15 Manfaat Daun Ketumbar (Wansui) untuk Kesehatan

Posted on

Daun Ketumbar/ Wansui – Di sekitar Anda ada beragam herbal yang biasa digunakan sebagai herbal. Tanaman herbal tidak hanya dalam bentuk akar, tetapi juga dalam bentuk daun. Salah satunya adalah daun ketumbar atau biasa disebut Coriander leaves dalam bahasa Inggris.

Daun ketumbar memiliki bentuk yang hampir sama dengan seledri. Ketumbar, namun, daun ketumbar memiliki rasa dan bau yang cendering langu. Daun ketumbar juga memiliki khasiat yang tidak kalah dengan sayuran berdaun lainnya.

Daun-Ketumbar
Daun Ketumbar

Manfaat Daun Ketumbar

Antioksidan

Banyak penelitian menunjukkan bahwa daun ketumbar memiliki aktivitas antioksidan yang lebih tinggi daripada biji. Ini karena senyawa asam caffeic dan chloro-acid dapat menghambat radikal bebas yang dapat menyebabkan oksidasi, terutama pada kulit.

Jadi, Sering mengkonsumsi daun ketumbar dapat melindungi kulit Anda dari kerutan yang disebabkan oleh proses oksidasi radikal bebas yang sangat berbahaya.

Sebagai Antibiotik

Setelah penelitian tentang daun ketumbar telah ditemukan bahwa ada senyawa antibiotik, dodecenal, yang telah diuji di laboratorium. Hasil penelitian itu mengesankan, menunjukkan bahwa kadar antibiotik dua kali lebih kuat dari gentamicin, antibiotik yang digunakan untuk membunuh bakteri makanan, salmonella.

Mengurangi Peradangan

Sifat anti-inflamasi daun ketumbar dapat membantu pasien radang sendi mengurangi pembengkakan sendi. Selain itu, daun ini juga dapat membantu menyembuhkan rematik.

Daun ketumbar dapat dikonsumsi dengan meminum air rebusannya. Selain metode ini, Anda juga bisa mengeringkannya dan menggunakannya sebagai bubuk untuk menaburkan diatas masakan atau makanan.

Mencegah Batu Ginjal

Daun ketumbar bertindak seperti diuretik alami, artinya bermanfaat untuk mengeluarkan lebih banyak urin. Daun ketumbar juga dapat mendetoksifikasi ginjal Anda untuk mencegah penyakit batu ginjal.

Mengatasi Gangguan Kulit

Daun ketumbar dipenuhi dengan sifat antijamur, antiseptik, detoksifikasi dan desinfektan yang mengobati dan sepenuhnya menyembuhkan kondisi kulit. Jadi jika Anda menderita gatal-gatal atau ruam, minum segelas jus daun ketumbar atau membuat pasta dari daun dan oleskan ke daerah yang terkena.

Anti Kanker

Daun ketumbar adalah salah satu herbal yang bisa melawan kanker. Sifat antioksidan ketumbar, termasuk kandungan beta-karoten, vitamin C dan E, asam caffeic, asam ferulic, quercetin dan kaempferold, sangat baik sebagai zat yang dapat membunuh penyebab kanker. Zat ini sangat efektif dalam menekan dan mengurangi risiko stres oksidatif pada sel-sel karsinogenik (yang menyebabkan kanker).

Mencegah Gangguan Mata

Daun ketumbar juga mengandung antioksidan, dan salah satu manfaat ketumbar adalah menjaga kesehatan mata dan meminimalkan risiko gangguan penyakit mata atau masalah pada mata.

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol adalah lemak esensial yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti gagal jantung, stroke, dan diabetes. Daun Ketumbar secara alami menurunkan gula darah karena mengandung natrium dan kalium.

Terapi Relaksasi

Daun ketumbar juga mengandung senyawa kaemferol yang dapat merangsang pembentukan senyawa serotonin dan dopamin yang dapat memberikan rasa senang.

Hal Ini sangat berguna untuk mengatasi masalah stres secara alami tanpa menggunakan anti-depresan. Selain itu, senyawa ini juga dapat mempercepat pembakaran glukosa menjadi energi, sehingga tidak banyak sisa karbohidrat yang disimpan tubuh menjadi lemak.

Anti Mikroba

Daun ketumbar mengandung minyak esensial dengan sifat antimikroba, menjadikannya ramuan yang sangat berguna yang dapat digunakan dalam infeksi jamur, bakteri atau ragi dalam kondisi tubuh.

Mencegah Penyakit Alzheimer

Berkat tingginya kandungan vitamin K dalam daun ketumbar, berguna untuk mengurangi kerusakan saraf yang dapat memicu timbulnya penyakit Alzheimer.

Menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Logam berat seperti merkuri, aluminium, dan timbal terakumulasi dalam tubuh manusia untuk waktu yang lama. Secara bertahap, logam dan racun ini dapat menyebabkan penyakit seperti infertilitas, autisme, dan demensia. Anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi rebusan daun ketumbar

Menjaga Kesehatan Kulit

Kemampuan daun ketumbar mengandung berbagai bahan unggulan, yaitu disinfektan, detoxifiers, antiseptik, antimikotik dan antioksidan. Ketumbar sangat ideal untuk membersihkan gangguan kulit seperti eksim, kekeringan dan infeksi jamur.

Mengurangi Nyeri Saat Haid

Khasiat daun ketumbar mengandung beragam asam yang cukup tinggi, yang dapat membantu mengeluarkan hormon dan mengatur siklus menstruasi. Selain itu, daun ketumbar dapat membantu meringankan rasa sakit saat menstruasi.

Mencegah Osteoporosis

Tingginya kandungan vitamin K dalam daun ketumbar tidak hanya baik untuk kesehatan tulang, tetapi juga memainkan peran penting dalam pencegahan pembekuan darah.

Demikianlah pembahasan tentang daun ketumbang/wansui semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: