12 Manfaat Buah Pepino untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Pepino adalah buah asli Amerika Selatan dengan nama latin Solanum muricatum. Bentuknya oval dan ada berbagai jenis, seperti pepino ungu dan pepino kuning. Beberapa jenis pepino memiliki warna ungu, daun dan bunga menyerupai terong.

Jika Anda penggemar jus buah, tentu Anda tahu buah pepino. Tidak hanya diolah menjadi minuman, tetapi juga diolah menjadi manisan. Mudah ditemukan di dataran tinggi dieng di jawa tengah. Selain rasanya yang menyegarkan, buah pepino juga memiliki beragam manfaat seperti berikut ini.

Manfaat-Buah-Pepino
Manfaat Buah Pepino

Manfaat Buah Pepino

Mengatur Tekanan Darah

Buah pepino mengandung kalium dan rendah sodium, sehingga dapat digunakan untuk mengatur tekanan darah. Kalium berperan dalam menyeimbangkan efek negatif dari garam. Selain itu, pepino juga bersifat diuretik sehingga dapat mengurangi natrium dalam tubuh melalui urin. Jadi itu baik untuk ginjal dan bisa menurunkan tekanan darah.

Memperkuat Imunitas

Kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi dalam buah pepino, dapat memiliki efek positif pada kesehatan tubuh. Kandungan tersebut dapat meningkatkan kekebalan dan melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. Buah pepino dapat mendukung proses penyembuhan.

Bagus untuk Tulang

Vitamin lain yang terkandung dalam buah pepino adalah vitamin K. Vitamin yang satu ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, buah pepino juga mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh tulang. Jika tubuh Anda tidak dapat menyerap kalsium dengan baik, Anda masih bisa merasakan manfaat vitamin K dari buah ini.

Mengatur Gula Darah

Hampir semua buah mengandung serat, termasuk buah pepino. Serat makanan dapat membantu mengatur kadar gula darah. Selain itu, buah pepino adalah anti-inflamasi, antioksidan, dan antiglikatif, yang dapat membantu mengurangi efek pengembangan diabetes.

Buah pepino ditemukan selama penelitian mengandung flavonoid, asam fenolik dan asam askorbat. Jadi keduanya dikonsumsi untuk mengurangi perkembangan diabetes bahkan bisa digunakan untuk mencegahnya.

Meredakan Rasa Nyeri dan Sakit

Buah pepino memiliki efek anti-inflamasi dan mengurangi rasa sakit di tubuh. Bahkan, buah pepino sudah lama digunakan untuk mengobati peradangan.

Melawan Kanker

Buah pepino dianggap anti kanker karena mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan beta-karoten. Antioksidan dapat melawan radikal bebas dan mencegah oksidasi sel. Hal itu juga bisa mengurangi penyebaran sel kanker.

Baik untuk Pencernaan

Serat yang terkandung dalam buah pepino menawarkan keuntungan bagi usus dan pasien sembelit. Selain itu, kandungan vitamin C dapat mendukung penyerapan nutrisi dari makanan. Bahkan, dapat digunakan untuk meredakan penyakit maag.

Makanan Sehat untuk Diet

Dengan buah pepino anda bisa merasa kenyang lebih lama karena kandungan kalori disimpan dalam bentuk karbohidrat. Kemudian karbohidrat dipecah menjadi glukosa oleh tubuh. Glukosa digunakan untuk pembakaran lemak tubuh.

Menurunkan Kolesterol

Buah pepino mengandung serat yang sangat larut, yang berperan dalam menjaga kadar kolesterol normal. Karena itu, serat larut mengikat kolesterol jahat dan menghilangkannya dari tubuh. Selain itu, serat larut juga dapat mengurangi penyerapan kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) dalam aliran darah.

Sumber Antioksidan

Tahukah Anda bahwa buah pepino adalah buah yang kaya akan antioksidan, sehingga buah pepino ini akan membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit.

Sumber Nutrisi

Selain tingginya kandungan antioksidan dalam beta-karoten, ternyata buah pepino ini juga merupakan salah satu buah yang kaya nutrisi. Dengan cara ini Anda dapat menghindari berbagai penyakit yang disebabkan oleh gizi buruk.

Sumber Energi

Tahukah Anda bahwa manfaat karbohidrat yang terkandung dalam Pepino juga dapat digunakan untuk meningkatkan energi dalam tubuh Anda sehingga Anda tidak kekurangan energi untuk melakukan aktivitas.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah pepino semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya