15 Manfaat Buah Semangka untuk Tubuh Manusia

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Buah dengan nama latin Citrullus lanatus rupanya masih berasal dari kelompok buah mentimun. Buah yang konon berasal dari daratan Afrika Selatan banyak ditanam di Indonesia. Rasanya yang sedikit manis dan segar ini sangat kaya akan air, tak khayal buah ini memiliki nama bahasa Inggris Water melon.

masyarakat indonesia gemar sekali mengkonsumi buah semangka. Khusus untuk umat Islam yang sedang berpuasa, buah ini adalah buah yang paling menjadi buronan karena sifatnya yang bisa melepas dan melegakan dahaga setelah puasa. Dibalik kenikmatan buah semangka, Tahukan anda bahwa buah semangka ini memiliki sejumlah manfaat.

Manfaat-Buah-Semangka
Manfaat Buah Semangka

Manfaat Buah Semangka

Mencegah Impotensi

Manfaat semangka tentu saja bisa dirasakan pria. Semangka dapat digunakan sebagai obat kuat untuk pria yang bisa menjaga kesuburan. Impotensi dapat diobati dan dicegah dengan mengonsumsi semangka. Impotensi adalah suatu kondisi di mana penis tidak dapat Menjaga atau mempertahankan ereksi meskipun adanya rangsangan seksual.

Mengatasi Penumpukan Lemak

Kandungan asam amino sitrulin dalam buah semangka dapat secara efektif mengatasi lemak yang terakumulasi dalam tubuh. Semangka mampu melemahkan sel-sel lemak dalam tubuh dan melarutkannya di saluran pencernaan. Dengan manfaat ini, Anda bisa menggunakan semangka saat melakukan diet.

Menyehatkan Jantung

Buah Semangka sangat kaya akan likopen yang dapat melindungi tubuh dari kolesterol jahat. hal ini memungkinkan buah semangka membantu menjaga kesehatan jantung.

Membantu Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Harian

Semangka merah adalah buah yang rendah kalori. Ada banyak nutrisi yang dimiliki buah semangka. Kandungan tersebut sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah

Keuntungan berikutnya dari buah semangka adalah dapat menurunkan tekanan darah. Buah ini memiliki efek yang sangat baik untuk mengatasi tekanan berlebih pada pembuluh darah. hal ini membuat semangka sangat bermanfaat untuk mencegah tekanan darah tinggi.

Mencegah Dehidrasi

Semangka memiliki kandungan air 92%. Kadar air yang tinggi ini dapat membantu mencegah dehidrasi. Oleh karena itu rajinlah mengkonsumsi buah semangka.

Menjaga Kelembaban Kulit

Kandungan buah semangka yang tinggi air dapat melembabkan kulit. Jika Anda memiliki masalah dengan kulit kering, Anda dapat mengkonsumsi semangka untuk perawatan. Kulit kering dapat disebabkan oleh kurangnya air dalam tubuh. Anda tidak hanya dapat mengonsumsi semangka secara langsung, Anda juga dapat menggunakannya sebagai masker wajah.

Melindungi Fungsi Saraf

Manfaat buah semangka lainnya juga dapat membantu melindungi fungsi saraf. Semangka memiliki kandungan seperti kalium yang dapat mengatur fungsi saraf.

Mengatasi Sembelit

Sembelit atau sulit buang air besar disebabkan oleh beberapa hal, termasuk kurangnya serat di dalam tubuh. Semangka dengan kadar air yang tinggi dapat menjadi solusi untuk mengatasi kondisi ini.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan potasiun didalam semangka dapat membantu menghilangkan simpanan ginjal yang beracun. Semangka juga bermanfaat mengurangi konsentrasi asam urat, sehingga dapat membantu mengurangi kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal. Kandungan air yang tinggi juga dapat meningkatkan buang air kecil yang dapat membantu membersihkan ginjal.

Menjaga Kesehatan Rambut

Buah semangka juga baik untuk menjaga kesehatan rambut. Vitamin A yang terdapat dalam buah semangka dapat membantu menjaga batang rambut tetap lembab.

Mengatasi Nyeri Otot

Senyawa asam amino sitrulin dalam semangka dapat meredakan nyeri otot. Kandungan ini mengendurkan otot dan melepaskan ketegangan. Banyak orang yang mengonsumsi semangka setelah melakukan pertandingan.

Mencegah Kanker

Kandungan vitamin C dan likopen yang tinggi dalam semangka sangat penting untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas menyebabkan kanker. Semangka juga mengandung antioksidan yang juga membantu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan Likopen dalam semangka juga melindungi mata dari peradangan dan kerusakan oksidatif. Kandungan tersebut bertindak sebagai senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mencegah degenerasi makula terkait usia.

Mencegah Asma

Semangka merupakan sumber vitamin C yang sangat baik yang dapat menurunkan risiko asma. Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin C memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Seseorang yang menderita asma memiliki kadar vitamin C dalam tubuh yang lebih rendah sehingga mereka memiliki gejala asma.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah semangka semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: