Macam Macam Bunga Hias Lengkap Gambar dan Penjelasannya

Posted on

Macam Macam Bunga Hias Lengkap Gambar dan Penjelasannya – Mempunyai bunga hias dirumah maupun di pekarangan taman rumah bukan saja dapat mempercantik rumah tetapi juga dapat memberi banyak manfaat, seperti dapat menyejukkan rumah, menyerap polusi dan masih banyak manfaat lainnya. Selain itu juga bunga sangat mudah ditemukan dan didapatkan

Berikut Ini Beberapa Macam Jenis Bunga Hias

1. Bunga Mawar

Bunga-Mawar
Gambar Bunga Mawar

Bunga cantik yang satu ini sering digambarkan sebagai lambang cinta tidak heran bunga ini banyak menjadi favorit para pecinta bunga hias, warnanya yang cerah mencolok dan wangi harum dari bunga ini menjadi daya tarik bagi penggemar bunga hias.

2. Bunga Melati

Bunga-Melati
Gambar Bunga Melati

Bunga yang tumbuh merambat ini masih termasuk keluarga dari zaitun, bunga yang satu ini begitu populer bagi pecinta bunga hias karena memiliki wangi yang khas dan berkesan lembut, varian warna yang beragam menjadi daya tarik dari bunga satu ini.

3. Bunga Anggrek

Bunga-Anggrek
Gambar Bunga Anggrek

Bunga hias yang satu ini juga merupakan favorit para pecinta bunga hias, bunga ini memiliki banyak macam warna dan jenis selain itu bunga ini juga sangat mudah untuk didapatkan.

4. Bunga Tapak Dara

Bunga-Tapak-Dara
Gambar Bunga Tapak Dara

Bunga ini berasal dari madagaskar kemudian penyebarannya sampai ke daerah tropis, bentuk dari khas dari bunga ini yaitu daunnya yang berbentuk telur, bunga ini dapat lebih tumbuh secara optimal pada tempat terbuka tetapi dapat tumbuh juga pada tempat yang lembab, perawatan bunga ini juga tidak sulit cukup diberi pupuk dan disiram setiap pagi.

5. Bunga Kadumpul

Bunga-Kadumpul
Gambar Bunga Kadumpul

Bunga ini ditemukan di negara sri langka, bunga yang satu ini memiliki keindahan, bentuk serta aroma yang fantastis, wangi bunga ini bisa menenangkan, bunga nya hanya mekar beberapa jam saja selama setahun sehingga bunga ini menjadi salah satu bunga termahal didunia.

6. Bunga Adenium

Bunga-Adenium
Gambar Bunga Adenium

Bunga Adenium atau yang biasa disebut sebagai bunga kamboja jepang, walaupun bunga ini bernama kamboja jepang tetapi sebenarnya bunga ini bukan berasal dari jepang melainkan berasal dari afrika dan asia barat, sebutan lain dari bunga ini adalah mawar padang pasir karena bunga ini tumbuh pada tempat yang kering. bentuk akar bunga ini yang membesar seperti umbi berfungsi sebagai tempat candangan penyimpanan air, Daunnya berbentuk lonjong, runcing, kecil, bentuk dari bunga nya berbentuk seperti terompet dan berkelopak 5 dengan berbagai varian warna.

7. Bunga Dendrobium

Bunga-Dendrobium
Gambar Bunga Dendrobium

Bunga anggrek yang satu ini memiliki bentuk yang unik yaitu mirip dengan bintang dengan warna putih dan corak ungu, bunga ini dapat tumbuh didataran tinggi maupun dataran rendah, bunga jenis ini begitu populer.

8. Bunga Anthurium

Bunga-Anthurium
Gambar Bunga Anthurium

Bunga anthurium memiliki lebih dari 1000 spesies, daya tarik dari bunga ini adalah bentuk daun nya yang unik dan bervariasi dengan warna daun yang hijau tua dan mentuk urat daun yang besar, anthurium memiliki bunga yang sangat indah dan cantik sehingga sangat cocok untuk dijadikan bunga hias.

9. Bunga Dahlia

Bunga-Dahlia
Gambar Bunga Dahlia

Bunga ini dikenal sebagai bunga hias yang cantik dan indah, oleh karena itu bunga ini merupakan favorit dari para pecinta bunga hias selain itu cara perawatan yang mudah dan juga gampang ditanam, tetapi bunga ini lambat dalam hal pertumbuhannya.

10. Bunga Kemuning

Bunga-Kemuning
Gambar Bunga Kemuning

Bunga kemuning memiliki ciri yaitu bunga nya yang tidak begitu besar serta termasuk bunga yang tahan terhadap panas, bunga kemuning memiliki warna putih yang khas dan aroma yang wangi terutama pada malam hari. bunga kemuning biasanya ditanam diteras rumah karena bunga kemuning dapat tumbuh secara optimal jika terkena paparan sinar matahari langsung.

11. Bunga Gloriosa

Bunga-Gloriosa
Gambar Bunga Gloriosa

Bunga yang berasal dari afrika ini merupakan jenis bunga hias yang langka hal ini dikarenakan proses pertumbuhannya yang lambat dan susah dalam penyebarannya. diindonesia sendiri bunga ini dikenal dengan nama bunga sumsang, Karena langkanya bunga ini maka bunga ini menjadi salah satu bunga hias yang mahal.

12. Bunga Hydrangea

Bunga-Hydrangea
Gambar Bunga Hydrangea

Bunga hydrangea atau bunga hertensia, diindonesia sendiri bunga ini memiliki banyak sebutan seperti kembang bokor ada juga yang menyebut sebagai bunga tiga bulan, disulawesi sendiri bunga ini dikenal sebagai bunga masamba. Bunga ini berasal dari asia timur dan selatan serta amerika utara dan selatan, bunga ini memiliki bentuk rangkaian bunga yang membulan dengan warna identik putih, tetapi ada juga warna lainnya seperti ungu, biru, merah mudah dan merah jambu.

13. Bunga Kantong semar

Bunga-Kantong-Semar
Gambar Bunga Kantong Semar

Nama Latin bunga ini adalah nepentes, Bunga yang unik ini memiliki bentuk seperti kantong yang perfungsi sebagai penangkap berbagai jenis serangga karena bunga ini adalah bunga karnivora, Bunga kantong semar mencari mangsa dengan memancing dengan kantong nya yang berbau khas.

14. Bunga Gelombang Cinta

Bunga-Gelombang-Cinta
Gmbar Bunga Gelombang Cinta

Bunga gelombang cinta ini begitu populer ditahun 2010-an hal iniĀ  dibuktikan dengan harga nya yang begitu mahal, tetapi sekarang bunga ini menjadi tidak mahal karena bunga ini sangat mudah dibudidayakan, bunga gelombang cinta begitu indah begitu juga dengan daunnya yang memiliki bentuk bergelombang.

15. Bunga Lisianthus

Bunga-Lisianthus
Gambar Bunga Lisianthus

Bunga lisianthus atau bunga eustoma adalah bunga cantik yang populer dikalangan pecinta bunga hias, Varian yang banyak dan bentuk yang unik menjadikan bunga ini termasuk bunga yang memiliki harga yang lumayan mahal, bunga lisianthus sangat cocok menghiasi pekarangan taman anda dengan warna-warna terang yang dapat memanjakan mata anda.

16. Bunga Lily

Bunga-Lily
Gambar Bunga Lily

Bunga ini begitu populer bagi kalangan pecinta bunga hias, memiliki warna putih cerah serta aroma yang khas menjadikan bunga ini begitu menawan, Bunga ini biasa nya berbunga pada bulan mei, tetapi kita harus berhati-hati dalam memetik bunga ini karena rentan mati jika tidak dilakukan dengan cara yang benar.

17. Bunga Saffron Crocus

Bunga-Saffron-Crocus
Gambar Bunga Saffron Crocus

Bunga ini Merupakan jenis bunga hias yang lumayan mahal harga nya hal ini karena selain dijadikan tanaman hias bunga ini juga bisa dijadikan sebagai rempah-rempah atau bahan suatu masakan, Rempah-rempah dari bunga ini juga sangat mahal sehingga hanya sedikit orang yang menanam bunga hias yang satu ini.

18. Bunga Tulip

Bunga-Tulip
Gambar Bunga Tulip

Bunga tulip pada awal nya ditemukan didaerah turki kemudian dibawa kebelanda untuk dibudidayakan, Bunga ini Begitu cantik dengan bunga yang berbentuk kuncup dan beraneka ragam warna nya ini sangat populer hal ini menjadikan bunga ini salah satu bunga yang paling banyak dibudidayakan oleh manusia.

19. Bunga Bougenville

Bunga-Bougenville
Gambar Bunga Bougenville

Bunga yang berasal dari amerika selatan ini biasanya tumbuh menghiasi jalanan, Bunga bougenville biasa juga disebut bunga kertas karena Kelopak bunganya yang seperti kertas, bunga ini juga sangat gampang dalam perawatan nya karena tidak memerlukan perawatan yang khusus.

20. Bunga Asoka

Bunga-Asoka
Gambar Bunga Asoka

Bunga yang begitu populer diindonesia ini sesungguh nya bukan bunga asli indonesia, sangat mudah menemukan bunga ini di diindonesia, Karena bunga ini aman untuk anak- anak dan sangat mudah dalam hal perawatan, bunga ini juga memiliki banyak varian warna sehingga mirip sebuah pelangi, bunga ini bisa tumbuh ditempat yang panas tetapi sebaiknya ditempatkan pada tempat yang sejuk karena dapat tumbuh secara optimal.

21. Bunga Kembang Sepatu

Bunga-Kembang-Sepatu
Gambar Bunga Kembang Sepatu

Bunga yang satu ini begitu populer dikalangan pecinta bunga hias karena memiliki warna yang cantik dan beragam, Bunga ini dapat tumbuh optimal jika terkena banyak sinar matahari, bunga kembang sepatu ini memerlukan taman yang luas karena bunga ini dapat tumbuh besar dan lebat.

22. Bunga Sakura

Bunga-Sakura
Gambar Bunga Sakura

Bunga ini merupakan bunga yang sangat populer diindonesia, bunga yang berasal dari jepang ini memiliki warna yang beragam dan sangat cantik ini, Dijepang sendiri bunga ini dijadikan simbol budaya disana.

23. Bunga Lavender

Bunga-Lavender
Gambar Bunga Lavender

Bunga Lavender populer diindonesia karena mudah dalam perawatan nya selain itu bunga ini juga sangat sulit tumbuh ditempat yang dingin dan bersalju, bunga ini juga dikenal sebangai bunga pengusir nyamuk.

24. Bunga Matahari

Bunga-Matahari
Gambar Bunga Matahari

Bunga hias yang satu ini juga begitu populer karena bentuk nya yang unik denga bunga besar seperti matahari keunikan lainnya adalah bunga ini selalu menghadap matahari, Bunga ini juga dapat menghasilkan minyak, bijinya juga dapat dimanfaat kan sebagai makanan ringan.

25. Bunga Kenanga

Bunga-Kenanga
Gambar Bunga Kenanga

Nama Latin Bunga ini adalah Cananga odorata Bunga ini merupakan bunga asli indonesia, wangi nya yang khas dan harum membuat kita semakin nyaman. bunga ini biasanya digunakan pada upacara pernikahan.

Demikianlah penjelasan tentang macam-macam bunga hias, semoga dapat menambah wawasan kamu dan juga dapat menginspirasi dalam menghias pekarangan anda, terima kasih. semoga bermanfaat.

Baca Artikel Lainnya :

Macam Macam Bunga Langka Di Indonesia dan Dunia

25 Tanaman Hias Indoor Untuk Mempercantik Rumah