Manfaat Buah Terong

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Masyarakat indonesia sangat akrab dengan terong. Buah yang diolah sebagai sayuran memiliki beragam jenis dan rasa yang enak. Terong yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan menyimpan berbagai manfaat kesehatan. Apa manfaat kesehatan dari terong?

Terong atau terung adalah salah satu makanan yang banyak ditemukan di indonesia. Ada beberapa jenis terong yang sering dimakan yaitu terong ungu, terong hijau, terong bulat, terong belanda, terong telunjuk, terong putih dan leunca. Dari sekian banyak varietas terong, solanum melongena atau terong ungu adalah varietas yang paling umum dikonsumsi dan paling mudah tersedia di pasaran.

Manfaat-Buah-Terong
Manfaat Buah Terong

Kandungan Buah Terong

Terong adalah buah yang kaya nutrisi yang sangat cocok untuk dikonsumsi. Terong memiliki kalori dan gula darah yang rendah. Kandungan lemak dalam terong juga sangat rendah, sebaliknya, kandungan air dan serat dalam terong tinggi. Terong juga kaya akan antioksidan dan memiliki beragam vitamin serta mineral.

Mineral dan vitamin yang terkandung dalam terong adalah vitamin A, vitamin B9 atau folat, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, vitamin B9, vitamin K, zat besi, kalsium, kalium, mangan, natrium, fosfor, dan zinc, kulit terong juga mengandung pigmen yaitu anthocyanin yang merupakan antioksidan.

Manfaat Buah Terong

Menjaga Kesehatan Tulang

Terong mengandung sejumlah besar vitamin K, tembaga dan fenol yang membantu mencegah osteoporosis, meningkatkan kekuatan tulang, meningkatkan kepadatan tulang dan meningkatkan kesehatan secara umum. Namun jangan mengonsumsi secara berlebihan.

Menyehatkan Kehamilan

Kandungan asam folat sangat penting jika Anda hamil, karena zat ini melindungi bayi dari kecacatan selama kehamilan dan melindungi perkembangan otak. dan kandungan asam folat terdapat dalam terong.

Melancarkan Pencernaan

Karena terong kolesterol dan rendah lemak, sayuran berserat ini dapat membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Serat memungkinkan tubuh untuk memproses makanan dengan mudah dan untuk mendukung penyerapan nutrisi.

Melawan Kanker

Polifenol dapat melindungi sel dari kerusakan radikal bebas, mencegah perkembangan tumor dan menghentikan penyebaran sel kanker. Senyawa lain seperti antosianin dan asam klorogenat dalam terong juga mengandung antioksidan dan efek antiinflamasi pada tubuh. Selain itu, asam klorogenik juga dapat meningkatkan produksi enzim pembersih dalam sel-sel tubuh, menyebabkan sel-sel kanker mati dan menangkal banyak penyakit virus.

Menyehatkan Jantung

Kandungan terong yang kaya akan serat, vitamin B3, B6, B1, K, C dan phytonutrinrin sehingga terong dapat meringankan masalah kardiovaskular.

Menurunkan Kolesterol Jahat

Terong yang dipanggang pada suhu 400 derajat celcius dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Namun, jika terong digoreng, tidak ada gunanya karena menyerap lemak dari minyak goreng.

Darah yang Lebih Baik

Kandungan bioflavanoid dan vitamin K yang tinggi dalam terong, dapat mencegah pembekuan darah serta memperkuat pembuluh darah jika Anda makan terong secara teratur.

Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan fitonutrien dalam terong diketahui meningkatkan keterampilan kognitif serta meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Mengobati Anemia

Mereka yang menderita anemia karena kekurangan zat besi dapat melawan gejala dengan memasukkan terong dalam makanan mereka. Karena terong mengandung banyak mineral penting, termasuk tembaga dan zat besi yang membantu meningkatkan kesehatan sel darah merah Anda.

Mengontrol Diabetes

Terong tinggi akan kandungan serat dan kandungan karbohidrat yang larut rendah. Mereka sangat ideal untuk dikonsumsi ketika Anda ingin mengontrol gula darah dan insulin dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga kulit yang sehat juga merupakan manfaat lain dari terong ungu. Kandungan antioksidan dalam terong dapat menyehatkan kulit dan memastikan kulit ternutrisi. Terong dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membuat kulit terlihat lebih bercahaya dan sehat. Terong juga bisa digunakan sebagai salah satu masker wajah yang dipercaya bisa membuat kulit lebih ringan, menghilangkan bekas jerawat, dan melembabkan kulit.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat terong yang tidak boleh Anda lewatkan akan membantu menurunkan berat badan. Jika Anda bertanya-tanya makanan mana yang paling membantu penurunan berat badan, makanan secara alami rendah kalori tetapi tinggi serat. Terong memenuhi kriteria makanan tinggi serat, rendah lemak dan rendah kalori sehingga cocok dengan makanan Anda.

Menjaga Kadar Gula Darah

Kandungan serat serta karbohidrat dapat membantu menjaga kadar gula darah stabil. Karena kandungan tersebut terong sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Bagus untuk Diet

Terong adalah sayuran rendah kalori dan hal ini membuat terong menjadi makanan yang sangat baik ketika seseorang melakukan diet penurunan berat badan.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah terong semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: