13 Manfaat Buah Kawista untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Pernahkah Anda mendengar tentang buah Kawista? Buah kawista (the woodapple atau monkey fruit) terdengar aneh bagi sebagian orang. Hal ini sangat wajar karena keberadaan buah ini sangat langka dan hanya tumbuh di tempat-tempat tertentu. Buah Kawista berasal dari India Selatan ke wilayah Asia Tenggara.

Kawista adalah salah satu buah yang dapat tahan terhadap suhu ekstrem, subur di daerah kering dan tahan terhadap hama. Sepintas, buah Kawista mirip dengan buah Sawo, tetapi faktanya Kawista termasuk dalam suku Jeruk-jerukan. Ternyata buah Kawista ini memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh kita.

Manfaat-Buah-Kawista
Manfaat Buah Kawista

Manfaat Buah Kawista

Obat Batuk

Untuk keperluan ini, Anda tinggal mengonsumsi sirup kawista atau buahnya yang telah matang. Kandungan cola dalam buah ini bisa sangat efektif dalam menyembuhkan batuk secara sehat dan alami.

Penambah Energi

Kandungan glukosa yang melimpah dalam buah Kawista membuat buah ini menjadi andalan untuk pasokan energi. Kawista juga banyak dikonsumsi dan diolah menjadi tonik yang memulihkan banyak energi setelah kerja keras, lembur, aktivitas fisik, atau pekerjaan tambahan lainnya.

Meningkatkan Imunitas

Buah kawista juga kaya akan antioksidan dan vitamin C sehingga dapat menangkal radikal bebas dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jadi Anda dapat menikmati rasa manis dan nikmat dan lezat dari buah kawista sambil meningkatkan kesehatan Anda.

Mengobati Diare dan Disentri

Manfaat buah Kawista untuk tubuh manusia adalah mengobati diare. Dipercaya bahwa mengkonsumsi muda atau mentah buah kawista dengan rasa yang kental akan meredakan diare dan bahkan disentri.

Menyembuhkan Haid Berlebih dan Kurang Teratur

Kram menstruasi yang berlebihan atau tidak teratur juga sering diobati dengan buah kawista, meskipun praktiknya turun temurun dan tidak berdasarkan penelitian medis. Untuk tujuan ini, Anda dapat menggunakan kulit pohon dalam campuran herbal.

Menurunkan Demam

Meskipun tidak ada penelitian untuk membuktikan hal ini, kebiasaan orang Asia yang mengkonsumsi buah wawista ketika mereka demam cukup untuk memastikan bahwa salah satu dari manfaat buah ini adalah untuk menurunkan demam.

Perlindungan Terhadap Malaria

Buah kawista memiliki manfaat besar sebagai bahan dalam kosmetik dan sebagai obat. Di Thailand dan Myanmar, buah kawista juga digunakan sebagai penangkal demam berdarah dan malaria. Caranya adalah dengan memeras daging buah hingga cairan terkuras dan kemudian oleskan ke permukaan kulit seluruh tubuh. Meskipun terasa agak panas saat diaplikasikan, cairan ini netral tidak menyebabkan iritasi dan tidak berbahaya bagi wanita hamil.

Bagus untuk Ginjal

Asupan buah kawista secara teratur sangat dianjurkan untuk orang dengan masalah ginjal. Hal ini karena buah kawista memiliki sifat detoksifikasi, yaitu mengeluarkan racun dari tubuh ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Tetapi seperti semua yang ada di dunia, para ahli kesehatan tidak merekomendasikan terlalu banyak mengonsumsi buah kawista.

Meringankan Masalahan Pernapasan

Daun buah kawista dapat membantu kita menghindari demam kronis dan penyakit pernapasan. hal ini juga membantu menyembuhkan sakit tenggorokan dan batuk karena memiliki fungsi yang sama dengan ekspektoran. Buah kawista dapat menghilangkan dahak berlebih di saluran pernafasan.

Menyegarkan Wajah

Buah kawista memiliki sifat astringen yang dapat mendinginkan dan menyegarkan kulit wajah. Caranya adalah dengan memeras biji buah kawista untuk menghilangkan air dan kemudian oleskan secara merata di wajah selama beberapa waktu. Nikmati kesegaran kulit wajah Anda.

Baik untuk Penderita Liver

Buah kawista juga kaya akan beta-karoten dan dapat menyembuhkan penyakit liver. Mereka juga mengandung tiamin dan riboflavin yang dikenal untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Buah ini juga berfungsi sebagai tonik yang baik untuk kesehatan jantung. Hal ini adalah seberapa sering buah kawista dikonsumsi untuk organ yang lebih sehat.

Baik untuk Penderita Diabetes

Feronia gum yang terdapat pada batang dan dahan tumbuhan Kawista, meringankan diabetes dengan cara ‘melemahkan’nya. Buah kawista memperlancar aliran darah, mempercepat pengeluaran dan menyeimbangkan kadar gula darah. Dengan kemampuannya mengendalikan insulin dan kadar gula darah, buah Kawista memiliki khasiat yang sangat baik untuk mencegah diabetes.

Baik untuk Pencernaan

Buah kawista juga baik untuk pencernaan karena mereka menghancurkan cacing usus dan merupakan obat yang baik untuk berbagai masalah pencernaan lainnya. Batang dan cabang buah Kawista Feronia gumjuga dapat menyembuhkan diare dan disentri. Ia juga bersifat anti inflammatory dan anti peradangan.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah kawista semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: