10 Cara Menanam Ubi Jalar agar Berbuah Banyak dan Besar

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Cara menanam ubi jalar ternyata sangat mudah, hanya membutuhkan kemauan dan niat, maka semuanya akan berjalan dengan baik dan lancar. Ubi jalar adalah salah satu makanan nabati yang dikenal luas di Indonesia. Karena itu ubi jalar memiliki banyak peminat dan dapat digunakan sebagai sumber pendapatan.

Ubi jalar, yang sering disebut sebagai ketela rambat telah dikenal di seluruh dunia terutama di daerah tropis sejak abad ke-16. Para ahli percaya bahwa tanaman itu berasal dari benua Amerika, terutama di Amerika Tengah.

Cara-Menanam-Ubi-Jalar
Cara Menanam Ubi Jalar

Cara Menanam Ubi Jalar

Pemilihan Lahan

Secara umum, ubi jalar adalah tanaman yang dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan apa pun, baik di dataran tinggi maupun di dataran rendah. Hal ini adalah salah satu keuntungan bagi para pembudidaya penanaman ubi jalar karena mereka tidak harus mencari lokasi dengan iklim tertentu.

Yang paling penting adalah para petani harus ingat bahwa tanaman ubi jalar tumbuh dengan baik ketika mereka terkena sinar matahari yang cukup. Namun, menurut penelitian, lingkungan ideal untuk menanam ubi jalar adalah udara yang panas dan lembab.

Pengolahan Lahan Tanam

Pengolahan lahan tanam untuk budidaya ubi jalar dimulai dengan membajak tanah sehingga tanah menjadi gembur dengan mencangkul atau dengan traktor. Selanjutnya kita membuat bedengan lahan tanam dengan lebar kira-kira. 60 cm dan tinggi kira-kira. 30 cm.

Sementara itu jarak ideal antara bedengan atau gundukan adalah sekitar 70 cm antara bedengan kita buat saluran air. Setelah semua bedengan atau gudukan selesai, kemudian lakukan proses pemupukan.

Pembibitan Ubi Jalar

Sebelum kita membahas tentang teknik penanaman, kita harus terlebih dahulu memahami cara pembibitan ubi jalar, karena ini adalah salah satu tahapan penting dari teknik penanaman ubi jalar yang perlu dipahami. Prosesnya adalah kita lakukan melalui stek. Jadi kita memotong batang tanaman ubi jalar yang dipilih panjangnya sekitar 20 cm, lalu kita kurangi daunnya setelah itu bibitnya bisa disimpan dalam bentuk setek hingga 7 hari.

Teknik Penanaman

Setelah pembibitan dan lahan selesai, kita bisa memulai proses penanaman dengan metode penanaman yang mudah.Cara menanam ubi jalar yaitu dimulai dengan membuat lubang-lubang tanam sedalam 10 cm di sepanjang guludan. Jarak tanam ideal kira-kira. 25 cm, jadi kita membuat lubang dengan jarak ini. Lalu kita tinggal menanam bibit yang sudah disiapkan di lubang tanam.

Perawatan dan Pemeliharaan

Pemupukan Susulan

Pemupukan susulan sangat penting untuk pertumbuhan tanaman ubi jalar agar tumbuh optimal dan kebutuhan nutrisi dalam tanah tercukupi, pemberian pupuk sebaiknya menggunakan pupuk alami yaitu pupuk kandang atau kompos.

Penyiraman

Selanjutnya lakukan penyiraman pada tanaman ubi jalar saat mereka tumbuh Anda dapat menyiraminya sesuai dengan kebutuhan dan cukup sehingga proses pengembangan dan pertumbuhan berjalan cepat dan baik. Biasanya penyiraman hanya dilakukan selama musim kemarau, sementara tidak ada penyiraman selama musim hujan.

Penyiangan

Penyiangan harus dilakukan dengan benar dan tidak boleh mengganggu tanaman ubi jalar. Penyiangan dilakukan dengan membersihkan tanaman rumput liar agar tidak mengganggu ubi jalar.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian hama dan penyakit dilakukan dengan persiapan obat-obatan dan pemeliharaan karena ini sangat penting sehingga hasil yang baik dapat dicapai nanti.

Proses Panen

Panen ubi jalar terjadi setelah ubi jalar cukup besar dan setelah umur 3,5 – 4,5 bulan dan tidak terlalu muda atau terlalu kecil. Anda harus memanen ubi jalar yang besar-besar saja.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam ubi jalar semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya