12 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Manfaat buah mengkudu seringkali dapat dikesampingkan karena rasanya yang pahit. Tetapi orang Polinesia telah menggunakan buah mengkudu dalam pengobatan tradisional selama lebih dari 2.000 tahun. Di Indonesia, mengkudu menjadi obat herbal untuk berbagai penyakit.

Manfaat buah mengkudu tidak sepahit rasanya. Manfaat Mengkudu umumnya digunakan untuk mengobati masalah kesehatan seperti sembelit, infeksi, nyeri, dan radang sendi. Cara umumnya memanfaatkan buah mengkudu dengan membuatnya menjadi jus atau mengonsumsi ekstrak mengkudu.

Manfaat-Buah-Mengkudu-untuk-Kesehatan
Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Sekarang semua orang dapat dengan mudah memanfaatkan buah mengkudu. Saat ini, olahan buah dijual sebagai jus, dalam bentuk “kulit buah” kering, dan sebagai ekstrak kering dalam bentuk kapsul. Meskipun rasa mengkudu sangat pahit, masih banyak orang yang mengkonsumsi buah ini karena alasan kesehatan.

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Menurunkan Risiko Asam Urat

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah mengkudu dapat mengurangi risiko asam urat. Bahkan, buah ini bisa mengurangi asam urat darah pada penderita penyakit ini.

Meningkatkan Kualitas Kulit

Jus buah mengkudu dapat digunakan setiap hari sebagai pelembab untuk kulit. hal ini karena kandungan buah mengkudu dapat mengisi dan memperbaiki kulit.

Baik untuk Penderita Artritis

Banyak penelitian mengklaim bahwa jus buah mengkudu efektif dalam mengurangi nyeri radang sendi. Karena sifat analgesiknya, hal ini juga berlaku untuk pengurangan nyeri sendi pada artritis.

Menjaga Elastisitas Kulit

Karena jus buah mengkudu mengandung vitamin C dan selenium, buah mengkudu dapat melawan radikal bebas, membalikkan efek penuaan, dan menjaga elastisitas kulit.

Mencegah Kanker

Menurut Pusat Nasional untuk Kesehatan Pelengkap dan Integratif, jus buah mengkudu memiliki sifat anti-tumor dan merangsang kekebalan. National Cancer Institute telah mendanai penelitian tentang buah mengkudu untuk mengobati dan mencegah kanker payudara.

Mengurangi Stres

Jus buah mengkudu tidak hanya membantu mengatasi stres, tetapi juga mengurangi efek stres pada fungsi kognitif. untuk itu konsumsilah buah mengkudu secukupnya

Meningkatkan Imunitas

Jus buah mengkudu memiliki kandungan antibakteri, antijamur, anti-inflamasi dan antihistamin yang semuanya membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengobati Demam

Khasiat antivirus dari jus buah mengkudu dapat membantu seseorang meredakan kedinginan, batuk, demam, dan sakit tubuh. Konsumsilah buah mengkudu secukupnya

Mengobati Iritasi Kulit Kepala

Kandungan antibakteri yang memperkuat sistem kekebalan tubuh juga dapat membantu dengan iritasi kulit kepala. dan kandungan tersebut terdapat dalam buah mengkudu.

Melindungi kesehatan jantung

Jus buah mengkudu memiliki dampak positif dalam melindungi kesehatan jantung dengan meningkatkan aliran darah arteri. Hal ini juga membantu mengatur tekanan darah yang membantu menjaga kesehatan jantung.

Kesehatan Otak

Jus buah mengkudu telah lama digunakan sebagai bahan yang efektif untuk meningkatkan daya ingat. Berbagai penelitian selama bertahun-tahun telah menunjukkan bahwa jus buah mengkudu meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan fungsi memori dan memperlambat efek penuaan pada memori Anda.

Menurunkan Kolesterol

Kandungan lipid yang abnormal dalam darah Anda merupakan faktor risiko yang kuat untuk penyakit kardiovaskular. Karena merokok dapat menyebabkan kolesterol tinggi melalui stres oksidatif, para peneliti melakukan penelitian untuk menyelidiki efek buah mengkudu pada perokok. Penelitian ini melibatkan 132 peserta yang digambarkan sebagai perokok berat. Peserta minum jus buah mengkudu atau noni selama sebulan.

Penelitian yang diterbitkan dalam Scientific World Journal edisi 2012 menunjukkan bahwa 29 hingga 188 mililiter jus buah mengkudu secara signifikan menurunkan kolesterol total dan meningkatkan kadar lipoprotein densitas tinggi, suatu bentuk kolesterol yang baik. buah mengkudu juga mengurangi lipoprotein densitas rendah, suatu bentuk kolesterol jahat.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah mengkudu semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya