6 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Menyusui

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Ibu menyusui harus selalu makan makanan bergizi untuk menghasilkan ASI berkualitas tinggi. Tentu saja, ini memiliki dampak besar pada perkembangan bayi. Dengan memperbanyak makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi, bayi akan menjadi lebih sehat, lebih cerdas dan lebih pintar.

Salah satu yang harus dikonsumsi oleh ibu menyusui adalah mengkonsumsi buah. Hampir semua jenis buah bisa dimakan oleh ibu menyusui, termasuk buah naga. Buah yang berbentuk seperti sisik naga, memiliki warna merah khas dan memiliki rasa lezat dan manis.

Manfaat-Buah-Naga-untuk-Ibu-Menyusui
Manfaat Buah Naga untuk Ibu Menyusui

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Membentuk Sel Darah Merah

Buah naga mengandung zat besi yang sangat tinggi sehingga dapat membantu ibu menyusui untuk menghasilkan sel darah merah untuk mencegah anemia. Tentu saja, ini juga akan berkontribusi pada perkembangan sel darah pada anak.

Meningkatkan Imunitas

Ibu menyusui lebih sering terkena penyakit karena sistem kekebalan mereka sebenarnya melemah. Karena itu, buah naga dapat membantu ibu menyusui agar tetap sehat dan bugar, sehingga bayi yang disusui juga menjadi kebal terhadap penyakit dan kegiatannya menjadi lebih lancar.

Tinggi serat

Serat yang terkandung dalam buah naga sangat tinggi.Hal ini akan membantu wanita menyusui untuk memiliki sistem pencernaan yang sehat. Dengan sistem pencernaan yang sehat sangat berguna untuk mencegah sembelit yang menyebabkan kurangnya kualitas ASI untuk anak.

Sumber vitamin A

Sumber vitamin A yang memadai bagi ibu dan bayi untuk menghindari penyakit mata serta kulit. Buah naga mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Oleh karena itu ibu menyusui sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah naga setiap hari. Bisa dibuat jus atau dimakan langsung.

Kaya akan Vitamin C

Vitamin C diperlukan untuk perkembangan otot, gigi dan tulang. Vitamin C juga membantu perkembangan pembuluh darah ibu saat menyusui. Selain itu, vitamin C dalam buah naga merupakan sumber yang baik untuk memperkuat kekebalan wanita hamil yang tentu saja tidak begitu mudah sakit karena virus.

Memberikan Energi yang Cukup

Ibu menyusui tidak hanya membutuhkan nasi, mereka juga membutuhkan energi tambahan dari sumber lain. Buah naga juga bisa menjadi pilihan dengan mengonsumsi buah naga setiap hari, untuk memastikan bahwa tubuh tetap segar dan sehat sehingga tidak lemas.

Manfaat Buah Naga Lainnya

Mencegah Diabetes

Buah naga juga terbukti efektif melindungi kita dari penyakit gula darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh tingginya jumlah serat dalam buah naga yang menghambat peningkatan gula karena mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang tinggi.

Mencegah Kanker

Fungsi antioksidan dalam buah naga yang dapat melawan radikal bebas akan mengurangi risiko kanker. Selain vitamin C, buah naga juga mengandung karoten yang dapat mengurangi jumlah tumor. Selain itu, kandungan likopen dalam buah naga merah telah terbukti mengurangi risiko kanker prostat.

Meningkatkan Imunitas

Buah naga dapat melawan radikal bebas sambil meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini berarti Anda tidak terlalu terpengaruh oleh penyakit seperti flu atau demam yang terutama disebabkan oleh faktor infeksi.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kesehatan lain dari buah naga adalah kemampuannya untuk menurunkan kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik. Sebuah penelitian menemukan bahwa makan buah naga secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung serta tekanan darah tinggi. Jika jantung sehat, aktivitas juga lancar.

Menurunkan Berat Badan

Pantas saja buah naga sering masuk dalam daftar buah yang perlu dikonsumsi jika Anda sedang diet. Kenapa begitu? Karena buah naga sangat tinggi serat serta rendah kalori.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah naga untuk ibu menyusui semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya