7 Cara Menanam Sirih agar Cepat Tumbuh

Posted on

BungaBunga.Co. Id – Daun sirih adalah salah satu tanaman yang banyak ditemukan di rumah-rumah. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang sangat khas. Tanaman ini digolongkan sebagai tanaman obat keluarga. Berbagai khasiat ini berasal dari zat yang terkandung dalam daun. Minyak atsiri dan berbagai nutrisi penting lainnya sangat bermanfaat bagi tubuh.

Bentuknya sangat mudah dikenali dengan bentuk hati dan batangnya menjulur dan melilit batang pohon atau tanaman lain yang ada di dekat tanaman ini.

Cara-Menanam-Sirih
Cara Menanam Sirih

Banyak orang yang menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias, sehingga banyak juga yang tertarik dengan cara menanam daun sirih. Jika Anda juga tertarik untuk menanam daun sirih, silakan lihat informasi di bawah ini.

Cara Menanam Daun Sirih

Jenis Sirih

  1. Sirih Jawa, memiliki daun lembut, baunya tidak terlalu menyengat dan berwarna hijau rumput.
  2. Sirih Belanda, berdaun besar, berwarna hijau tua, memiliki rasa pedas dan bau menyengat.
  3. Sirih Cengkeh, daunnya kecil dan berwarna kuning, rasanya mirip seperti cengkeh
  4. Sirih merah, memiliki daun berlendir, rasanya pahit dan memiliki aroma yang khas. Warna daun bagian atas adalah hijau muda dengan pola abu-abu putih, bagian bawah daun berwarna merah hati.
  5. Sirih kuning
  6. Sirih hitam
  7. Sirih Raja

Syarat Hidup

Tanaman sirih tersebar luas hampir di seluruh wilayah Indonesia, tetapi tidak terlalu luas penyebarannya. Tumbuhan ini bisa tumbuh hingga 300 meter di atas permukaan laut. Dan tumbuh liar di hutan hujan dan hutan jati.

Sirih adalah tanaman yang tumbuh dengan sulur-sulur. Jika Anda ingin menanam sirih, ambil bagian atas ujung sulur, sekitar 40-50 cm.

Agar sirih dapat tumbuh dengan baik, tanaman ini membutuhkan sandaran untuk hidup. Tempat sandaran bisa dalam bentuk pohon seperti Kapuk, Dadap, kelor atau Gamal.

Persiapan Media Tanam

Tanaman sirih adalah tanaman yang dapat tumbuh maksimal jika berada di daerah yang dingin atau lebih dari 300 meter di atas permukaan laut. Dan tanaman sirih umumnya tidak terlalu membutuhkan sinar matahari yaitu sekitar 60 hingga 70%.

Tanah yang dibutuhkan adalah tanah lempung liat berpasir atau hanya tanah lempung berpasir, tanah yang umumnya sangat cocok untuk digunakan oleh tanaman obat. PH tanah (keasaman tanah) yang dibutuhkan untuk pertumbuhan daun sirih kembali sekitar 6-7.

Pemilihan Bibit Daun Sirih

  1. Tanaman indukan memiliki pertumbuhan dengan cepat.
  2. Memiliki perdaunan yang bagus dan luas.
  3. Memiliki banyak tunas akar.
  4. Memiliki perbatangan yang baik.
  5. Tidak mudah terserang hama dan penyakit.
  6. Tidak ada cacat atau ubnormal.

Proses Penanaman Sirih

Tanaman sirih yang dijadikan bibit adalah hasil potongan sirih yang panjangnya mencapai 40 hingga 50 cm. Batang sirih tadi dapat kamu tanam sepanjang dua buku. Sisanya bisa kamu ikatkan pada bagian pohon sandaran.

Pilihan lain yang dapat dilakukan adalah memotong sulur yang panjang yang cukup dewasa di pangkalnya.

Daun sirih yang terkandung dalam pokok sulur dihilangkang, lalu pokok sulur dibagi menjadi 3-4 bagian. Kemudian tanam sulur-sulur secara horizontal.

Setelah sulur sudah berakar, dari sulur yang tadi cukup tiga sulur saja yang kamu ikatkan ke sandaran dan biarkan sulur bertumbuh sampai ke atas.

Perawatan Daun Sirih

  1. Kami merekomendasikan menggunakan tanah merah sebagai media utama saat menanam daun sirih, karena ini dapat merangsang pertumbuhan lebih baik daripada jenis tanah lain.
  2. Penyiraman dilakukan dua kali sehari pada pagi dan sore hari tetapi tidak berlebihan. Agar tanah tidak menjadi terlalu lembab dan bisa menyebabkan pembusukan.
  3. Pemupukan hanya terjadi ketika tanaman terlihat kurang subur, jarak pemberian pupuk ke batang pohon kira-kira. 7-10 cm.
  4. Tempat yang bagus adalah tempat yang teduh.
  5. Dianjurkan untuk tidak mengambil daun sirih secara berlebihan setelah panen.

Proses Pemanenan

Panen sirih dapat terjadi setelah tanaman berumur 12 bulan. Produksi sirih yang maksimal akan dipetik jika tanaman sirih sudah bertumbuh hingga ke ujung pohon yang di jadikan sebagai sandaran.

Anda bisa memanen daun yang berasal dari sulur gantung yang hanya terdiri dari 3-4 ruas. Proses panen harus dilakukan pada pagi hari saat daun masih segar.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam daun sirih semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: