15 Manfaat Labu Kuning dan Kandungan Labu Kuning

Posted on

Labu Kuning – Sebagian besar dari Anda pasti sudah tahu labu kuning. Karena makanan ini sering menjadi campuran es buah ketika Anda memakannya saat berbuka puasa. Labu Kuning, yang biasa dikenal dengan nama Waluh, memang memiliki rasa yang unik.

Labu kuning kuat dengan rasa yang khas, tetapi rasa khasnya tidak mati bila dicampur dengan semua jenis minuman. Anda bisa memakannya dengan es buah, Kolak Waluh, serta roti dan berbagai Getuk Waluh.

Labu-Kuning
Labu Kuning

Labu Kuning tidak hanya buah dengan bentuk yang menggemaskan dan rasanya yang lezat, tetapi juga memiliki beragam manfaat kesehatan. Buah, yang sering digunakan sebagai bahan dalam pengolahan makanan penutup, mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Kandungan Labu Kuning

Labu kuning atau dikenal dengan waluh adalah sejenis famili Cucurbitaceae atau suku labu-labuan. Buah ini awalnya berasal dari Amerika, tetapi sekarang telah menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Labu kuning dapat tumbuh di daerah dengan iklim hangat.

Di Indonesia, labu paling umum digunakan sebagai bahan makanan. hal Ini tentu sangat baik, karena labu kuning memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Menurut Health Line, Sebanyak 245 gram labu kuning dapat memasok 245% vitamin A, yang berarti 100 gram labu kuning dapat memenuhi kebutuhan harian akan vitamin A.

Selain itu, labu kuning juga mengandung vitamin lain seperti vitamin C, vitamin E, vitamin B2 dan vitamin B. Labu kuning juga mengandung berbagai mineral seperti kalium, tembaga, mangan, dan besi. Buah yang satu ini juga mengandung magnesium, fosfor, zinc, vitamin B6, vitamin B5, vitamin B3 dan asam folat, meskipun jumlahnya rendah.

Kandungan lain dari labu kuning adalah beta-karoten, pigmen warna alami yang ditemukan pada tanaman. Jenis karotenoid lain dalam labu kuning adalah lutein dan zeaxhantin. Labu kuning juga mengandung asam amino omega-3 dan omega-6 yang baik untuk tubuh.

Manfaat Labu Kuning

Labu kuning adalah buah yang sangat kaya akan nutrisi, tidak heran jika konsumsi labu kuning dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat labu kuning

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat pertama labu kuning adalah menjaga kesehatan mata. Secara umum, seseorang berkurang penglihatan matanya mereka seiring bertambahnya usia. Namun, ini tidak berarti bahwa seseorang tidak memiliki potensi untuk masalah penglihatan pada usia muda. kebiasaan membaca yang salah, Paparan layar dengan ponsel dan layar komputer, serta kebiasaan lain juga dapat menyebabkan penyakit mata.

Kandungan vitamin A dan beta-karoten dalam labu kuning dapat membantu mencegah gangguan fungsi mata. Juga diyakini bahwa kadar lutein dan zeaxhantin dalam labu kuning mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak.

Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat labu kuning berikutnya adalah pemeliharaan sistem pencernaan. Diyakini bahwa kandungan serat yang tinggi dalam labu kuning dapat menopang kerja sistem pencernaan dan mengatasi masalah seperti sembelit. Labu kuning juga mengandung antioksidan, sehingga bisa mengurangi risiko berbagai gangguan pencernaan.

Baik untuk Penderita Diabetes

Salah satu makanan yang baik untuk penderita diabetes adalah kandungan tinggi serat dan labu kuning adalah salah satunya. Penderita diabetes umumnya perlu mengganti nasi dengan karbohidrat jenis lain. Meskipun belum diketahui bagaimana labu kuning dapat mempengaruhi gula darah, labu kuning tetap menjadi makanan yang baik untuk penderita diabetes.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat lain dari labu kuning adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium dalam labu kuning dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, labu kuning juga mengandung serat dan vitamin C, yang juga merupakan nutrisi yang baik untuk pemeliharaan jantung.

Serat makanan bisa mencegah pembentukan kolesterol jahat di pembuluh darah. Sementara vitamin C bertindak sebagai antioksidan, vitamin C mencegah kerusakan sel.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Serat tinggi dalam labu kuning juga membuat buah ini dapat menurunkan berat badan, untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Labu kuning diserap ke dalam sistem pencernaan sehingga membuat kenyang lebih lama. Buah ini juga memiliki kandungan kalori rendah, sehingga sangat cocok untuk masuk ke dalam diet untuk menurunkan berat badan.

Menjaga Kesehatan Seksual Pria

Manfaat lain dari labu kuning bisa didapat dari biji. Ya, labu kuning tidak hanya dapat dikonsumsi daging buahnya saja, tetapi juga bijinya. Biji labu kuning dianggap mengandung banyak zinc untuk meningkatkan kualitas sperma. Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa anti-oksidan dalam labu juga dapat mencegah gangguan prostat.

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat lainnya labu kuning adalah menjaga kesehatan kulit. Kandungan beta-karoten dalam labu kuning diyakini merupakan tabir surya alami yang dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Vitamin C yang terkandung dalam labu kuning juga dapat membantu mempertahankan produksi kolagen, yang merupakan salah satu protein utama kulit.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang berkurang membuat seseorang rentan terhadap berbagai penyakit. Manfaat penting lain dari labu kuning adalah memperkuat kekebalan tubuh. Tingkat anti-oksidan dalam labu kuning dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis. Juga diyakini bahwa makanan yang mengandung antioksidan adalah agen antikanker.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat lainnya labu kuning adalah dapat meningkatkan kualitas tidur. Labu kuning mengandung asam amino yang dapat mendukung produksi hormon serotonin dalam tubuh. Serotonin adalah hormon yang dapat menyampaikan rasa tenang dan nyaman. Tidak hanya dianggap membuat Anda tidur lebih baik, juga dipercaya bahwa serotonin mencegah depresi.

Menangkal Radikal Bebas

Manfaat labu kuning juga memiliki senyawa antioksidan. Ini sangat berguna untuk menangkis atau melawan radikal bebas yang menyerang Anda hampir setiap hari. Apalagi jika Anda adalah tipe yang sering aktif di luar ruangan dan di bawah terik matahari.

Tampak Awet Muda

Makanan yang banyak diminati kini memiliki keuntungan membuat Anda terlihat muda. Salah satu khasiat vitamin yang sangat membantu dalam hal ini adalah vitamin E. Kandungan 0,44 gram cukup untuk membantu Anda awet muda. Karena vitamin ini menjaga kekencangan kulit Anda.

Mencegah Hipertensi

Salah satu penyakit paling degeneratif yang diderita orang Indonesia adalah Hipertensi atau tekanan darah tinggi. Ini biasanya mempengaruhi seorang wanita dewasa setelah dia mengalami menopause. Kehadiran potasium dapat mengurangi risiko penyakit ini.

Mengobati Sembelit

Sembelit adalah penyakit yang menyerang organ pencernaan dan menyulitkan buang air besar. Bahkan sampai berdarah jika buang air besar. Anda bisa mengobatinya dengan manfaat labu kuning untuk kesehatan Anda. Karena kandungan serat yang dikandungnya dapat mempercepat proses pencernaan Anda.

Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Manfaat labu kuning untuk bayi juga baik dan cocok untuk anak-anak di masa pertumbuhan. Karena ada kandungan kalsium dan fosfor. Ketika dua zat ini berinteraksi, mereka membantu membangun dan memperkuat tulang dan gigi. Untuk alasan ini, manula sangat disarankan untuk mengonsumsi kalsium dan susu yang mengandung fosfor.

Mangatasi Kanker

Pasien kanker sangat berisiko dalam hal menelan makanan yang masuk ke dalam tubuh mereka. Mereka sangat khawatir tentang itu. Menu yang baik untuknya adalah labu kuning. Karena kandungan beta-karoten dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: