15 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Salah satu buah yang kurang populer bagi kebanyakan orang di Indonesia adalah buah plum. Padahal, manfaat buah plum tidak kalah dengan buah lainnya. Selain itu, buah plum adalah buah yang dapat memiliki bentuk besar atau kecil dengan kulit merah, ungu, hijau, kuning atau oranye dan daging merah muda, kuning atau oranye.

Sebelum menjelaskan manfaat buah plum, Anda perlu tahu bahwa buah plum mengandung antioksidan tinggi. Tingginya tingkat antioksidan membuat buah genus Prunus dari keluarga Rosaceae mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan jaringan yang dapat menyebabkan kanker dari diabetes, Alzheimer dan Parkinson.

Manfaat-Buah-Plum
Manfaat Buah Plum

Manfaat Buah Plum

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Buah plum hitam mengandung banyak vitamin C sehingga sistem kekebalan tubuh dapat diperkuat untuk menghindari berbagai jenis macam infeksi dan radang.

Menjaga Kesehatan Jantung

Buah plum hitam mengandung vitamin K yang mengontrol atau mengatur detak jantung dan meningkatkan sirkulasi darah. Jadi buah plum tersebut baik untuk mencegah pembekuan darah dalam tubuh.

Mencegah Kanker

Buah plum hitam mengandung anthocyanin dan fitonutrien yang dapat menghentikan perkembangan sel kanker tetapi tanpa membunuh sel-sel sehat dalam tubuh kita.

Melancarkan Pencernaan

Buah plum hitam mengandung banyak serat yang berguna untuk mempercepat proses pencernaan dan meningkatkan sistem pencernaan sehingga racun dalam tubuh dapat dihilangkan.

Menjaga Kesehatan Mata

Buah plum hitam mengandung vitamin A. Vitamin A digunakan untuk menjaga, melindungi, dan meningkatkan kualitas organ mata saat melihat. Untuk itu rajinlah untuk mengkonsumsi buah plum.

Mencegah Anemia

Buah plum hitam mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia. Buah plum hitam dapat dikonsumsi langsung atau dapat dijadikan jus buah plum.

Menjaga Fungsi Otak

Buah plum hitam mengandung kalium yang membantu menjaga fungsi otak. Hal ini juga meningkatkan proses berpikir dan dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Menangkal Radikal Bebas

Buah plum hitam mengandung antioksidan tubuh sendiri yang dapat mengurangi jumlah radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. Radikal bebas dapat diakibatkan oleh polusi dan asap rokok.

Mengurangi Risiko Diabetes

Buah plum hitam memiliki sifat antihyperglycaemic yang dapat mengontrol kadar gula darah. Penelitian juga menunjukkan bahwa buah plum hitam dapat menurunkan kadar gula darah dan trigliserida dalam tubuh. Buah plum hitam dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Menjaga Kesehatan Janin

Buah plum sangat baik dikonsumsi oleh wanita hamil karena mereka juga mengandung kalsium dan asam folat yang dapat membantu menjaga pertumbuhan dan kesehatan janin.

Mengurangi Gejala Influenza

Manfaat buah plum yang jarang diketahui adalah kemampuannya melawan virus influenza. Zat dalam buah plum mengandung molekul, seperti lektin yang membantu menghambat dan mengobati infeksi atau penyakit yang disebabkan oleh virus influenza.

Mengontrol Tekanan Darah

Tingkat kalium dalam buah plum baik untuk mengendalikan tekanan darah. Buah plum membantu tubuh menyingkirkan natrium saat buang air kecil dan mereka mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah. Jika tekanan darah Anda lebih rendah peluang Anda terkena stroke berkurang.

Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Kandungan kalium yang tinggi dalam buah plum secara efektif melindungi sel dan jaringan dalam tubuh. Manfaat lain dari buah plum adalah kemampuannya untuk mengatur kontraksi otot dan menyeimbangkan berbagai bahan kimia dalam tubuh yang pada gilirannya menjaga keseimbangan elektrolit secara keseluruhan.

Mencegah Degenerasi Makula

Buah ini mengandung vitamin A dan beta-karoten yang bermanfaat untuk menjaga penglihatan sehat dan mencegah degenerasi makula terkait usia. Karotenoid, lutein dan zeaxanthin, yang ditemukan di jaringan makula retina dan melindungi terhadap kerusakan dari radiasi UV.

Membantu Pembekuan Darah

Manfaat berikutnya dari buah plum yang jarang diperhatikan orang adalah mereka membantu pembekuan darah normal. Khasiat buah plum ini dicapai melalui kandungan vitamin K di dalamnya. Jika Anda kekurangan vitamin K tubuh dapat menyebabkan kehilangan darah yang berlebihan dan masalah kesehatan lainnya seperti tulang yang lemah.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah plum semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya