13 Manfaat Buah Okra untuk Kesehatan dan Kandungannya

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Okra adalah sayuran yang sangat lembut dan berlendir. Tanaman ini panjang dan runcing di ujungnya, mirip dengan jari wanita yang meruncing. Inilah sebabnya mengapa Okra juga dikenal sebagai Lady’s Finger. Sayuran yang terlihat seperti cabai rasanya seperti terong dan memiliki dua varietas yaitu okra hijau dan merah.

Kedua varian okra memiliki rasa yang sama dan hanya warna yang berbeda. Sayuran dengan nama ilmiah Abelmoschus esculentus umumnya tumbuh di negara tropis. Tumbuhan ini berasal dari daerah sekitar Ethiopia dan Asia Selatan.

Manfaat-Buah-Okra
Manfaat Buah Okra

Saat ini, tren menanam okra di Indonesia sudah mulai tumbuh. Ini terkait erat dengan manfaat okra yang sangat baik untuk kesehatan manusia. Okra adalah varietas sayuran yang kaya serat dan glutathione. Tidak hanya itu vitamin, mineral dan protein juga terkandung dalam okra.

Kandungan Okra

Okra mengandung berbagai mineral seperti kalium, magnesium, tembaga, zinc, fosfor dan kalsium. Juga mengandung berbagai jenis vitamin, mulai dari vitamin A, B, C hingga vitamin K. 100 gram okra mentah mengandung 30 kalori, 3 gram serat, 2 gram protein, 7,6 gram karbohidrat, 0 1 gram lemak, 21 mg vitamin C, asam folat 88 μg dan 57 gram magnesium.

Manfaat Buah Okra

Mencegah Disfungsi Ginjal

Untuk memanfaatkan okra untuk kesehatan Anda perlu mengonsumsi okra secara teratur. Metode ini telah ditunjukkan untuk mencegah disfungsi ginjal. hal ini ditunjukkan dalam penelitian 2005 yang diterbitkan dalam Jilin Medical Journal. Majalah tersebut menemukan bahwa orang yang secara teratur mengonsumsi lebih banyak okra memiliki lebih sedikit gejala fungsi ginjal daripada orang yang tidak mengonsumsi okra.

Mencegah Anemia

Manfaat kesehatan selanjutnya dari okra adalah pencegahan anemia. Caranya adalah dengan mengonsumsi okra secara teratur. Kebiasaan ini membantu dalam pembentukan sel darah merah yang secara efektif dapat mencegah atau mengobati anemia.

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat okra lainnya juga dapat diperoleh dari wanita hamil atau ibu menyusui. Kandungan folat dalam okra dapat mendukung perkembangan janin di dalam rahim dan mengurangi risiko cacat lahir. Mengkonsumsi okra selama kehamilan dapat menjadi alternatif untuk asupan folat harian, yang mengandung sekitar 60 μg folat dengan rekomendasi 400 μg folat per hari dalam 100 g okra.

Melawan Kanker

Okra adalah sumber antioksidan yang sangat baik dan digunakan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jadi manfaat okra untuk kesehatan adalah pencegahan kanker. Khasiatnya yang sehat dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan mencegah mutasi sel kanker.

Melindungi hati dan jantung

Okra juga dikenal memiliki efek hepatoprotektif atau untuk melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh peradangan atau radikal bebas. Antioksidan dan serat dalam okra dapat membantu mendetoksifikasi dan membuang racun dari hati, membuat hati bekerja lebih baik dan mencegah masalah. Karena itu, manfaat kesehatan dari okra melindungi hati dan jantung.

Mengurangi Asma

Manfaat kesehatan berikutnya dari okra adalah mengurangi gejala asma. Hal ini karena okra mengandung sejumlah vitamin C dan antioksidan. Kandungan tersebut dapat membantu mengurangi serangan asma aktif.

Menguatkan Tulang

Manfaat kesehatan selanjutnya dari okra adalah membantu menguatkan tulang. Hal ini karena diketahui bahwa okra memiliki asam folat tinggi memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Sayuran yang kaya vitamin K seperti okra juga dapat menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Kandungan vitamin K dalam okra dapat membantu tubuh untuk lebih baik menyerap kalsium yang dibutuhkan oleh tulang. Dengan kata lain, mereka yang mengonsumsi sayuran hijau seperti okra berisiko lebih kecil mengalami osteoporosis dan patah tulang.

Menurunkan Kolesterol

Okra tidak hanya bermanfaat bagi penderita diabetes, tetapi juga bagi mereka yang memiliki masalah dengan kolesterol tinggi. Serat larut dalam okra dapat membantu menurunkan kolesterol yang dapat menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan risiko tinggi stroke dan penyakit jantung. Menurut Harvard Health Publications serat dapat mengikat lemak dalam tubuh sehingga lemak dicerna bersama makanan lain. Dengan kadar kolesterol rendah dalam tubuh pembuluh darah dapat mengalirkan darah dengan baik dan risiko stroke dan penyakit jantung dapat dihindari.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat kesehatan selanjutnya dari okra adalah menjaga kesehatan mata. Hal ini berkat kandungan beta-karoten, lutein dan xanthine dalam okra. Okra kaya akan beta-karoten, lutein dan xanthine, yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat lain okra adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh. hal ini karena tingginya jumlah vitamin C dan antioksidan dalam okra. Vitamin C sendiri dapat merangsang produksi sel darah putih yang merupakan komponen penting dari sistem kekebalan tubuh. Sementara itu, antioksidan berperan dalam menghancurkan semua radikal bebas yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Menjaga kesehatan rambut

Okra adalah tanaman obat yang kaya akan antioksidan, vitamin A, C dan K. Selain itu, manfaat okra sangat baik untuk kesehatan rambut dan kulit Anda, karena mengandung tembaga, zinc, kalium, asam folat, dan tiamin. sehingga rambut menjadi berkilau secara alami. Selain itu, penggunaan okra secara teratur pada rambut membebaskan kulit kepala dari ketombe dan dapat menjaga kelembaban kulit kepala.

Bagus untuk Diet

Okra memiliki kandungan rendah kalori dan tinggi serat. Selain itu, Anda akan merasa kenyang lebih lama berkat kandungan serat tinggi ini. Camilan untuk menunda lapar? Anda tidak perlu!

Membantu Menyembuhkan Sembelit

Serat makanan juga memudahkan pencernaan dan buang air besar, sehingga racun dan limbah dapat dikeluarkan dari usus lebih cepat. Risiko kanker usus juga akan berkurang secara dramatis.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah okra semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya