14 Manfaat Buah Jambu Merah untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Keunggulan jambu merah sangat beragam. Tidak hanya berguna untuk pencegahan kanker, tetapi juga berguna untuk pencernaan, baik untuk kulit dan sebagainya. Jambu merah bisa dimakan langsung atau diolah menjadi jus. Buah ini tidak hanya mudah ditemukan di pasaran, tetapi juga di rumah-rumah penduduk, karena sering digunakan sebagai tanaman kebun.

Manfaat jambu merah sangat beragam karena banyak nutrisi baik yang dikandungnya. Berbagai nutrisi dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi penyakit berikut untuk mencegahnya. Bagi Anda yang tidak tahu apa manfaat jambu merah bagi kesehatan, bisa simak ulasan berikut ini.

Manfaat-Buah-Jambu-Merah
Manfaat Buah Jambu Merah

Manfaat Buah Jambu Merah

Mencegah Kanker

Salah satu manfaat jambu merah adalah pencegahan penyakit berbahaya dan mematikan terutama kanker. Jambu merah mengandung kalori dan rendah lemak. Buah yang satu ini juga mengandung vitamin dan antioksidan yang cukup tinggi untuk mencegah kanker tumbuh secara signifikan ketika dikonsumsi secara teratur.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat selanjutnya adalah baik untuk pencernaan. Jambu merah mengandung hingga 5,4 gram serat larut. Serat ini berguna untuk membuat pencernaan lebih lancar dan mencegah kotoran menumpuk di usus. Serat dalam jambu merah juga berguna untuk melindungi membran usus dari ikatan zat kimia yang tidak baik untuk tubuh.

Menjaga Fungsi Saraf dan Otak

Buah Jambu merah baik untuk menjaga fungsi saraf dan otak. Buah jambu merah ini memiliki kandungan B3 dan vitamin B6 yang sehat sehingga dapat merangsang kinerja otak.

Menangkal Radikal Bebas

Manfaat buah jambu merah baik untuk digunakan sebagai penangkal serangan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas sendiri dapat ditemukan dari lingkungan seperti polusi, sinar UV pada rokok dan asap kendaraan. Radikal bebas juga merupakan salah satu alasan mengapa tubuh mudah sakit sehingga harus dihindari.

Mengontrol Tekanan Darah

Buah jambu merah mengandung senyawa elektrolit yang disebut kalium yang sangat baik untuk tubuh. Kalium membantu mengendalikan tekanan darah tinggi karena reaksi natrium. Selain jambu merah, Anda juga bisa makan pisang yang kandungan kaliumnya sama dengan buah jambu merah.

Menyehatkan Kelenjar Tiroid

Manfaat jambu merah juga menyehatkan tiroid. Jika fungsi kelenjar tiroid terganggu Anda bisa membuatnya sehat kembali dengan mengonsumsi buah jambu merah. Buah ini memiliki kandungan mineral yang baik untuk kesehatan tiroid yang sehat.

Membantu Penyerapan Nutrisi

Buah jambu merah juga dapat digunakan untuk membantu penyerapan nutrisi ketika makanan ada di usus. hal itu tidak luput dari kandungan mangan dalam jambu merah. Dengan asupan nutrisi yang baik tubuh menjadi lebih sehat bersama dengan makanan bergizi yang Anda makan.

Bagus untuk Wanita Hamil

Buah jambu merah baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini terkait erat dengan kandungan vitamin dan nutrisi jambu merah yang melindungi janin dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan wanita hamil. Selain buah jambu merah, wanita hamil juga harus mengonsumsi berbagai makanan bergizi lainnya yang bermanfaat bagi perkembangan janin di perut.

Menjaga Kulit dari Sinar UV

Manfaat jambu merah untuk kecantikan juga berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UV. Buah ini memiliki 2 kali lebih banyak likopen daripada tomat. Lycopene adalah antioksidan alami yang melindungi tubuh dari sinar matahari dan membuat kulit terlihat lebih sehat. Konsumsi rutin untuk hasil maksimal.

Mencegah Penuaan Dini

Berbagai jenis vitamin dan antioksidan dalam buah jambu merah sangat baik untuk kesehatan terutama untuk kesehatan kulit. Kandungan tersebut juga dapat menghilangkan tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, garis-garis halus atau tanda-tanda penuaan dini. Konsumsi jambu merah juga baik untuk mengatasi radikal bebas dan racun yang masuk ke kulit lebih optimal.

Mengatasi Penyakit Kulit

Jambu merah mengandung vitamin C yang dapat meregenerasi kolagen yaitu suatu zat di kulit yang berguna untuk menekankan kulit. Dengan kolagen yang sehat dan terawat berbagai masalah kulit dapat diatasi. Bagi Anda yang memiliki kondisi kulit seperti munculnya garis-garis halus, bintik hitam, jerawat, keriput, dll, jambu merah dapat dikonsumsi sebagai solusinya.

Bagus untuk Rambut

Rambut yang indah dan menawan tentu membuat penampilan lebih menarik. Untuk mendapatkannya, Anda bisa menggunakan bahan alami yaitu buah jambu merah. Jambu merah memiliki banyak jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin B kompleks. Bahan-bahan lain dalam buah ini seperti magnesium, flavonoid, mangan, kalium dan serat juga berguna untuk membuat rambut lebih sehat.

Mengatasi Gejala Diabetes

Diabetes adalah penyakit tingkat gula darah yang cukup menakutkan. Namun gejala diabetes bisa diatasi dengan mengonsumsi jambu merah yang berserat tinggi. Makanan berserat tinggi seperti jambu merah dapat menurunkan gula darah dalam tubuh. Selain itu, dikatakan di atas bahwa struktur sel jambu merah memudahkan tubuh untuk menyerap kandungan serat. Sehingga bisa dikonsumsi bagi Anda yang memiliki gula darah tinggi.

Merawat Kulit

Dengan mengonsumsi jambu merah, kulit bisa dirawat dengan bahan alami dan dimakan dengan nikmat. Kandungan vitamin A, C dan potasium berfungsi sebagai antioksidan untuk menyehatkan kulit Anda. Jambu merah juga mengandung astringen untuk memperbaiki struktur kulit sehingga kulit menjadi lebih kencang dan mencegah penuaan dini. Jika Anda cukup mengkonsumsinya, kulit Anda akan tetap sehat dan bebas kerut.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah jambu merah semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya