13 Manfaat Buah Bit dan Kandungan Nutrisi Buah Bit

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Beberapa orang mungkin tahu bahwa buah bit atau akarnya memiliki banyak manfaat. Tumbuhan yang diduga berasal dari wilayah Mediterania sering digunakan sebagai obat yang efektif ribuan tahun yang lalu. Warna buah bit yang merah keunguan juga sering digunakan sebagai pewarna makanan alami, kandungan sukrosa juga sering digunakan untuk membuat gula.

Namun ternyata manfaat bit tidak berhenti di situ. Ada banyak manfaat lain untuk bit, terutama kesehatan fisik. Sebelum kita membahas lebih lanjut, kita bisa mengetahui nutrisi mana yang terkandung dalam bit.

Manfaat-Buah-Bit
Manfaat Buah Bit

Kandungan Nutrisi Buah Bit

Buah bit mengandung berbagai vitamin, mineral, dan komponen organik seperti asam folat, karoten, lutein, zeaxanthin, glisin, betain, serat, vitamin C, magnesium, zat besi, tembaga, boron, fosfor, dan flavonoid (anthocyanin).

Manfaat Buah Bit

Kaya akan Nutrisi

Satu buah bit berukuran sedang mengandung banyak asam folat, kalium, vitamin C dan serat. Selain itu, buah bit memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Mengandung banyak fitokimia

Kandungan fitokimia utama dalam buah bit adalah nitrat. Kandungan ini menawarkan manfaat yang baik untuk mendukung sistem peredaran darah tubuh.

Bermanfaat untuk kesehatan tubuh

Berbagai penelitian membuktikan manfaat dari konsumsi buah bit untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah. Selain kandungan vitamin dan antioksidan, buah bit sangat cocok untuk memerangi penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas seperti kanker.

Menyehatkan Pencernaan

Pada Abad Pertengahan, buah bit digunakan sebagai obat untuk gangguan pencernaan seperti sembelit. Serat dan antioksidan yang terkandung dalam buah bit membantu membersihkan tubuh dari zat beracun dan menjaga kesehatan pencernaan pada tingkat yang optimal.

Menyehatkan Otak

Khasiat buah bit meningkatkan neuroplastisitas otak karena adanya nitrat di dalamnya. Nitrat ini membantu meningkatkan oksigenasi korteks somatomotor, area otak yang sering terpengaruh pada tahap awal demensia. Seiring bertambahnya usia, aliran darah ke otak berkurang yang menyebabkan berkurangnya persepsi dan buah bit dapat mencegah hal ini.

Mencegah Anemia

Manfaat buah bit dapat membantu mencegah anemia dan mendorong regenerasi sel darah merah, karena buah bit kaya akan zat besi. Selain itu, vitamin C dalam buah bit membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Betaine yang ditemukan dalam buah bit adalah senyawa bioaktif kuat yang menurunkan tingkat homocysteine ​​dalam tubuh. Tingkat homocysteine ​​yang tinggi dapat menyebabkan masalah kardiovaskular seperti arteriosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Betalain juga menghambat peradangan kronis pada penyakit jantung.

Mencegah Stroke

Buah bit adalah tanaman yang mengandung banyak kalium. hal ini dapat membantu mengurangi risiko stroke dan masalah jantung lainnya. Kalium adalah vasodilator yang berarti melemaskan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah ke seluruh tubuh. Konsumsi buah bit secara teratur sangat dianjurkan untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Mineral seperti boron, tembaga, dan magnesium dalam buah bit berkontribusi pada perkembangan tulang normal dan peningkatan metabolisme tulang. Buah bit juga mengandung kalium yang menyimpan kalsium dalam tubuh dan mengurangi kehilangan kalsium melalui urin.

Anti Penuaan

Buah bit mengandung banyak asam folat yang berkontribusi pada fungsi dan perbaikan sel yang optimal. Kondisi ini dapat membantu mencegah penuaan dini. Buah bit kaya akan antioksidan dan vitamin C dan cara alami untuk mencerahkan kulit Anda.

Menurunkan Berat Badan

Obesitas seringkali dapat meresahkan banyak orang. Karena alasan ini, banyak orang memilih untuk melakukan diet. Anda dapat mengonsumsi buah bit secara teratur selama diet! hal ini karena salah satu manfaat bit untuk nutrisi adalah dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Buah ini dapat membantu memicu detoksifikasi tubuh termasuk lemak.

Mencegah Kanker

Manfaat buah bit untuk kanker adalah bahan alami untuk mencegah timbulnya penyakit kanker. Buah bit mengandung fitonutrien yang dapat menghambat zat karsinogenik dalam tubuh. Jika Anda makan bit secara teratur sistem kekebalan tubuh Anda akan diperkuat. Selain itu, kandungan betalains dalam bit dapat meningkatkan produksi enzim tubuh untuk menghentikan pembentukan sel kanker.

Meningkatkan Kesuburan

Manfaat buah bit untuk kesuburan adalah mempertahankan aliran darah yang terkait dengan kesuburan wanita. Anda bisa mengkonsumsi buah bit dengan mengolahnya sebagai jus dan meminumnya secara teratur. Kesuburan meningkat dengan mengonsumsi jus bit.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah bit semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya