12 Manfaat Buah Siwalan untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Siwalan adalah spesies tanaman yang umumnya tumbuh di daerah dengan iklim tropis seperti indonesia, malaysia, pakistan, vietnam dan india. Ketika bulan puasa tiba, kita akan sering melihat bahwa buah ini dijual sebagai makanan penutup. Biasanya digunakan sebagai kolak atau cendol. Lalu apa manfaat buah siwalan?

Sebelum kita melihat manfaat buah siwalan, pertama-tama kita ingin mempelajari lebih lanjut tentang tanaman tersebut. Buahnya, yang menyerupai bentuk kolang kaling.

Manfaat-Buah-Siwalan
Manfaat Buah Siwalan

Buah siwalan sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari karena mengandung banyak nutrisi dan tentunya baik untuk kesehatan tubuh manusia. Kandungan nutrisi buah siwalan termasuk vitamin C, A, B, kalium, zat besi, kalsium, karbohidrat, mineral seperti serat, zinc dan protein.

manfaat Buah Siwalan

Sebagai Obat Hati

Bunga siwalan dapat digunakan untuk mengobati sakit liver. Arang kulit bermanfaat untuk menyembuhkan sakit gigi. Kulit nya bisa direbus dengan garam efektif sebagai pembersih mulut.

Meningkatkan Kualitas dan Vitalitas Sperma

Buah siwalan digunakan untuk menambah vitalitas. Cara menggunakannya biasanya dicampur dengan garam dan gula aren (gula merah) secukupnya terlebih dahulu.

Sebagai Cairan Isotonik

Air buah siwalan mengandung cairan isotonik, yang dapat menggantikan cairan tubuh yang dikeluarkan oleh keringat dan mengembalikan elektronik tubuh yang hilang melalui aktivitas sehari-hari.

Menjaga Kesehatan Fungsi Ginjal

Air dari buah siwalan dipercaya dapat menjaga fungsi ginjal yang sehat. Bahkan ada beberapa jenis lapisan (tergantung pada kualitas pohon) yang dapat mengobati impotensi.

Sebagai Obat Kulit (dermatitis)

Bagian tua dari buah dapat digunakan sebagai obat kulit (dermatitis), akar yang terdiri dari ekstrak akar muda untuk melancarkan urin dan obat cacing. Rebusan akar muda untuk pengobatan penyakit pernapasan.

Sumber Antioksidan

Vitamin C dan vitamin B1 adalah salah satu zat yang ditemukan dalam buah siwalan. Kedua zat ini dapat menawarkan manfaat sebagai sumber antioksidan yang berperan dalam memerangi radikal bebas, memperlambat proses oksidasi dalam tubuh dan melindungi tubuh kita dari kerusakan sel, sehingga penuaan dini akan menjauh.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan mineral yang terkandung dalam sari buah siwalan membuat buah siwalan menjadi isotonik yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan. Buah siwalan juga mengandung vitamin B1. Vitamin ini dapat membentuk asam klorida yang perannya dalam sistem pencernaan cukup besar. Vitamin B1, B2 dan B3 dalam buah siwalan juga membantu mengurangi risiko masalah pencernaan.

Mengatasi Masalah Kulit

Dermatitis biasanya digunakan untuk peradangan kulit, yang biasanya dimulai dengan gejala mulai dari gatal hingga kulit kemerahan. Dermatitis adalah penampilan yang sangat mengganggu kulit kita. Buah siwalan dapat mengatasi masalah kulit seperti dermatitis dan penyakit kulit lainnya.

Membantu Mengatasi Stres

Tuntutan kerja dan kehidupan yang tak berkesudahan seringkali membuat kita stres dan pikiran menjadi lelah. Kesegaran yang kita dapatkan setelah mengkonsumsi buah siwalan dapat membuat pikiran kita lebih segar dan lebih tenang. Selain itu, vitamin C dalam buah siwalan juga bisa meningkatkan mood kita.

Sebagai Antibiotik

Virus dan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan kita, seperti flu dapat diobati dengan antibiotik. Anti-biotik itu sendiri sebenarnya adalah zat yang dapat mengendalikan pertumbuhan virus dan bakteri jahat. Air buah siwalan juga mengandung enzim yang bisa bertindak sebagai antibiotik. Upaya untuk menghasilkan minuman probiotik yang kaya akan mikroorganisme yang baik dengan buah siwalan juga telah dilakukan untuk membuktikan fungsi antibiotik enzim air.

Sumber Energi

Glukosa dan sukrosa juga merupakan zat yang ditemukan dalam buah siwalan. Glukosa serta sukrosa adalah gula alami. Glukosa serta sukrosa dapat menjadi sumber energi yang berguna bagi otak kita. untuk 100 buah siwalan mengandung total gula 10,93 dengan gula pereduksi 0,97 (glukosa dan sukrosa).

Makanan Diet

Setiap 100 gram buah siwalan mengandung 21 gram karbohidrat. Daging buah siwalan juga mengandung banyak karbohidrat. Sedangkan buah siwalan yang masih berwarna putih, juga mengandung karbohidrat sukrosa dan air dengan kandungan lemak yang relatif rendah. Kandungan karbohidrat dan gula dapat menyebabkan buah siwalan menggantikan kalori dari nasi dan merupakan makanan.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah siwalan semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: