15 Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Anda tentu sudah tidak asing dengan buah pinang. Meskipun pinang sangat mudah ditemukan, banyak orang tidak tahu bahwa tanaman yang termasuk dalam keluarga Arecaceae dapat dikonsumsi dan memiliki manfaat bagi tubuh. Ternyata inilah kelebihan buah pinang muda dan tua yang belum banyak dikenal!

Kita sering menemukan pinang pinang di pinggir jalan atau di pembatas jalan. Pohon yang memiliki bentuk menyerupai pohon kelapa telah terbukti bermanfaat bagi tubuh. Inilah manfaat tubuh dari buah pinang yang tidak boleh Anda lewatkan!

Manfaat-Buah-Pinang
Manfaat Buah Pinang

Manfaat Buah Pinang

Menghaluskan Kulit

Buah pinang dapat digunakan sebagai masker untuk menghaluskan kulit, terutama kulit wajah. Caranya adalah dengan menyediakan dua buah pinang kering. Haluskan dengan digiling atau ditumbuk. Setelah dihaluskan, tambahkan sedikit bubuk kunyit dan isi dengan air yang cukup. Aduk semua bahan sampai terbentuk pasta. Oleskan ke wajah dan biarkan selama 20 menit. Lalu bilas wajah Anda sampai bersih.

Menghilangkan Jerawat

Jerawat membuat wajah terlihat kurang menarik. Agar jerawat segera hilang, kita bisa menggunakan buah pinang muda. Caranya adalah dengan mengambil 3-4 pinang muda dan mencucinya dengan seksama. Ambil daging buahnya dan haluskan. Oleskan terutama untuk jerawat dan biarkan selama hingga 20 menit. Wajah kemudian dapat dibilas sampai bersih. Lakukan metode ini setiap malam sebelum tidur.

Mengatasi Sakit Pinggang

Untuk mengatasi sakit pinggang karena kelelahan atau terlalu banyak duduk, kita bisa menggunakan buah pinang. Caranya adalah dengan menyediakan 2 buah pinang yang dibelah dan direbus dengan dua gelas air. Tambahkan sedikit gula aren dan kunyit bakar. Biarkan mendidih sampai air menyusut menjadi satu gelas. Saring air mendidih dan minum dua kali sehari. Selain buahnya, daun pinang juga bisa digunakan untuk mengobati sakit pinggang. Haluskan daun pinang dan oleskan secara teratur di pinggang Anda sebelum tidur.

Obat Kumur

Jika kita biasanya menggunakan obat kumur kimia untuk membersihkan mulut, gantilah dengan obat kumur alami. Kita bisa menggunakan buah pinang sebagai obat kumur alami. Caranya: didihkan airnya, lalu tambahkan dua potong pinang. Tambahkan juga 3 lembar daun sirih dan sedikit garam. Biarkan rebusan tersebut selama 5 menit. Setelah dingin, saring air rebusan pinang tadi dan gunakan sebagai obat kumur setelah menggosok gigi.

Mengobati Cacingan

Cacingan dapat menyerang siapa saja, tetapi mereka lebih sering menyerang anak-anak. Cacing dapat menyebabkan tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, sehingga penderita cacing biasanya kurus dan lemah. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan pinang. Caranya adalah dengan mengambil seperempat dari buah pinang dan kemudian memasaknya dengan setengah jari jahe dan setengah jari kunyit. Biarkan mendidih dan tiriskan air. Minumlah air rebusan secara teratur untuk membasmi parasit cacing di tubuh Anda.

Menguatkan Gigi

Biasanya orang yang secara rutin bersiul memiliki gigi yang kuat. hal ini karena ada buah pinang yang dikunyah bersama daun sirih. Jika Anda mengunyah buah pinang muda setiap hari, gigi Anda akan tetap kuat dan sehat. Cukup potong buah menjadi irisan dan kunyah pada setiap bagian gigi sehingga semua gigi bisa mengunyahnya. Itulah sebabnya di zaman kuno orang masih memiliki gigi yang lengkap meskipun mereka semakin tua.

Mencegah Pendarahan

Kita bisa mengobati pendarahan dari luka, kudis, atau mimisan dengan buah pinang. Caranya adalah cukup minum air rebusan dengan pinang secara teratur sampai luka mengering. Selain itu buah pinang juga dapat mengobati luka. Haluskan buah pinang lalu oleskan pada luka. Jika sudah beberapa jam ganti pinang tersebut dengan yang baru. Lakukan hingga luka sembuh dan mengering.

Mengecilkan Rahim

Selama kehamilan, perut dan rahim kita tumbuh seiring pertumbuhan janin. Setelah melahirkan, organ-organ ini tidak dapat segera mendapatkan kembali ukuran aslinya. Agar rahim menyusut lagi, kita bisa menggunakan buah pinang. Ambil buah pinang dan tumbuk hingga halus. Seduh bubuk pinang dengan air panas dan tunggu sampai memanas. Tambahkan satu sendok makan madu dan minum secara teratur selama periode nifas.

Meningkatkan Gairah

Ada cara yang aman dan alami bagi pria untuk meningkatkan gairah mereka. Caranya adalah dengan menggunakan buah pinang yang mengandung senyawa arekolin. Caranya adalah dengan mengambil buah pinang muda dan kemudian memakannya dengan mengunyah. Bisa juga dilakukan dengan meminum air rebusannya. Rebus buah pinang cincang dengan dua gelas air. Tunggu sampai menjadi satu gelas dan minum airnya selagi hangat.

Mengatasi Mata Rabun

Mata rabun bisa mengganggu karena kita tidak bisa melihat dengan jelas tanpa kacamata. Jika Anda ingin mengurangi mata rabun, gunakan buah pinang. aranya, ambil satu buah pinang muda lalu dikunyah-kunyah. Hisap airnya saat sambil mengunyah dan setelah kering ampasnya bisa dibuang. Lakukan secara teratur sampai mata dapat melihat dengan lebih jelas.

Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat selanjutnya dari pinang adalah peningkatan nafsu makan. Gangguan nafsu makan tentu tidak boleh dianggap sepele, karena mereka menyebabkan kebutuhan gizi seseorang tidak lagi terpenuhi dan gangguan fisik serius lainnya. Konsumsi buah pinang secara teratur untuk merangsang nafsu makan.

Mengobati Pencernaan

Manfaat buah pinang selanjutnya adalah pengobatan gangguan pencernaan. Buah pinang dipercaya dapat membantu mengatasi kesulitan sembelit atau buang air besar. Selain itu, buah ini juga baik untuk menjaga usus besar dan kecil. Buah pinang juga sering digunakan sebagai ramuan untuk mengobati diare karena memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

Mengatasi Bau Mulut

Selian bisa melindungi gigi, buah pinang juga bisa mengatasi bau mulut. Bau mulut seperti masalah gigi berlubang disebabkan oleh aktivitas bakteri di mulut. Menggunakan buah pinang sebagai obat kumur dapat menjaga kesehatan mulut dan gigi secara umum.

Pengobatan Glaukoma

Glaukoma adalah beragam penyakit mata yang bisa memicu kebutaan. Buah pinang dipercaya dapat membantu mengobati glaukoma. Buah pinang dipercaya dapat merangsang sistem saraf pusat. Buah pinang juga memiliki keunggulan karena dapat mengatasi mata rabun dekat karena berbagai alasan.

Baik untuk Kesehatan Kulit

Buah pinang juga dipercaya sebagai buah yang baik untuk kulit. Buah pinang dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat dan kulit berminyak. Perawatan kulit dengan buah pinang juga diyakini dapat mencegah penuaan dini atau bahkan mengaburkan tanda-tanda penuaan.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah pinang semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya