14 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Meningkatnya konsumsi buah-buahan dan sayuran sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin menjalani gaya hidup sehat, termasuk wanita hamil dan menyusui. Salah satu buah yang mudah didapat dan sangat bergizi adalah melon. Apa saja menfaat buah melon?

Selain penyegaran, melon mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti kalori, karbohidrat, serat, protein, magnesium, dan kalium. Melon juga kaya akan vitamin C, vitamin B6, vitamin K, asam folat dan yang tak kalah pentingnya, tidak mengandung lemak sama sekali.

Manfaat-Buah-Melon-untuk-Kesehatan
Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

Melon diklasifikasikan sebagai tanaman Cucurbitaceae yang masih merupakan keluarga semangka. Melon juga memiliki banyak jenis seperti honeydew, cantaloupe, muskmelons, melon mush, melon batu, melon Persia dan lain-lain. Namun, semuanya mengandung manfaat yang baik untuk tubuh.

Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu manfaat besar buah melon adalah kandungan kolagen yang dapat mempertahankan struktur sel di seluruh jaringan ikat termasuk kulit. Buah ini juga bisa mempercepat penyembuhan luka dan mengencangkan kulit. Konsumsi melon setiap hari penting untuk orang dengan kulit kasar dan kering.

Anti Penuaan Dini

Manfaat melon dapat membantu mengencangkan kulit dan berkat vitamin A, B dan C, menawarkan manfaat melawan penuaan kulit. Anda bisa membuat masker wajah melawan penuaan kulit dengan memotong melon segar menjadi irisan tipis. Tempatkan irisan melon tipis di wajah dan kulit biarkan beristirahat selama 15 hingga 20 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Pelembab Yang Baik untuk Kulit

Melon memiliki sifat pelembab yang baik untuk kulit. Anda bisa menyiapkan masker dengan mencampurkan setengah mentimun sedang dan melon lalu menambahkan putih telur. Campur semua bahan ini dalam blender sampai menjadi pasta kental. Oleskan ke wajah, pijat dengan ujung jari Anda dan bergerak ke atas. Biarkan selama 10 hingga 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Anti Kanker

Kandungan karotenoid yang tinggi dalam melon dapat mencegah kanker dan mengurangi risiko kanker paru-paru. Untuk memaksimalkan manfaat melon, Anda harus mengonsumsi buah ini secara teratur untuk mencegah dan membunuh benih kanker yang menyerang tubuh Anda secara efektif. Sertakan melon dalam makanan Anda untuk mencegah penyakit mematikan ini.

Menyehatkan Jantung

Antikoagulan dalam melon yang disebut adenosin yang dapat menghentikan pembekuan sel darah yang menyebabkan stroke atau penyakit jantung. Khasiat melon mengurangi risiko penyakit jantung dengan menghaluskan darah di dalam tubuh. Selain itu, kadar air melon yang tinggi memiliki efek menenangkan dan mengurangi mulas.

Menyembuhkan Penyakit Ginjal

Sifat diuretik dalam melon sangat baik dalam menyembuhkan penyakit ginjal. Kombinasi melon dan lemon bekerja dalam penyembuhan encok. Mengkonsumsi melon secara teratur setiap pagi dapat membantu menjaga kesehatan ginjal.

Menyehatkan Pencernaan

Jika Anda memiliki masalah pencernaan, Anda bisa mencoba mengkonsumsi melon untuk melancarkan gerakan usus dengan mudah. Khasiat melon dapat melancarkan buang air besar (BAB) karena kandungan air melon yang tinggi, sedangkan kandungan mineral menghilangkan keasaman yang sering menyebabkan masalah pencernaan terutama di organ perut.

Penguat Energi

Kebanyakan melon mengandung vitamin B yang bertanggung jawab atas sebagian besar produksi energi tubuh Anda. Vitamin B dibutuhkan oleh tubuh untuk memproses gula dan karbohidrat. Jadi manfaat melon dapat memberi Anda energi yang signifikan.

Menurunkan Berat Badan

Seperti kebanyakan buah-buahan lainnya, manfaat melon sangat ideal untuk menurunkan berat badan. Buah ini rendah sodium dan rendah kalori serta bebas lemak dan kolesterol. Kandungan air yang tinggi dapat membuat Anda kenyang lebih lama, sementara rasa manis alami mencegah Anda makan makanan manis.

Mencegah Kerontokan Rambut

Kekurangan vitamin B menyebabkan rambut rontok. Melon kaya akan vitamin B seperti asam folat dan inositol. Karena itu khasiat melon ini dapat mencegah rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Sebagai Cairan Elektrolit

Melon terdiri dari 90% air dan elektrolit yang tersisa seperti kalium, magnesium, natrium dan kalsium. hal ini membuat melon cocok untuk dikonsumsi setelah berolahraga atau untuk relaksasi, karena melon dapat membuat anda terhidrasi untuk waktu yang lama.

Memperkuat Imunitas

Selain kulit yang sehat, vitamin C juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bahkan, ada penelitian yang menyatakan bahwa makan melon secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit pernapasan seperti pneumonia dan pilek.

Menyehatkan Mata

Melon mengandung dua antioksidan kuat yaitu lutein dan zeaxanthin, yang membuat mata lebih sehat dan mencegah mata rabun dekat di usia muda. Manfaat melon ini, terutama pada jenis melon honeydew yang tersebar luas di Indonesia.

Bagus untuk Program Diet

Daging melon tinggi serat dan hampir 90% nya adalah air yang membuatnya baik untuk pencernaan. Buang air besar berjalan lancar. Buah ini juga rendah kalori dan rendah kolesterol sehingga sangat cocok untuk diet sehat.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah melon untuk kesehatan semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya