi panjang. Misalnya, tanah yang akan ditanam dibuat dengan lebar 1 m dan panjang 3 m. Ini bisa disesuaikan dengan luas lahan yang ada.
  4. Setelah Anda selesai, taburkan kompos di atasnya dan campur merata dengan tanah. Aduk dengan cangkul dan tekan lagi. Diharapkan bahwa lapisan tanah bawah dapat bercampur dengan pupuk campuran sebelumnya.
  5. Hal terakhir yang perlu Anda lakukan untuk menyiapkan tanah adalah membiarkannya selama 2 hingga 3 hari untuk mengembalikan nutrisi seperti sebelumnya.

Penanaman Benih

Sekarang tanah untuk menanam kemangi sudah dipersiapkan dengan baik. Jangan lupa untuk melindungi tanah agar tidak terkena sinar matahari yang berlebihan. Sekarang tanah telah ditanami, mari temukan cara yang disarankan untuk menanam kemangi.

  1. Langkah pertama dalam menanam kemangi adalah menabur benih kering, seperti yang disebutkan sebelumnya. Sederhananya, taburkan benih penyemaian di tanah yang disiapkan. kemudian, Jika Anda ingin lebih rajin, cukup buat lubang tanam yang dangkal untuk menanam benih kemangi. Setelah menabur, berikan lapisan tanah tipis ke benih, tetapi harus rata.
  2. Kemudian beri air ke semua benih yang sudah ditanam. Agar benih tidak terbawa air, cukup tuangkan air ke atas lubang tanam yang diberi benih kemangi. Usahakan memberi air dengan debit yang tidak cepat.
  3. Pada fase berikutnya, di mana kemangi ditanam, siramlah benih kemangi secara teratur dua kali sehari pada pagi dan sore hari.
  4. Sebagai informasi tambahan, pada hari ke 3 sampai 4 benih yang sudah ditanam umumnya mulai berkecambah. Pada minggu keempat hingga kelima, akar kemangi telah tumbuh kuat.Jika Anda ingin memindahkannya ke area penanaman, usia ini dianggap cukup untuk memindahkannya.

Perawatan dan Pemeliharaan Kemangi

Setelah menanam kemangi seperti dijelaskan di atas, Anda juga belajar cara merawat tanaman yang satu ini. Ini tentu saja dapat digunakan untuk mendapatkan tanaman kemangi yang diharapkan. Mari kita simak ulasannya.

  1. Perawatan tanaman dapat dilakukan bersama selama penyiraman. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek ada tidaknya gulma disekitar tanaman yang tumbuh. Jika gulma ditemukan, bersihkan segera agar tidak mengganggu tanaman kemangi, karena gulma pada dasarnya dapat mencuri zat dan nutrisi dalam tanah.
  2. Pemupukan kemangi dapat dilakukan bersamaan dengan melakukan penyiangan, ketika usia tanaman telah mencapai 3-4 minggu. Sebagai pupuk, pupuk urea digunakan dalam dosis 150 kg / ha. Ulangi pemupukan setelah 2-3 minggu. Namun, pupuk urea tidak digunakan untuk jenis tanaman organik.
  3. Jika Anda ingin perawatan tanaman kemangi tumbuh tinggi , Anda dapat memotong daun sehingga tanaman kemangi Anda dapat tumbuh tinggi. Bagi Anda yang menginginkan tanaman rimbun, Anda dapat memotong tanaman kemangi yang tumbuh kesamping hingga lebar halaman, maka semakin lama semakin rimbun tanaman kemangi itu.
  4. Hal terakhir yang perlu diingat adalah bagaimana mengatur jarak masing-masing tanaman yang tidak boleh berdekatan satu sama lain. Jika terlalu dekat, takut untuk saling mencuri makanan.
  5. Sehubungan dengan hama, terutama hama ulat umumnya hama yang mudah ditemukan pada kemangi. Cukup lepaskan ulat secara manual dan jangan gunakan pestisida. Penggunaan pestisida diketahui membahayakan manusia, karena tanaman kemangi dikonsumsi oleh manusia sendiri.
  6. Tips untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman kemangi Anda adalah memangkas bunga pada tanaman kemangi. Lakukan saja seminggu sekali dan Anda akan mendapatkan kemangi yang tumbuh cepat dan padat.

Pemanenan Kemangi

  1. Panen kemangi dapat dilakukan jika daun kemangi telah berumur 50 hari setelah tanam. Pilih daun muda seperti kuncup teh.
  2. Pemetikan merangsang pertumbuhan cabang baru, memungkinkan tunas baru tumbuh. Tunas baru ini dapat dipanen pada musim panen berikutnya. Pemanenan kemangi dapat dilakukan secara terus-menerus hingga tanaman tua.
  3. Jika Anda ingin tanaman yang tahan lama, jangan biarkan mekar dan jangan berbuah. Pisahkan tanaman khusus untuk mengambil biji sebagai benih. Dengan cara ini,produktivitas tanaman kemangi menjadi tidak terganggu.
  4. Alternatif lain adalah dengan membiarkan tanaman kemangi berbunga satu atau dua cabang dan berbuah. Setelah biji tua, cabang dipangkas. Biasanya, kemangi dipetik sepanjang 15 cm. Jika Anda ingin memasarkan kemangi, masukkan ke dalam ikatan kecil dengan 5-10 batang.
  5. Jika Anda ingin mencangkok dan mengolahnya, Anda bisa memangkasnya dan meninggalkan batang utama atau mencangkoknya dengan biji.

Demikianlah Pembahasan tentang cara menanam kemangi, dengan cara penanaman yang baik, maka akan menghasilkan kemangi yang melimpah, semoga bermanfaat

Baca Juga Artikel Lainnya :

Related posts: