15 Manfaat Buah Bit Merah untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Buah bit merah adalah tanaman dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Artinya, buah bit masih satu keluarga dengan sayuran lobak dan sayuran berakar lainnya. Sebagai aturan, hanya akar yang rasanya manis untuk obat kesehatan yang digunakan untuk buah ini. Namun seiring waktu, daging dan daunnya juga dikonsumsi.

Buah bit merah pertama kali dikonsumsi oleh orang-orang di Afrika ribuan tahun yang lalu. Tanaman akarnya sangat populer dan kemudian menyebar ke Asia dan Eropa. Kemudian orang-orang ini membudidayakan dan mengkonsumsinya di wilayah mereka.

Manfaat-Buah-Bit-Merah
Manfaat Buah Bit Merah

Dari abad ke-16 hingga ke-19, buah bit merah digunakan untuk mencapai berbagai manfaat. Misalnya, jus buah digunakan sebagai pewarna makanan. Sedangkan kandungan gula dalam buah digunakan sebagai campuran pemanis dalam makanan dan minuman. Selain itu, buah ini digunakan sekitar abad ke-19 sebagai campuran bahan untuk mengekstraksi dan memurnikan gula dari tebu.

Manfaat Buah Bit Merah

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat buah bit merah yang satu ini dihasilkan dari kandungan kalium dalam buah bit merah. Kalium dipercaya dapat merelaksasi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Meskipun perlu untuk mengkonsumsi buah ini secara konsisten selama periode waktu yang relatif lama, makan buah bit jauh lebih aman daripada mengonsumsi obat antihipertensi setiap hari.

Memperbaiki Kesehatan Jantung

Kandungan buah bit merah yang tinggi serat dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Serat dalam buah bit merah dapat meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik). Daun bit juga cocok untuk pencegahan penyakit kardiovaskular.

Mencegah Risiko Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa buah bit merah dapat mengurangi risiko kanker payudara dan kanker prostat. Kandungan senyawa betacyanin dalam buah bit merah dapat menghambat kanker. Buah bit merah juga dapat dikombinasikan dengan wortel, dijus, dan diminum setiap hari untuk mengobati leukemia.

Memperbaiki Kesehatan Hati

Kehadiran kalsium, zat besi dan antioksidan, yang kaya dalam buah bit merah memastikan bahwa buah bit memiliki sifat yang baik untuk meningkatkan kesehatan hati. Khasiat buah bit ini muncul dari hasil penelitian di Polandia.

Penelitian menunjukkan bahwa buah bit merah dapat melindungi hati dari kerusakan oksidatif. Buah bit juga membantu mengencerkan empedu dan melindungi hati dari racun yang disebabkan oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Menambah Energi dan Stamina

Ternyata kemampuan untuk menambah energi dan stamina termasuk dalam daftar manfaat buah bit merah. Buah bit merah sebagai sumber energi sering dikonsumsi oleh atlet atau olahragawan dengan aktivitas tinggi.

Kandungan nitrat dalam buah ini diubah menjadi nitrogen oksida yang meminimalkan konsumsi oksigen dalam tubuh. Karena itu, buah bit sering digunakan sebagai minuman olahraga atau minuman berenergi yang meningkatkan daya tahan saat berlatih.

Mengatasi Inflamasi atau Peradangan

Khasiat buah it dalam pengobatan peradangan dicapai dengan adanya kandungan asam folat, serat dan juga protein tinggi dalam buah bit. Selain itu, betaine dapat melindungi sel dan enzim tubuh dari tekanan lingkungan dalam buah bit. Studi penelitian di Mesir telah menunjukkan bahwa ekstrak buah bit juga dapat mengobati infeksi ginjal.

Menyehatkan Otak

Buah bit merah diketahui menyebabkan fungsi otak yang sehat. Bauh bit dapat meningkatkan neuroplastisitas otak karena pengaruh tahap awal demensia atau kepikunan. Jus buah bit juga dipercaya dapat mencegah Alzheimer. Manfaat buah bit ini didasarkan pada keberadaan oksida nitrat yang meningkatkan aliran darah ke otak sehingga sel-sel otak menjadi sehat.

Mengontrol Gula Darah

Ada sebuah penelitian di Islandia yang mengatakan buah bit merah tinggi serat dapat mengurangi hiperglikemia. Dengan mengonsumsi jus buah bit, glikemia harus ditekan karena kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh.

Melancarkan Pencernaan dan Detoksifikasi

Selain itu, manfaat buah bit merah dapat melancarkan pencernaan dan detoksifikasi. Buah bit merah dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit terkait pencernaan karena kehadiran serat dan betanin dalam buah bit. Masyarakat Romawi menggunakan buah bit untuk mengobati sembelit dan detoksifikasi.

Mengurangi Kolesterol Jahat

Senyawa betanin dalam buah bit merah menawarkan manfaat mengurangi kolesterol jahat. Kandungan buah bit merah yang satu ini membantu mengurangi oksidasi kolesterol LDL dan mencegahnya menempel pada dinding arteri.

Bagus untuk Wanita Hamil

Manfaat buah bit merah selanjutnya baik untuk perkembangan janin pada wanita hamil. Kandungan asam folat dalam buah ini membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin di dalam rahim.

Mencegah Anemia

Ternyata, manfaat buah bit merah membantu mencegah anemia. Buah bit merah dapat meningkatkan regenerasi sel darah merah karena kaya akan zat besi. Vitamin C dalam buah bit juga dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Menurut sebuah penelitian di China, buah bit merah dapat meningkatkan kesehatan kulit. Buah bit merah mengandung vitamin A dan antioksidan, yang bekerja sangat baik melawan radikal bebas dan melawan kerutan wajah karena penuaan.

Mencegah Osteoporosis

Menurut Pusat Medis Universitas Maryland, senyawa betaine membantu menurunkan kadar homosistein dalam tubuh. Penumpukan homocysteine yang berlebihan dalam tubuh dapat meningkatkan risiko osteoporosis, terutama pada orang dewasa yang lebih muda. Kandungan kalsium dan mineral seperti tembaga dan magnesium juga dapat meningkatkan metabolisme tulang.

Mencegah Pikun

Juga diyakini bahwa kandungan nitrit dalam buah bit merah dapat meningkatkan aliran darah dan kadar oksigen di tempat-tempat di mana oksigen kurang. Minum jus buah bit merah diyakini dapat meningkatkan aliran darah ke otak pada orang tua dan memerangi perkembangan gejala pikun.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah bit merah semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: