14 Manfaat Buah Pisang Kepok untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Manfaat Buah Pisang Kepok – Anda pasti sudah tahu buah pisang, kan? Buah yang hidup di iklim tropis memang sangat umum di indonesia. Hampir semua wilayah di Indonesia dapat ditanami pisang. Ada banyak jenis pisang yang banyak ditemukan di indonesia. Pisang memiliki banyak penggemar dan juga dapat diolah menjadi berbagai jenis yang lezat dan sehat.

Pisang Kepok ini memiliki tekstur yang keras, tetapi tetap lembut sehingga dapat dimakan lebih baik dan juga rasanya manis. Bentuk pisang ini kembung dan tidak terlalu lonjong seperti pisang lainnya. Pisang kepok tersedia sepanjang tahun karena pisang kepok tidak kenal musim.

Manfaat-Buah-Pisang-Kepok
Manfaat Buah Pisang Kepok

Pisang kepok bukan hanya satu jenis tetapi ada dua jenis pisang yaitu pisang kepok putih dan pisang kepok kuning. Dari dua jenis pisang kepok, kandungan nutrisinya sama, hanya rasa yang membedakan keduanya pisang kepok kuning lebih manis dan putih memiliki rasa lebih asam. Warna kuning dan putih dapat dikenali pada daging pisang itu sendiri, bukan pada kulit, karena bentuk dan warna kulit pisang sama-sama kuning.

Manfaat Buah Pisang Kepok

Mengatasi Stres

Depresi, stres dan kegelisahan yang berlebihan dapat menurunkan kadar kalium dalam tubuh. Ketika ini terjadi, pikiran anda terpecah dan tidak dapat berkonsentrasi. Jika saat ini Anda merasa lelah karena masalah pekerjaan, hubungan dengan pasangan dan masalah lain, cobalah segera untuk mengkonsumsi buah pisang kepok karena ini akan dengan mudah menghilangkan perasaan depresi dan stres yang Anda rasakan.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat dalam pisang Kepok cukup tinggi sehingga sangat baik untuk mengatasi masalah kesehatan terutama pada organ pencernaan. Serat makanan mengubah makanan di perut menjadi gel sehingga lebih mudah dicerna dan diserap oleh vitamin dan nutrisi tubuh. Selain itu, feses yang dihasilkan juga lebih lunak, tetapi tidak terlalu berair sehingga sangat baik bagi anda yang memiliki masalah pencernaan.

Mencegah Sembelit

Pisang kepok mengandung senyawa pektin yang juga sangat baik untuk kesehatan anda. Bagi anda yang saat ini sedang mengikuti program penurunan berat badan. Perbanyaklah mengkonsumsi pisang kepok.

Sumber Kalium

Pisang adalah sumber makanan yang mengandung jumlah potasium terbesar dibandingkan sumber makanan lainnya. Bagi anda yang memiliki gejala kekurangan potasium sangat dianjurkan untuk mengonsumsi pisang kepok. Potasium adalah zat endogen yang penting untuk tubuh dan kebutuhannya yang harus selalu dipenuhi.

Mengatasi Maag

Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami gangguan lambung karena maag, Pisang Kepok juga sangat dianjurkan. Pisang kepok ini mengandung efek antasid sehingga dapat menetralkan produksi asam lambung yang berlebihan. Pisang kepok juga sangat baik untuk perut karena mudah dicerna. Anda dapat makan pisang kepok dengan berbagai cara sesuai dengan selera masing-masing.

Menyehatkan Ginjal

Kandungan potasium dalam pisang memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah membuat fungsi ginjal sehat. Ginjal membutuhkan potasium untuk meningkatkan kinerja ginjal dalam menyaring limbah metabolisme menjadi urin yang lebih optimal.

Kondisi ini tentu sangat baik karena proses penyaringan racun dan kontaminan dapat dimaksimalkan sehingga tidak ada risiko akumulasi kontaminan yang dapat menyebabkan penyakit batu kemih dan batu ginjal. Pisang kepok juga mengandung antioksidan fenolik yang melindungi ginjal dengan sangat baik.

Memperkuat Tulang

Pisang kepok juga mengandung zat prebiotik yang bertindak sebagai pemaksimalan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Salah satu nutrisi yang bisa ditolong dengan mengonsumsi prebiotik adalah vitamin D dan kalsium untuk membuat tulang lebih kuat. Bagi Anda yang saat ini memiliki masalah dengan gangguan tulang seperti keropos tulang atau osteoporosis dan masalah tulang lainnya dapat mengkonsumsi pisang kepok setiap hari dapat memperbaikinya.

Mengendalikan Tekanan Darah

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi anda harus melakukan diet tetapi tingkatkan asupan pisang kepok. Hal ini karena tingginya kadar natrium dan kalium yang dapat mencegah peningkatan tekanan darah yang ekstrem.

Menambah Energi

Jika saat ini Anda merasa lunglai, lemah, dan sedikit lelah cobalah makan pisang kepok. hal ini karena pisang kepok mengandung karbohidrat tinggi, sehingga mereka dapat segera meningkatkan energi dan stamina. Bagi Anda yang kurang mampu mengatasi kelaparan, pisang kepok dapat berfungsi sebagai sumber makanan sebagai penahan lapar, karena pisang kepok secara efektif menahan lapar dan memperpanjang efek kenyang.

Mengatasi Batuk Darah

Salah satu manfaat pisang kepok adalah obat untuk batuk darah. hal ini karena pisang kepok kuning mengandung senyawa yang dapat mengatasi peradangan di paru-paru. Selain itu, pisang kepok juga bermanfaat untuk mengatasi diabetes karena mengandung kadar gula yang seimbang. Bagi penderita diabetes, pisang yang satu ini sangat aman dan cocok dikonsumsi.

Menyehatkan Mata

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan pisang kepok adalah Anda bisa melihat lebih jelas. Ini karena mata biasanya mengalami apa yang disebut degenerasi yang lebih tua dengan bertambahnya usia. Terjadinya degenerasi makula berarti sel-sel mata tidak bekerja secara optimal, sehingga penglihatan menjadi kabur. Tentunya Anda tidak menginginkannya, bukan?

Karena itu, konsumsilah pisang kepok tiga kali sehari untuk membuat mata Anda lebih sehat dan awas. Orang yang mengonsumsi pisang kepok secara teratur memiliki risiko 40 persen lebih rendah mengalami degenerasi makula daripada orang yang tidak mengonsumsi pisang kepok.

Menstabilkan Gula Darah

Tidak hanya itu, pisang kepok juga mampu menjaga stabilitas kadar gula darah yang sedikit meningkat untuk penderita diabetes. Manfaat pisang kepok untuk menstabilkan gula darah karena kandungan gula dalam pisang kepok lebih rendah dan karbohidrat yang dikandungnya dapat membantu membuat perut tidak merasa lapar, sehingga konsumsi karbohidrat dapat dikurangi.

Memperkuat Imunitas

Konsumsi pisang kepok secara teratur memperkuat sistem kekebalan tubuh melalui vitamin B6 dan mengatur sistem usus. Selain itu, penelitian ilmiah menunjukkan bahwa buah ini menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia.

Mencerahkan dan Menghaluskan Kulit Wajah

Pisang kepok memiliki kandungan mineral, pati dan vitamin dan yang dapat menyehatkan jaringan dan sel kulit wajah. Vitamin memberi sel nutrisi dan mengganti sel yang rusak. Konsumsi pisang kepok dengan rutin mengurangi pori-pori wajah sehingga kulit pada wajah tampak lebih lebih halus, lebih cerah dan lebih kencang.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah pisang kepok semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya