Manfaat Buah Mengkudu untuk Diabetes dan Kandungannya

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Mengkudu (Morinda citrifolia) adalah tanaman asli Asia Tenggara dan termasuk dalam keluarga Rubiaceae. Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1500 m, mencapai ketinggian pohon 3-8 m dan memiliki bunga bungkuk putih. Buahnya adalah buah majemuk dengan warna hijau mengkilap dan memiliki titik-titik, ketika sudah tua buahnya berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Buah mengkudu mengandung protein, vitamin, xeronine, steroid tanaman, alizarin, lycin, socium, asam kaprilat, arginin, fenilalanin, magnesium, scolopetine, proxeronine dan bahan-bahan lainnya. Nutrisi dan senyawa yang terkandung dalam buah mengkudu tidak diragukan lagi memiliki manfaat kesehatan yang penting. Manfaat buah mengkudu untuk diabetes tercantum di bawah ini.

Manfaat-Buah-Mengkudu-untuk-Diabetes
Manfaat Buah Mengkudu untuk Diabetes

Manfaat Buah Mengkudu untuk Diabetes

Diabetes adalah penyakit di mana tubuh tidak dapat menghasilkan hormon pengatur gula darah (insulin) atau produksi insulin yang tidak memadai atau ketidakmampuan insulin untuk berfungsi dengan baik, menyebabkan kadar gula darah meningkat. Gejala umum diabetes adalah:

  1. Haus dan banyak minum,
  2. Lapar dan banyak makan,
  3. Sering buang air kecil,
  4. Penurunan berat badan,
  5. Badan terasa lemah,
  6. Mudah mengantuk,
  7. Pandangan mata kabur, serta
  8. Luka lama yang sulit sembuh dsb.

Penyakit ini dapat terjadi pada siapa saja, tetapi orang dengan riwayat keluarga diabetes memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes. Selain itu, obesitas, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan kurangnya aktivitas fisik dapat memicu diabetes pada seseorang.

Sayangnya, sejauh ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan diabetes. Meski demikian, penderita bisa mencoba mengendalikan gula darah sehingga tetap dalam keadaan normal. Cara alami untuk mengontrol kadar gula darah agar tetap normal adalah mengkonsumsi buah mengkudu.

Kandungan Buah Mengkudu

Buah mengkudu mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, vitamin, flovanoids, dan mineral penting, termasuk selenium, antioksidan yang sangat baik. Sedangkan mineral yang terkandung dalam Mengkudu termasuk xeronine, steroid tanaman, alizarin, lycin, socium, asam kaprilat, arginin, proxeronine, antikolin, elemen jejak, fenilalanin, magnesium, dll.

  1. Terpenoid
  2. Scolopetin
  3. Zat anti kanker
  4. Xeronine dan Proxeronine

Buah Mengkudu memiliki kandungan xeronine, yang dapat diserap oleh sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein yang tidak aktif. Sedangkan Proxeronin adalah sejenis asam nukleat.

Mengapa Buah Mengkudu Baik untuk Mengobati Diabetes

Mengkudu memiliki kandungan flovanoid yang membantu penderita diabetes menjaga kualitas gula segar dengan mencegah hati memproduksi glukosa. Selain itu, kandungan xeronine yang terbuat dari proxeronine juga membantu mengatasi diabetes. Xeronine dapat memicu optimalisasi fungsi sel yang rusak dengan merevitalisasi dan meregenerasi mereka. hal ini juga memiliki efek positif pada sel-sel insulin yang telah menurun hingga kadar gula darah telah stabil.

Penggunaan buah mengkudu untuk mengobati diabetes telah didukung oleh penelitian di Rumah Sakit John Hopkins yang menggunakan Tahitian Buah mengkudu dengan 89% dari komposisi buah mengkudu untuk diberikan kepada 27.000 pasien diabetes. Setelah 3 bulan asupan rutin pasien berhasil mengatasi penyakitnya dengan baik.

Pemanfaatan Buah Mengkudu untuk Mengobati Penyakit Diabetes

Anda bisa mengonsumsi buah mengkudu ini langsung untuk pengobatan diabetes. Anda juga dapat membuat konsumsi buah mengkudu dengan membuat jus darinya menggunakan langkah-langkah berikut.

  1. Siapkan buah mengkudu yang sudah matang, kupas sampai bersih, buang bijinya dan cuci sampai bersih
  2. Siapkan apel merah dan cuci bersih
  3. Siapkan gula dan madu rendah kalori
  4. Potong buah mengkudu dan apel merah menjadi potongan-potongan kecil
  5. Campur buah mengkudu dan apel bersama
  6. Tuang jus mengkudu dan apel dan tambahkan pemanis seperti gula rendah kalori. Anda juga bisa menambahkan madu untuk menghilangkan aroma buah mengkudu.

Dosis jus buah mengkudu untuk penderita diabetes adalah hingga 15 / 50kg berat badan. Jus ini bisa diminum pada pagi dan sore hari dua kali sehari, sekitar setengah jam sebelum makan nasi atau dua jam setelah makan nasi. Hal ini dimaksudkan agar penyerapan baan aktif dalam ekstrak buah mengkudu dapat berjalan dengan sempurna.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah mengkudu untuk diabetes semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya