12 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Alpukat menjadi salah satu buah tropis paling populer. Selain itu, buah ini dikenal karena manfaatnya bagi manusia, baik dikonsumsi secara langsung atau digunakan dengan cara lain. Pelajari lebih lanjut tentang manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan di artikel ini.

Selain itu, ada beragam varietas alpukat yang jelas memiliki beragam manfaat. Salah satu varietas yang paling populer adalah alpukat mentega. Alpukat dengan kelebihan daging berwarna seperti mentega dan kental tanpa serat sangat disukai. Buah ini juga terjadi pada produk pertanian lain yang datang langsung dari petani.

Manfaat-Buah-Alpukat-untuk-Kesehatan
Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Sebagai salah satu jenis alpukat yang unggul buah alpukat ini sering diburu. Alpukat juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan dan kecantikan. Berikut ini adalah sejumlah manfaat kesehatan bagi mereka yang perlu tahu dulu.

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Menurunkan Kolesterol

Alpukat sangat bergizi dan mengandung berbagai nutrisi termasuk 20 vitamin dan mineral. hal ini juga dapat menurunkan kolesterol atau natrium dan rendah lemak jenuh. Itulah mengapa alpukat termasuk buah yang disukai.

Sumber Kalium

Kebanyakan orang mendapat lebih sedikit nutrisi kalium. Alpukat mengandung banyak kalium. Kandungan kalium dalam alpukat adalah 14 persen. Hal ini lebih tinggi dari pisang yang hanya mengandung 10 persen kalium. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan penurunan tekanan darah yang merupakan faktor risiko utama untuk serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Mengatasi Kanker

Alpukat tidak mengandung lemak. Sebagian besar lemak dalam alpukat adalah asam oleat. Asam oleat adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang juga merupakan komponen utama minyak zaitun dan diyakini bertanggung jawab atas beberapa manfaat kesehatan. Asam oleat telah dikaitkan dengan pengurangan peradangan dan telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada gen yang terkait dengan kanker.

Sumber Serat

Serat adalah nutrisi lain yang relatif kaya dalam buah alpukat. Serat makanan dapat berkontribusi untuk penurunan berat badan, mengurangi lonjakan gula darah dan sangat berisiko rendah untuk banyak penyakit.

Menyerap Nutrisi

Satu studi menunjukkan bahwa menambahkan alpukat atau minyak alpukat ke salad dapat meningkatkan asupan antioksidan sebanyak 2,6 hingga 15 kali lipat. Oleh karena itu, alpukat dapat meningkatkan nilai gizi makanan nabati lain yang Anda makan. Hal ini bisa menjadi alasan Anda untuk mempertimbangkan sumber lemak sehat saat makan sayur.

Melindungi Mata

Studi menunjukkan bahwa orang dengan risiko katarak dapat dikurangi secara drastis dengan makan alpukat. Karena itu, makan alpukat bermanfaat untuk kesehatan mata Anda dalam jangka panjang.

Mengurangi Stres

Manfaat alpukat dapat membantu mencegah kadar homosistein ​​yang berlebihan dalam tubuh. Terlalu banyak kadar homosistein ​​dapat membuat Anda rentan terhadap stres.

Menurunkan Berat Badan

Ada bukti bahwa alpukat adalah makanan yang bisa menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian, orang yang makan alpukat merasa 23% lebih kenyang dan 28% lebih cenderung untuk makan selama 5 jam berikutnya dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi buah ini.

Jika ini benar dalam jangka panjang, maka memasukkan alpukat ke dalam diet kamu dapat membantu kamu makan lebih sedikit kalori. Alpukat juga tinggi serat dan sangat rendah karbohidrat. Dua hal ini tentunya bisa turun juga.

Detoksifikasi Tubuh

Manfaat alpukat sebenarnya dapat digunakan sebagai bahan detoksifikasi alami. Hal ini akan membantu Anda menyingkirkan berbagai racun dalam tubuh Anda. Mengkonsumsi jus alpukat setiap hari pasti membuat tubuh Anda lebih sehat dan bugar.

Kaya akan Antioksidan

Berdasarkan data dari Database Nutrisi Nasional USDA, seperlima dari alpukat (setara dengan 40 gram) hanya memiliki 64 kalori. Dengan kalori rendah ini, buah ini merupakan sumber vitamin E, C, K dan B-6 yang baik. Keunggulan lain dari alpukat adalah kandungan riboflavin, niasin, asam folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium. Alpukat juga mengandung asam lemak lutein, beta-karoten, dan omega-3. Cukup banyak, bukan? Karena adanya berbagai lemak dan antioksidan yang baik, alpukat juga baik untuk kesehatan mata, memerangi jerawat dan memperlancar pencernaan.

Membantu Mengatasi Depresi

Mood Anda sering menurun? Apakah Anda stres tentang banyak hal? Bagaimana jika Anda banyak makan alpukat? Alpukat dapat mencegah pembentukan homocysteine ​​karena mengandung asam folat. hal ini adalah zat yang dapat mengganggu sirkulasi dan distribusi nutrisi di otak. Kelebihan homosistein juga dapat mempengaruhi produksi hormon tertentu seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin. Hormon-hormon ini berkaitan erat dengan suasana hati, kualitas tidur dan nafsu makan.

Mencegah Osteoporosis

Manfaat alpukat yang juga tidak diketahui banyak orang adalah pencegahan osteoporosis atau keropos tulang. Alpukat memiliki vitamin K yang tidak kalah pentingnya bagi kesehatan tulang daripada vitamin D dan kalsium. Vitamin K meningkatkan asupan kalsium sehingga kesehatan tulang tetap terjaga secara maksimal.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah alpukat untuk kesehatan semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: