15 Manfaat Daun Afrika dan Kandungan Daun Afrika

Posted on

Daun Afrika -Tanaman herbal telah lama digunakan dikenal di masyarakat untuk pencegahan dan pengobatan berbagai penyakit, walaupun manfaat kesehatan dari tanaman herbal sering tidak terbukti secara medis dan tidak dapat dipisahkan dari efek samping dari pemakaian.

Salah satu herbal “terpercaya” yang memiliki banyak manfaat adalah daun Afrika. Apa manfaat kesehatan dari daun Afrika?

Daun-Afrika
Daun Afrika

Daun Afrika adalah nama untuk tanaman herbal yang tumbuh di benua Afrika, terutama di Afrika Barat (tepatnya di Nigeria), dan digunakan oleh penduduk setempat sebagai obat tradisional turun temurun.

Kandungan Daun Afrika

Daun Afrika (Vernonia amygdalina) dikatakan memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Ini terkait erat dengan kandungan nutrisi daun Afrika, yang terdiri dari Vitamin A, Vitamin B kompleks, Vitamin C, Vitamin E dan mineral seperti kalium, kalsium, magnesium, natrium, besi dan zinc. Serat , protein dan lemak tak jenuh kemudian melengkapi kandungan nutrisi daun Afrika.

Manfaat Daun Afrika

Mencegah Kanker

Daun Afrika karena mengandung berbagai jenis antioksidan yang berguna dalam melawan serangan radikal bebas. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa daun Afrika menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dan juga dapat membunuh sel kanker di hidung dan tenggorokan.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat lainnya daun Afrika adalah memperlancar pencernaan. Mengonsumsi secara teratur daun Afrika dikatakan untuk memperlancar sistem pencernaan dan pada saat yang sama mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit.

Meskipun orang sering menggunakan daun Afrika untuk mencegah dan mengobati gangguan pencernaan, bukti medis yang mengklaim manfaat kesehatan dari daun Afrika tidak cukup kuat.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Khasiat daun Afrika adalah menurunkan kolesterol darah. Seperti yang kita ketahui, aliran darah kita terganggu ketika kadar kolesterol darah kita tinggi, mengakibatkan beberapa penyakit berbahaya seperti serangan jantung mendadak atau stroke.

Nah, daun Afrika sangat efektif dalam mengatasi kolesterol darah tinggi atau LDL. Anda hanya perlu minum air rebusan daun Afrika secara teratur. Untuk menghilangkan rasa pahit daun Afrika, Anda bisa menambahkan madu dan jeruk nipis atau lemon untuk menyegarkan rasa.

Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu bahan terpenting dalam daun Afrika adalah asam linolenat (omega-3) dan asam linoleat (omega-6), yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh.

Keduanya sangat penting karena mencegah penyakit kardiovaskular seperti gagal jantung, serangan jantung mendadak, dan arteriosklerosis.

Mengatasi Malaria

Daun Afrika banyak digunakan oleh manusia di benua Afrika untuk mengobati malaria, penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang ditularkan oleh nyamuk Anopheles.

Keuntungan daun Afrika dalam pengobatan malaria adalah bahwa mereka mengandung senyawa plasmodik.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat daun Afrika adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Banyak orang di atas usia 50 tahun menderita hipertensi, tentu saja hal ini menyebabkan mudah marah, lepas kendali secara emosional, menyebabkan stroke, dan mengakibatkan kematian. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, Anda bisa merebus daun Afrika.

Menurunkan Resiko Stroke

Stroke dapat menyebabkan cacat permanen, bahkan kematian. Daun Afrika mengandung senyawa yang dapat membantu mencegah stroke dengan memperbaiki sistem metabolisme, menurunkan tekanan darah dan memurnikan lemak dalam pembuluh darah.

Mengobati Luka

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Advanced Pharmaceutical Bulletin, daun Afrika diklaim mempercepat proses pengeringan luka pada kulit.

Tidak hanya itu, diyakini bahwa daun Afrika memiliki efek menenangkan ketika dikonsumsi, yang membantu menjaga tubuh rileks jika terjadi luka.

Mengatasi Imsonia

Daun Afrika juga dapat membantu Anda mengatasi insomnia. selain itu, daun Afrika memiliki efek rileksasi. Caranya adalah memasak beberapa daun Afrika, untuk menerapkan daun Afrika segar dan daun Afrika. Minumlah air rebusan daun afrika sebelum tidur. Lakukan ini selama insomnia belum membaik.

Mengatasi Asam Lambung

Minum ramuan atau seduhan daun Afrika memiliki manfaat untuk asam lambung, karena mampu dengan cepat menetralkan kelebihan asam lambung. Selain itu, daun ini juga dapat menghambat bakteri yang merusak dinding lambung.

Menyembuhkan Flu

Flu bukanlah penyakit berbahaya. Namun, kondisi ini masih membuat kita sulit untuk beraktivitas.

Untuk menyembuhkan flu, Anda bisa mengkonsumsi daun Afrika dengan cara yang sederhana dan efektif. Diyakini bahwa kandungan senyawa flavonoid dalam daun Afrika efektif untuk membasmi virus penyebab flu.

Mengatasi Perut Kembung

Jika Anda menderita perut kembung atau yang juga biasa dikenal dengan bergas atau mengecilkan perut buncit. Nah, daun Afrika dapat membantu Anda mengatasinya. Untuk mengobati kondisi perut seperti itu, gunakan daun Afrika yang diseduh dengan air panas lalu diminum. Madu juga bisa ditambahkan untuk mengurangi rasa pahit daun Afrika.

Mengobati Sakit Ginjal

Kandungan zat penting dalam daun Afrika seperti asam fenolik, asam lemak, vitamin dan antioksidan juga sangat baik untuk ginjal. Namun, sebelum Anda mengkonsumsi daun Afrika untuk perawatan ginjal , hubungi dokter Anda terlebih dahulu.

Mengobati Tifus

Penyakit tifus disebabkan oleh infeksi patogen bakteri, Salmonella typhi. Untuk meredakan gejala saat mempercepat proses penyembuhan penyakit tifus, Anda dapat mengonsumsi ekstrak daun Afrika.

Manfaat kesehatan daun Afrika ditimbulkan oleh sifat-sifat antibakteri dan antibiotik yang efektif melawan bakteri jahat.

Mengobati Radang Persendian

Daun Afrika juga dapat digunakan untuk mengobati radang sendi atau rematik. Metode ini sangat sederhana. Bahkan meminum teh atau air rebusan dari daun Afrika dapat meredakan nyeri sendi.

Jangan lupa untuk minum daun Afrika yang dimasak dengan air secara teratur, sehingga dapat menyembuhkan rematik.

Demikianlah pembahasan tentang daun afrika semoga dapat bermanfaat untuk anda

Related posts: