15 Manfaat Buah Pir untuk Tubuh Manusia

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Buah pir merupakan buah yang banyak dikonsumsi ketika disiang hari yang panas karena memiliki banyak kandungan air, buah pir menjadi pilihan yang baik untuk hidangan penutup. Selain rasanya yang tidak terlalu manis, buah pir juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Buah pir juga diperiksa untuk manfaat pengobatannya dan mengandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk magnesium, mangan, vitamin B kompleks, kalium, vitamin C dan vitamin K, berikut 10 manfaat kesehatan buah pir:

Manfaat-Buah-Pir
Manfaat Buah Pir

Manfaat Buah Pir

Menurunkan kolesterol

buah pir telah menunjukkan manfaatnya berkat kandungan pektin yang tinggi, mereka dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Pektin adalah jenis serat yang ditemukan dalam berbagai buah termasuk buah pir. Pectin menyediakan cara mudah untuk menghancurkan kolesterol jahat. Serat makanan melekat pada kolesterol di usus dan mencegahnya memasuki aliran darah. Kolesterol yang terikat pada pektin ini akhirnya keluar dari tubuh.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Buah pir mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C adalah antioksidan yang dikenal untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. buah pir berukuran sedang dapat menyediakan sekitar 12% dari asupan vitamin C harian yang disarankan. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan mengonsumsi buah pir secara teratur.

Meningkatkan Energi

Seperti diketahui glukosa yang diperoleh dari makanan sehari-hari, bertindak sebagai bahan bakar bagi tubuh. Sederhananya, setiap sel dalam tubuh membutuhkan glukosa untuk memenuhi kebutuhan energi. Buah pir memiliki kandungan glukosa tinggi yang memberikan energi pada tubuh. Dengan 17 gram ‘gula alami’ dari buah pir berukuran sedang, makan satu porsi pir dapat dengan cepat meningkatkan energi Anda.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Buah pir adalah sumber boron, mineral yang dapat memudahkan penyerapan kalsium yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Mineral ini mendukung tulang dalam memperkuat efek kalsium, magnesium, dan vitamin D. Dengan kata lain, boron yang terkandung dalam buah pir sangat penting untuk mendukung kesehatan tulang dan bahkan membantu dalam pengobatan osteoporosis.

Menjaga Kesehatan Usus Besar

Buah pir adalah sumber serat yang baik. Buah pir berukuran sedang menyediakan 22% dari dosis serat harian yang direkomendasikan. Buah pir yang tinggi serat dapat membantu menjaga kesehatan usus.

Menjaga Daya Penglihatan

Porsi buah pir harian dapat melindungi kesehatan mata dan mencegah masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia. Senyawa antioksidan kuat dalam buah ini dapat menghambat kerusakan sel dari radikal bebas, yang secara signifikan dapat mengurangi kemungkinan degenerasi makula terkait usia di mata.

Mengurangi Risiko Kanker

Salah satu senyawa paling penting dalam buah pir adalah quercetin, antioksidan kuat yang bekerja melawan kanker. Quercetin menunjukkan mekanisme perlindungan sel dan perannya dalam memerangi radikal bebas. Kerusakan radikal bebas yang tidak terkendali berhubungan dengan berbagai penyakit, termasuk kanker. Konsumsi buah pir secara teratur dapat menghambat aktivitas radikal bebas yang pada gilirannya membantu mengurangi risiko kanker.

Antiinflamasi Alami

Seperti disebutkan di atas, buah pir mengandung antioksidan seperti vitamin C dan quercetin yang berpotensi memiliki efek anti-inflamasi. Dengan demikian, sifat anti-inflamasi buah pir dapat efektif dalam mengobati kondisi peradangan seperti rheumatoid arthritis dan peradangan prostat.

Mengontrol Tekanan Darah

Antioksidan lain dalam buah pir adalah glutathione yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, antioksidan quercetin juga memiliki kemampuan menurunkan tekanan darah. Suplemen yang mengandung senyawa ini juga dikenal membantu pasien dengan tekanan darah tinggi secara efektif. Karenanya buah pir adalah salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi sehingga tekanan darah selalu terjaga.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa kuersetin pada buah pir mendukung fungsi arteri, mengurangi kemungkinan arteriosklerosis yaitu suatu kondisi yang ditandai dengan pembentukan plak arteri. Beberapa porsi buah pir dapat membantu kesehatan pipa Anda yang pada gilirannya mengurangi risiko penyakit jantung.

Menyehatkan Otak

Dengan mengonsumsi buah pir berukuran sedang, kita dapat menyerap hingga 15 persen mineral (mineral minor) setiap hari. Sebuah studi yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas di Missouri, AS, menyatakan bahwa kandungan tembaga dapat meningkatkan kekuatan sistem saraf dan secara signifikan meningkatkan kinerja otak.

Menurunkan Berat Badan

Apakah kamu sedang diet? Ternyata efektivitas buah pir juga bagus untuk program penurunan berat badan. Buah-buahan seperti pir dan sayuran yang tinggi serat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan juga rendah kalori. Peningkatan asupan serat bermanfaat untuk menurunkan berat badan pada orang yang kelebihan berat badan.

Detoksifikasi Tubuh

Pergerakan usus yang teratur dan tepat sangat penting untuk sekresi racun harian oleh empedu dan feses. buah pir mengandung sekitar 84 persen air, sehingga manfaat pir dapat membantu membantu menjaga kotoran lembut dan menyiram sistem pencernaan dari racun.

Mengurangi Peradangan

Buah pir mengandung antioksidan dan flavonoid yang membantu mengurangi peradangan di tubuh. Efek anti-inflamasi mengurangi gejala radang sendi, asam urat, rheumatoid arthritis dan penyakit lainnya. Selain itu, anthocyanin yang terkandung dalam buah pir juga dapat membantu melawan peradangan.

Mempercepat Proses Penyembuhan

Buah pir mengandung vitamin C dan asam askorbat yang mensintesis jaringan baru dan mempercepat proses penyembuhan. Tingkat asam askorbat yang tinggi dalam pir dapat memperbaiki pembuluh darah yang rusak yang mengurangi ketegangan di jantung dan mencegah perkembangan penyakit jantung.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah pir semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya