3 Cara Menanam Rumput Gajah agar Cepat Lebat

Posted on

Cara Menanam Rumput Gajah – Petani di Indonesia biasanya berperan sebagai petani sekaligus sebagai peternak. Banyak petani atau peternak yang masih memiliki tanah yang luas dan dapat terus digunakan untuk menjaga ketersediaan pakan hijau.

Tanah seperti sekitar lahan atau ladang kering dapat digunakan untuk menanam spesies rumput unggul seperti rumput gajah, raja dan rumput odot. Spesies rumput ini biasanya dapat digunakan sebagai makanan untuk ternak, gajah, kambing, domba, kerbau, kuda, dan lainnya.

Saat ini, banyak petani yang sengaja menanam rumput gajah untuk dijual. Ini karena permintaan untuk pakan ternak meningkat sementara keadaan rumput di lapangan menurun. Oleh karena itu, diyakini bahwa keberadaan rumput gajah digunakan sebagai peluang bisnis, terutama bagi mereka yang memiliki tanah luas.

Cara-Menanam-Rumput-Gajah
Cara Menanam Rumput Gajah

Menumbuhkan sendiri rumput gajah tidak sulit. Petani atau peternak hanya perlu menyiapkan

Langkah-langkah Menanam Rumput Gajah

Persiapan Lahan Media Tanam

Tanah yang baik untuk menanam rumput gajah adalah tanah yang tidak tandus atau kering. Jika Anda memiliki lahan tandus dan kering, sirami dulu lahan yang ingin Anda gunakan.

Metode ini bertujuan untuk memastikan bahwa tanah mengandung nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan rumput gajah setelah penanaman. Setelah Anda mendapatkan media tanam yang tepat langkah selanjutnya adalah menggemburkan tanah dengan cara cangkul.

Efektivitas tanah gembur dapat dicapai hingga kedalaman 6 hingga 10 cm. Jangan lupa untuk menimbun kembali setelah melakukan penggemburan.

Namun, jika Anda tidak memiliki cukup lahan sebagai media untuk menumbuhkan rumput gajah, Anda dapat menanam rumput ini dengan terlebih dahulu menanamnya ke tanah lahan kebun rumah Anda.

Anda juga dapat membeli tanah yang secara khusus digunakan untuk menanam tanaman, termasuk tanah merah atau tanah Latosol.

Proses Penanaman Rumput Gajah

Setelah anda mendapatkan media tanam yang sesuai, maka lanjutkan dengan proses penanaman. Penanaman rumput gajah paling baik dilakukan selama musim hujan, karena rumput gajah membutuhkan banyak air selama fase pertumbuhan setelah penanaman.

Untuk benih Anda dapat membeli rumput pertama. Tanam selama musim hujan. Hal ini dimaksudkan agar rumput mini gajah mendapat banyak air, karena rumput ini adalah tanaman yang sangat membutuhkan air.

Jangan menanam rumput ini di tanah tandus atau kering. Namun, jika Anda hanya memiliki tanah tandus dan kering, Anda dapat mengolah lahan tersebut dengan terlebih dahulu menyebarkan pupuk dan membiarkannya selama 1 minggu.

Hal ini dimaksudkan agar tanah mengandung nutrisi yang cukup untuk menopang pertumbuhan rumput gajah. Setelah itu, gemburkan tanah yang ingin Anda gunakan.

Pastikan rumput mendapatkan cukup sinar matahari, tetapi tidak terlalu banyak. Hal ini dimaksudkan agar daun rumput gajah tumbuh dengan menyamping dan menjuntai ke bawah. Jika rumput gajah banyak mendapat sinar matahari, daunnya tumbuh ke atas

Berikut tata cara menanam rumput gajah

  1. Potong benih rumput gajah menjadi potongan-potongan kecil. Buat potongan sampai akarnya tidak terlihat dan ditutupi dengan tanah.
  2. Saat menanam rumput gajah, Anda dapat menanam rumput gajah dalam proses zig-zag untuk hasil sempurna.
  3. Lakukan pemukulan secara perlahan pada tanah untuk membuat tanah dan jaringan akar lebih kuat. Pukulan ini dilakukan sampai akar benar-benar menempel ke tanah. Gunakan balok kayu untuk meratakan rumput gajah.
  4. Setelah merata, Anda bisa mengangkat balok kayu dan meletakkan rumput gajah di tanah, setelah semua langkah yang dijelaskan di atas. langkah selanjutnya yang Anda harus lakukan adalah menancapkan rumput gajah ke tanah.Cara ini di lakukan dengan cara menancapkan bagian perakaran ketah rumput gajah agar akar bisa terikat erat dengan tanah.
  5. Anda dapat mengatur jarak rumput gajah sesuai keinginan Anda. Dan untuk mempertahankan posisi Bibit Rumput Gajah, jangan bergerak, lalu tutup sedikit antara tanaman dan tanah.

Perawatan Tanaman Gajah

Proses selanjutnya adalah merawat bibit rumput gajah yang sudah di tanam. Pertama kali berikan pupuk NPK ke tanaman rumput gajah setelah 2 minggu masa tanam.

Tujuan di berikan pupuk ini supaya merangsang ke jaringan tumbuh rumput gajah sehingga Anda mendapatkan hasil yang bagus.

Selain memberikan pupuk, imbangi dengan penyiraman yang teratur pagi hari dan sore hari. Seperti yang sudah di jelaskan di atas tadi, bahwa rumput gajah adalah tanaman yang sangat berketergantungan pada air.

Jika di perlukan pasang pagar sementara selama masa pertumbuhan rumput gajah, ini bertujuan supaya tidak ada hewan seperti unggas yang memakan rumput gajah.

Selain air dan cahaya matahari yang mumpuni juga menjadi salah satu faktor yang penting untuk masa pertumbuhan yang baik untuk rumput gajah. Pantau terus perkembangan dari tumbuh rumput gajah , jika Anda menemui ada rumput gajah terserang gulma maka cabutlah sampai ujung akar rumput yang terserang gulma tersebut. pencabutan ini bertujuan agar tidak menjalar ke rumput yang lainnya.

Demikianlah Pembahasan tentang cara menanam rumput gajah, semoga bermanfaat dan terima kasih

Baca Juga Artikel Lainnya