14 Manfaat Buah Nona untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Pernahkah Anda mendengar tentang buah nona? Biasanya buah nona disebut buah srikaya. Jika Anda pergi ke toko buah, Anda akan menemukan buah nona dengan mudah. Jika Anda memperhatikan tanaman di sekitar anda, buah ini bisa ada di sekitar Anda.

Buah nona cukup mudah tumbuh dan berkembang di daerah tropis. Di pohon itu juga buahnya sering menghitam. Pemilik pohon harus mengontrol buah dengan rajin. Jika dianggap sudah cukup tua, buah nona harus dipilih segera sehingga dia bisa memasak dengan ciri-ciri yang sudah empuk saat ditekan.

Manfaat-Buah-Nona
Manfaat Buah Nona

Meski ada banyak biji, buah nona tentu memiliki penggemar sendiri karena rasanya yang manis dan enak. Dan tahukah Anda, buah nona juga memiliki banyak manfaat kecantikan dan kesehatan lainnya.

Manfaat Buah Nona

Mengobati Gagal Ginjal

Sebuah penelitian mengatakan, buah nona mengandung alkaloid. Dipercaya bahwa senyawa alkaloid dapat mengobati gagal ginjal. untuk anda yang memiliki masalah ginjal, tidak ada salahnya untuk mencoba buah nona ini. Buah ini bisa menjadi obat alami bagi kesehatan ginjal anda dibandingkan dengan minum obat kimia sehingga dapat berdampak negatif pada ginjal Anda.

Menyembuhkan Bisul

Bisul merupakan benjolan merah pada kulit yang terkadang mengandung nanah dan menyakitkan. Gumpalan ini sering muncul karena infeksi bakteri. Anda juga dapat menggunakan buah nona sebagai obat untuk menyembuhkan bisul. caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menghaluskan buah nona dan kemudian mencampurnya dengan garam. Hasil campuran ini yang Anda aplikasikan pada masakan akan segera menyembuhkan bisul.

Menjaga Kesehatan Jantung

Jika tekanan darah stabil, tentu berdampak pada kesehatan jantung. Organ jantung bekerja sangat baik dikarenakan bebas dari hambatan atau gangguan. Kesehatan jantung menjadi terjaga untuk masa depan. Mengkonsumsi buah nona dapat mempunyai dampak positif pada kesehatan jantung kamu.

Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan organ visual yang menangkap cahaya sehingga kita bisa melihat keindahan dunia. Harapan setiap orang adalah memiliki mata yang sehat. Gaya hidup yang tidak dapat dipisahkan dari layar smartphone, laptop, komputer, televisi, laptop dan smartphone dapat menyebabkan mata menjadi tidak sehat.Zat riboflavin dan vitamin dalam buah yang hilang dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda.

Menjaga Tekanan Darah Stabil

Khasiat buah nona untuk kesehatan tubuh lebih lanjut adalah menjaga tekanan darah stabil. kandungan kalium dalam buah nona yang dapat menurunkan hipertensi. Mereka yang sering menderita hipertensi, sangat cocok untuk makan buah ini. Buah nona adalah obat yang aman sehingga dapat menurunkan hipertensi Anda. Anda tidak perlu lagi menggunakan obat buatan yang dapat mempunyai efek negatif lain pada kesehatan badan anda.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Zat kalium dan magnesium diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Konsumsi buah nona secara teratur juga memberi kita manfaat baik yang dihasilkan dari kandungan kalium dan magnesium dalam buah nona ini.

Mencegah Stroke

Bagi kamu yang mau mencegah stroke, tidak buruk untuk mencoba buah nona. kandungan niacin dalam buah nona, zat ini bisa menurunkan kolesterol jahat didalam badan. Kolesterol jahat didalam badan bisa memicu stroke. Untuk mencapai hasil yang optimal, Anda harus mengkonsumsi buah nona secara rutin sehingga fungsi pencegahan bekerja optimal.

Menurunkan Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang dapat menyebabkan berbagai penyakit lain seperti penyakit stroke dan jantung. Hipertensi biasanya ditandai dengan rasa sakit yang hebat, bahu terasa kaku, membuat wajah terlihat kemerahan. Penyakit ini biasanya terjadi pada orang tua. Kandungan kalium dalam buah nona dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Mengobati Diabetes

Diabetes merupakan penyakit berbahaya yang sulit disembuhkan. Konsumsi glukosa yang berlebihan, tetapi kapasitas penyerapan glukosa yang rendah menyebabkan gula darah meningkat secara dramatis. Buah nona merupakan pilihan alternatif untuk mengobati diabetes. Diyakini bahwa kandungan magnesium pada buah nona dapat meningkatkan kandungan insulin serta meningkatkan penyerapan glukosa dalam tubuh. Hal ini dapat gula darah stabil serta mengobati diabetes.

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol dibagi menjadi dua bagian, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol jahat selalu menjadi masalah kesehatan sampai timbulnya penyakit arteri, stroke hingga berbagai organ dalam tubuh gagal. Buah nona mengandung niacin yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Makan buah nona secara teratur untuk memanfaatkan niasin.

Meredakan Nyeri saat Haid

Jika Anda menderita haid, perut terasa sakit dan kadang-kadang kram perut terjadi. Tidak perlu khawatir, Anda bisa mencoba mengonsumsi buah nona sebagai pereda kram perut atau rasa sakit saat haid. Diyakini bahwa kadar tanin pada buah nona tidak hanya dapat mengobati diare, tetapi juga menghilangkan rasa sakit selama haid.

Mencegah Penyakit Pernafasan Asma

Asma adalah penyakit pernapasan yang telah lama diderita. Peradangan dan penyempitan saluran udara yang menyebabkan sesak napas dan kesulitan bernapas adalah tanda-tanda asma. Vitamin C salah satu antioksidan pada buah nona dapat mencegah asma. Selain pencegahan, antioksidan yang terkandung dalam buah nona juga bermanfaat untuk menangkal beberapa penyebab kambuhnya asma.

Obat Kanker

Buah nona mengandung senyawa acetogenin. Senyawa ini bermanfaat sebagai obat anti kanker. Jika ingin mencegah kanker sejak dini, Anda bisa mengonsumsi buah ini. Keberadaan buah ini secara perlahan menjadi sulit ditemukan, Anda harus meluangkan waktu untuk mendapatkan buah ini. Tidak ada yang salah dengan menanam buah ini di pekarangan rumah, sehingga Anda bisa mendapatkannya lebih mudah nantinya.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kandungan tanin dalam buah nona juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti maag, kram selama haid, sering kentut, sembelit atau sering sebagai disentri dan susah buang air besar.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah nona semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya