Daun Ungu untuk Wasir dan Cara Mengobatinya

Posted on

Daun Ungu untuk Wasir – Daun ungu atau masyarakat Sunda menyebutnya dengan nama Handeuleum. Ini adalah jenis tanaman obat yang berasal dari Papua Nugini dan Polinesia dan kemudian menyebar ke Indonesia.

Banyak juga yang percaya bahwa daun ungu memiliki khasiat yang baik untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Salah satunya dapat digunakan untuk mengobati wasir atau ambeien. Wasir, atau dalam istilah medis disebut inhiboroid, adalah jenis penyakit yang terjadi di daerah anus.

Khasiat-Daun-Ungu
Khasiat Daun Ungu

Secara umum, wasir ini terjadi ketika pembuluh darah di daerah anus meningkat dan membesar terutama di anus dan rektum. Wasir juga dibagi menjadi dua jenis, yaitu wasir luar dan wasir dalam. Karena keadaan wasir luar terjadi di bagian bawah kulit, tepat di daerah luar permukaan rektum.

Tidak hanya menimbulkan rasa sakit, wasir juga bisa gatal, terutama saat buang air besar. Jenis wasir ini agak lunak bahkan ketika disentuh dengan tangan. Biasanya berwarna ungu, bulat dan terkadang kemerahan.

Yang kedua adalah wasir dalam, yang terjadi di daerah rektum. Tidak seperti wasir luar, wasir dalam ini sering tidak menimbulkan rasa sakit. Mereka yang terkena dampak hanya dapat menyadari masalah yang terjadi ketika darah keluar dari rektum.

Cara Mengobati Wasir dengan Daun Ungu

Wasir juga merupakan masalah bagi setiap penderita. Akibatnya, penderita sering merasa gelisah dan tidak nyaman akibat kondisi wasir ini. Penderita juga sering mengalami kebingungan ketika harus menjalani perawatan.

Karena jika dilakukan pengobatan yang salah, hanya akan membuat kondisi wasir yang memburuk. Berikut rekomendasi untuk pengobatan wasir alami Anda dengan tanaman obat herbal. Yakni daun ungu, seperti yang disebutkan di atas.

Berdasarkan penelitian oleh Idha Kusumawati dari Universitas Airlangga di Surabaya, daun ungu yang memiliki salah satu sifat yang dapat mengurangi pembengkakan atau memiliki efek antiinflamasi. Sekarang Anda dapat melakukan langkah-langkah sederhana berikut untuk cara mengolahnya itu sendiri:

  1. Siapkan daun ungu secukupnya, daun kunir 5 gram, temu putih dan daun pegagan
  2. Pertama-tama cuci semua bahan
  3. Kemudian kunyit, temu putih dan pegagan direbus dalam air sebanyak 600-800 ml
  4. Setelah mendidih, tambahkan daun ungu dan kecilkan api
  5. Tunggu sebentar lalu tuangkan ramuan ke dalam gelas
  6. Minum rebusan tersebut 2 hingga 3 kali sehari, tergantung pada tingkat keparahan wasir Anda
  7. Lakukan pengolahan ramuan ini pada dosis yang tepat untuk mempertahankan khasiatnya.

Manfaat Daun Ungu Lainnya

Melembutkan Kulit

Dalam daun ungu mengandung emolien, yang sangat penting sebagai solusi kecantikan kulit. Daun ungu dapat mencegah dan mengurangi dehidrasi kulit dan melindungi kulit dari panas dan terik matahari, sehingga kelembaban kulit tetap terjaga lebih lama.

Mengobati Diabetes

Diabetes atau penyakit gula menyulitkan orang untuk mengkonsumsi apa yang menjadi favorit mereka. Tapi jangan khawatir, daun ungu bisa menjadi solusinya dan Anda bisa merebus air rebusan daun ungu yang perlu Anda minum sekali sehari untuk menormalkan dan menstabilkan kadar gula darah.

Menyembuhkan Luka

Untuk menghilangkan bekas luka lama dan sekaligus mempercepat proses penyembuhan borok, daun ungu ini juga bisa digunakan sebagai pengobatan alami. Menggunakan daun ungu juga sangat mudah, yaitu dengan menghaluskan beberapa helai daun ungu dengan sedikit air lalu menempel pada bekas luka atau borok. Lakukan metode ini secara teratur setiap hari sampai borok bisa hilang.

Menurunkan Demam

Sifat antipiretik dibawa oleh daun ungu, sehingga pasien demam yang ingin mengurangi demam secara alami tanpa paracetamol dapat menggunakan daun ajaib ini. Cukup merebus daun ungu secukupnya dan minum air rebusannya. Suhu tubuh yang tinggi dapat menurun dengan sendirinya. Tentu saja, ini harus disertai dengan istirahat yang cukup.

Menghilangkan Bisul

Daun ungu juga bisa digunakan untuk mempercepat pematangan bisul sehingga bisa kempes dan hilang. Menggunakan Daun Ungu sebagai obat bisul sama dengan menyembuhkan borok dengan menempelkan daun ungu yang dihancurkan menjadi pasta dengan sedikit air dan menempelkannya langsung ke area bisul.

Mengatasi Peradangan

Selain sifat antipiretik, daun ungu juga memiliki sifat antiradang atau antiinflamasi. Ini berarti bahwa semua bentuk kondisi peradangan tidak menular dalam tubuh (yang tidak disebabkan oleh mikroorganisme spesifik) dapat diatasi dengan daun ungu. Apakah sebagai obat luar atau sebagai obat minum, daun ungu dapat digunakan secara baik.

Memperlancar Haid

Daun ungu memiliki manfaat khusus untuk wanita, yaitu memperlancar menstruasi. Tidak hanya itu dapat memperlancar menstruasi, tetapi daun ungu juga dapat mengatasi berbagai masalah menstruasi seperti sakit kepala dan kram, sambil menghilangkan rasa sakit menstruasi. Caranya, rebus 10 hingga 15 gram daun ungu dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Minumlah air rebusan daun ungu sebelum dan selama menstruasi.

Memperlancar Buang Air Kecil

Khasiat bagus lainnya yang dibawa daun ungu adalah diuretik yang dapat memperlancar buang air kecil bagi Anda yang sering rentan mengalami ayang-ayangan. Karena bersifat diuretik, Anda yang mengonsumsi air rebusan daun ungu yang sebenarnya akan mengalami tingkat urine yang lebih tinggi di dalam tubuh. Namun, jika buang air kecil menjadi lancar, jangan menahannya dan segera keluarkan sehingga bakteri tidak bisa berkembang biak.

Mencegah Sakit Monopause

Tanaman dengan daun ungu tidak hanya dapat memperlancar menstruasi, tetapi juga meringankan rasa sakit menopause. Terkadang wanita di masa menopause dini juga menderita rasa sakit yang bisa dicegah dengan daun ungu. Air rebusan daun ini bisa diminum secara teratur untuk mengatasi rasa sakit yang ditimbulkan.

Mengatasi Bengkak

Untuk ibu menyusui, terutama mereka yang menyusui secara eksklusif, ada potensi besar untuk payudara membengkak. Karena menjadi tidak nyaman dan mengganggu aktivitas menyusui, Anda bisa mengobati pembengkakan ini dengan daun ungu dengan menyiapkannya sebagai lalapan atau dengan memasaknya terlebih dahulu lalu minum airnya.

Demikianlah pembahasan tentang daun ungu untuk wasir semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: