16 Manfaat Buah Terong Belanda untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Apakah Anda suka minum jus terong Belanda yang ditemukan di restoran, kafe, atau penjual jus? Jika jawabannya ya, Hal tersebut yang baik. Mengapa demikian? Hal ini karena terong belanda memiliki banyak manfaat kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang terong belanda, termasuk mengenal sifat terong belanda, kandungan nutrisi terong belanda, manfaat terong belanda, dan resep jus terong belanda yang lezat dan menyegarkan.

Manfaat-Buah-Terong-Belanda
Manfaat Buah Terong Belanda

Manfaat Buah Terong Belanda

Menjaga kesehatan mata

Meskipun tidak sebanyak wortel, kadar karoten serta vitamin A dalam terong belanda cukup luar biasa. kalau anda tidak menyukai wortel, Anda bisa mengonsumsi buah terong belanda. Tidak diragukan lagi berbagai penyakit mata seperti degredasi manula, rabun jauh, masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia sampai katarak enggan untuk didekati.

Meregenerasi Sel DNA yang Rusak

Berkat kandungan antioksidan yang tinggi, khasiat terong belanda tidak perlu diragukan lagi. Bukan hanya luka ringan seperti bisul yang sembuh dengan cepat. Merusak sel-sel DNA juga dapat diregenerasi untuk mencegah sel kanker berkembang.

Menghilangkan Kantuk

Jika anda mengantuk tetapi enggan minum minuman berkafein? Saatnya untuk mencoba kesegaran buah terong belanda yang memiliki rasa asam yang dapat membuka mata nnda.

Mencegah Anemia

Selain antioksidan, likopen, vitamin A, C, serat, terong belanda juga mengandung zat besi yang dapat meningkatkan sel darah merah dan mencegah anemia.

Menurunkan Kolesterol

Kandungan serat pada terong belanda dapat meningkatkan kolesterol baik serta mengurangi kolesterol jahat. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi jus terong belanda setelah makan, karena kaya kolesterol untuk menjaga pembuluh darah anda sehat dan bersih.

Mengobati Hipertensi

100g terong belanda mengandung setidaknya 321 mg potasium. Hal ini tentu mencukupi untuk menjaga detak jantung dan tekanan darah agar tetap normal. Karenanya, terong belanda bermanfaat sebagai obat alami darah tinggi.

Menyehatkan Jantung

Pembuluh darah akan sehat jika kolesterol turun, tekanan darahnya stabil artinya tubuh terhindar dari penyakit berbahaya seperti serangan jantung. Semua ini dapat dicapai berkat manfaat kandungan mineral seperti mangan dan potasium dalam terong belanda.

Mencegah Diabetes tipe 2

Meskipun kurma mungkin bukan buah yang dapat dinikmati penderita diabetes, ini tidak terjadi dengan terong belanda. Mengkonsumsi makanan dengan kadar gula darah rendah jelas tidak mengarah pada peningkatan gula darah. Secara khusus, terong belanda mengandung serat yang juga dapat menstabilkan gula darah.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan kompleks vitamin B dan serat yang tinggi pada terong belanda dapat merangsang metabolisme di dalam tubuh sehingga mendukung pergerakan usus serta meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Jika sistem pencernaan sehat dan lancar, Anda akan bebas dari gangguan lambung seperti sembelit, maag atau bahkan diare. Usus besar anda akan sehat.

Menurunkan Berat Badan

Terong belanda bisa menjadi salah satu asupan perut yang enak dan melangsingkan bagi mereka yang sedang diet karena rendah kalori. Kecenderungan untuk mengkonsumsi camilan pun menurun.

Mencegah Penyakit Parkinson dan Alzheimer

Kedua penyakit ini sering terjadi karena kerusakan otak yang menyebabkan berkurangnya daya ingat serta kemampuan untuk menggerakkan tubuh. Untuk melakukan ini, Anda perlu menggunakan antioksidan tinggi pada terong belanda yang dapat mencegah otak dari kerusakan.

Anti-penuaan

Radikal bebas di sekitar kita dapat menyebabkan keriput kulit lebih cepat dari yang seharusnya. Jadi salah satu cara untuk mencegah penuaan dini adalah dengan mengonsumsi makanan yang tinggi antioksidan dan terong belanda adalah salah satunya. Selain itu, kadar vitamin C dan E dalam terong belanda juga efektif menjaga kulit tetap kencang, kenyal, dan awet muda.

Mencegah Tulang Keropos

Dengan berbagai mineral yang disebutkan di atas salah satu manfaat dari terong belanda adalah mereka menjaga kepadatan tulang sehingga tidak menjadi keropos.

Meningkatkan Imunitas

Bagi Anda yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah sehingga mudah sakit, menggunakan vitamin C dalam terong belanda tidak menjadi masalah. Tubuh tidak hanya sehat tetapi juga diberi energi karena terong belanda juga mengandung banyak nutrisi lain seperti karbohidrat, gula, dan berbagai mineral seperti zat besi, fosfor, magnesium, dan kalsium.

Mencegah Kanker

Selain anemia, telah ditemukan bahwa manfaat terong belanda dapat mencegah kanker dengan cara alami dan aman. Penyakit mematikan ini bisa dicegah dengan mengonsumsi terong belanda. Konsumsi terong belanda secara teratur dapat meningkatkan tingkat likopen dalam tubuh sehingga radikal bebas yang menyebabkan kanker dapat dicegah.

Mengatasi Beberapa Penyakit Ringan

Kandungan vitamin C dan vitamin lainnya serta kalsium dalam terong belanda berarti bahwa terong belanda memiliki keuntungan dalam mengatasi beberapa penyakit ringan. Beberapa dari penyakit ringan ini seperti bisul, sakit tenggorokan, dan maag. Selain itu terong belanda juga dipercaya dapat mengobati amandel.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah terong belanda semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: