15 Manfaat Daun Jarak Merah untuk Kesehatan

Posted on

Daun Jarak Merah – Selama penjajahan Jepang, buah dari pohon jarak sering digunakan sebagai bahan bakar untuk kendaraan dan barang perang lainnya. Tentu saja orang sudah sangat mengenal pohon jarak, terutama khasiat daun jatropha merah.

Di Indonesia, tanaman jarak dibagi menjadi empat spesies: Jarak kepyar (Riccius communis Linn), Jarak pagar (Jatropha curpas L) dan jarak Bali (Jatropha podagrica hook) dan juga jarak wuluh atau jarak merah ( Jathropa gossyphofolia L ).

Daun-Jarak-Merah
Daun Jarak Merah

Daun jarak merah mengandung senyawa isagodain, lipid, jatrofik, jatrofeno, jatrofolone A-B, frextine dan alkaloid jatroid. kandungan lain seperti sulfur, tanin dan kalsium oksalat, yang juga ditemukan dalam daun jarak merah, tidak mengherankan bahwa “daun ajaib” ini dapat mengobati penyakit internal dan eksternal.

Manfaat Daun Jarak Merah

Mengobati Penyakit Kulit

Penyakit kulit dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan memengaruhi penampilan. Penyakit yang menyerang permukaan kulit tubuh umumnya disebabkan oleh kebersihan tubuh yang kurang. Penyakit kulit juga dapat terjadi karena jamur, alergi dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Gunakan daun jarak merah ini untuk sembuh dari jamur dan penyakit kulit lainnya. Anda hanya perlu memasak daun jarak merah, yang dipercaya bisa mengobati beberapa jenis penyakit kulit.

Rebus daun jarak merah dengan air jernih dan gunakan air rebusan tersebut untuk menyirami kulit tubuh yang bermasalah.

Meredakan Demam

Demam adalah reaksi tubuh terhadap virus atau infeksi yang ditandai oleh suhu tubuh yang tinggi. Jika ini terjadi pada anak Anda, cobalah untuk tenang agar tidak panik. Biasanya, jika demam, tubuh Anda tidak akan disarankan untuk mandi air dingin untuk mencegah naiknya demam. Namun, untuk meredakan demam, Anda bisa menggunakan air daun jarak merah untuk mengurangi demam pada anak-anak.

Cara menggunakan daun jarak merah untuk mandi adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan beberapa daun jarak merah secukupnya. ada juga yang menyarankan agar Anda dapat menggunakan 15 lembar daun jarak merah.
  2. Cuci daun jarak merah di bawah air mengalir
  3. Rebus daun jarak merah dengan air secukupnya hingga mendidih
  4. Untuk mandi, gunakan air daun jarak merah untuk menurunkan demam pada anak-anak.

Mengobati Sembelit

Masalah pencernaan seperti sembelit bisa sangat menjengkelkan dan bahkan menyebabkan mereka yang terkena dampak pergi ke kamar mandi, mengakibatkan aktivitas atau pekerjaan yang sangat mengganggu. Jika tinja mengeras dan sulit dihilangkan, masalah sembelit dapat menyebabkan rasa sakit.

Nah, Anda tidak selalu harus bergantung pada obat-obatan kimia, Anda bisa menggunakan metode alami untuk menyembuhkan sembelit dengan cepat, menggunakan daun jarak merah. Bagaimana cara menggunakannya:

  1. Pertama, Sediakan 3 lembar daun jarak merah segar.
  2. Kemudian bersihkan daun jarak merah dengan air mengalir.
  3. Kemudian oleskan daun jarak merah dengan minyak kelapa murni.
  4. Lalu panaskan daun jarak merah hanya dengan api kecil, sehingga daun jarak tersebut layu.
  5. Matikan api. Jika daun jarak merah masih hangat, letakkan di perut segera (pastikan daunnya tidak terlalu panas sehingga tidak membuat perut sakit).

Mengobati Memar

Memar adalah cedera kulit yang disebabkan oleh benturan yang menghancurkan pembuluh darah kecil di bawah jaringan. Memar yang disebabkan oleh benturan dengan benda-benda keras terkadang menyebabkan bekas luka yang sakit saat ditekan. Solusi pengobatan memar dengan menggunakan daun jarak merah sebagai obat tradisional untuk mengatasinya. Caranya berikut ini bisa diikuti.

  1. Siapkan 3 lembar daun jarak merah segar dan siram sampai bersih dengan air mengalir
  2. Hancurkan daun jarak merah dan campur dengan minyak kelapa secukupnya
  3. Selanjutnya, oleskan tumbukan daun jarak merah ke luka yang memar

Meredakan Rasa Nyeri

Rasa nyeri, seperti rasa nyeri pada tulang atau bagian lain dari tubuh, bisa sangat menyakitkan dan mengganggu aktivitas atau pekerjaan sehari-hari. Rasa nyeri pada tubuh dapat dikurangi dengan daun jarak merah ini.

Untuk menghilangkan rasa nyeri, gunakan daun jarak merah ini dan masak daun jarak merah. Jika daun jarak merah sudah hangat, oleskan ke bagian tubuh yang nyeri.

Demikian juga, air rebusannya, yang hangat bisa direndam di tubuh yang terasa nyeri. Manfaat dari cara ini membantu menghilangkan rasa nyeri.

Mengobati Penyakit Hernia

Hernia, atau lebih dikenal sebagai turun Beok, adalah penyakit yang terjadi ketika organ-organ dalam tubuh menekan dan mencuat melalui titik lemah atau celah di permukaan tubuh. Dipercaya juga bahwa daun jarak merah berkontribusi terhadap pengobatan hernia dengan cara-cara berikut.

  1. Siapkan sekitar 10 daun jarak merah dan cuci sampai bersih
  2. Campur daun jarak merah dengan sedikit garam dan hancurkan sampai halus dan lembut
  3. Tempelkan daun jarak merah di tengah-tengah telapak tangan dan telapak kaki
  4. Cobalah untuk melakukan perawatan ini secara teratur, setidaknya sekali sehari selama dua bulan

Mengobati Sakit Gigi

Anda dapat menggunakan daun jarak merah untuk mengobati rasa sakit pada gigi Anda. Anda bisa menggunakannya untuk membuat daun jarak merah sebagai obat kumur.

Rasa sakit pada gigi menyebabkan kondisi gigi semakin sakit, yang terkadang tak tertahankan. Kegunaan daun jarak merah juga bisa menghentikan pendarahan gusi.

Mengobati Masuk Angin

Manfaat lain dari daun jarak merah adalah membantu mengatasi masuk angin, terutama pada bayi. Penggunaan daun jarak merah sebagai obat untuk pengobatan angin

Caranya Sebagai Berikut:

  1. Ambil 2-3 lembar daun jarak merah dan cuci sampai bersih
  2. Lapisi daun jarak merah dengan minyak
  3. Panaskan daun hingga layu selama 1-2 menit dengan api
  4. Setelah memanaskan daun secara merata, tempelkan daun jarak merah di punggung bayi untuk mengobati masuk angin

Mengatasi Luka Gigitan Ular dan Kalajengking

Ular dan kalajengking adalah dua binatang yang bisa melukai tubuh manusia dengan mematuk. Untuk menyembuhkannya, Anda mungkin bisa menggunakan daun jarak merah sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan ular dan kalajengking.

Hal Ini karena daun jarak merah dipercaya dapat membantu membersihkan dan menyembuhkan gigitan ular dan kalajengking.

Menghentikan Pendarahan Pada Gusi

Untuk menghentikan gusi berdarah dengan daun jarak merah, Caranya daun jarak merah direbus untuk memasaknya. Setelah air rebusan mendidih, tunggu sampai hangat. Gunakan air mendidih sebagai obat kumur yang berkhasiat untuk mengatasi pendarahan gusi.

Mencegah Kuman dan Bakteri

Diyakini bahwa daun jarak merah membantu mengatasi kuman dan bakteri, yang merupakan sumber penyakit bagi tubuh. Untuk menggunakannya, cukup gunakan air rebusan jarak merah untuk air mandi Anda.

Menetralkan Racun

Keuntungan lain yang bisa dicapai dengan menggunakan daun jarak merah adalah netralisasi racun. Dikatakan bahwa daun jarak merah membantu menghilangkan racun dalam tubuh sehingga mereka tidak berkembang menjadi zat berbahaya.

Membantu Melancarkan BAB

Karena dapat membantu mengatasi sembelit, dipercaya bahwa daun jarak merah juga membantu memperlancar buang air besar Anda. Dipercayai bahwa daun jarak merah memberikan solusi untuk melancarkan buang air besar tanpa menimbulkan efek samping.

Mengatasi Pendarahan

Penggunaan daun jarak merah untuk mengobati perdarahan digunakan dalam pengobatan perdarahan pada luka dan perdarahan yang terjadi pada mimisan. Daun ini membantu tubuh dalam pembekuan darah.

Obat Pencahar Lambung

Khasiat daun jarak merah dapat digunakan sebagai obat pencahar lambung. Daun ini mengatasi masalah kesehatan di perut seperti mual dan juga rasa sakit. Manfaat Daun ini akan membuat perut Anda sehat.

Demikianlah pembahasan tentang daun jarak merah semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya