11 Manfaat Bunga Bougenville untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Bunga Bougenville adalah salah satu tanaman yang biasanya digunakan sebagai hiasan di jalan raya. Biasanya di pinggir jalan ada trotoar yang diisi pot yang menjadi media sesuai untuk media bunga ini.

Selain itu, beberapa orang juga menggunakannya sebagai hiasan di rumah, mengingat bunga ini memiliki bentuk dan warna bunga yang indah. Bougenville sendiri awalnya berasal dari Filipina dan kemudian berkembang di beberapa negara di Asia dan Amerika.

Manfaat-Bunga-Bougenville
Manfaat Bunga Bougenville

Berbicara tentang bunga bougenville ini ternyata memiliki banyak kandungan senyawa yang dapat digunakan sebagai tanaman obat. Di Filipina bunga ini pertama kali dikembangkan sebagai obat dan kemudian didistribusikan di beberapa negara di Eropa, Asia dan Amerika.

Bunga ini dapat digunakan sebagai obat karena mengandung berbagai senyawa seperti pinitol, tanin, flavonoid, alkaloid, senyawa fenolik, glikosida, betacyanine dan banyak lagi. Di mana senyawa-senyawa ini dapat digunakan sebagai pengobatan untuk menyehatkan tubuh. Bagi Anda yang ingin tahu apa manfaat dan khasiat bunga bougenville, berikut adalah manfaatnya.

Manfaat Bunga Bougenville

Menjaga Keseimbangan Kolesterol

Khasiat bunga bougenville pertama adalah dapat mempertahankan keseimbangan kolesterol. Jika ada terlalu banyak kolesterol jahat tingkat kolesterol dalam tubuh meningkat dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke dan diabetes. Jumlah kolesterol LDL dan HDL dalam tubuh yang mengarah pada peningkatan kolesterol tergantung pada jenis makanan yang dikonsumsi.

Mengobati Resistensi Insulin

Anda perlu tahu bahwa gangguan resistensi insulin dapat menyebabkan diabetes. Tubuh yang tidak dapat menghasilkan cadangan insulin menyebabkan akumulasi kadar gula darah lebih lanjut yang dapat menyebabkan diabetes. Juga diyakini bahwa tingkat senyawa pinitol pada bunga ini dapat mengatasi masalah resistensi inulin. Kemudian konsumsilah bunga ini dengan dikeringkan dan diseduh menjadi teh yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Selain mengobati resistensi insulin, kandungan bahan aktif bunga Bougenville juga memiliki manfaat dalam mengobati gangguan pencernaan seperti diare, perut kembung, dan asam lambung yang diobati dengan merebus bunga Bougenville. Daun bunga ini dipercaya mengandung zat antiinflamasi dan memiliki efek sangat baik pada usus.

Sumber Antioksidan

Peneliti kesehatan membuktikan bahwa ekstrak bunga bougenville mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Satu studi menemukan bahwa ekstrak ini dapat mencegah penyerapan radikal bebas atau kerusakan sel lain di dalam tubuh. Kandungan bunga ini akan melawan dengan berbagai radikal bebas yang terjadi di saluran pencernaan dan di organ tubuh lainnya.

Mengatur Tekanan Darah

Perlu Anda ketahui bahwa di Meksiko, ekstrak bunga bougenville digunakan sebagai minuman olahan yang berperan dalam pengobatan salah satunya berperan dalam mengatasi tekanan darah. Kandungan senyawa yang terbuat dari bunga bougenville kering diyakini menghambat pembentukan plak di pembuluh darah. Untuk alasan ini, tekanan darah stabil ketika bunga ini digunakan untuk perawatan.

Membersihkan Polusi Udara

Bunga Bougenville memiliki efek yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas udara dan air. Bunga ini bekerja dengan baik untuk mengurangi polusi udara dari kendaraan bermotor di jalan raya. Karena bunga ini biasanya berada di sisi jalan ia tidak hanya berperan sebagai hiasan tetapi juga berperan dalam membersihkan polusi udara dari asap kendaraan.

Sebagai Antibiotik

Antibiotik adalah komponen yang berperan dalam mengatasi penyebaran berbagai bakteri atau virus atau penyebab penyakit lainnya dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan di AS menunjukkan bahwa ekstrak bunga bougenville mengandung metanol khusus, yang bertindak sebagai antibiotik alami. Karena itu, bunga ini memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh.

Mencegah Peradangan Lambung

Peradangan lambung disebabkan oleh berbagai penyakit, seperti kurangnya daya tahan tubuh karena kurangnya antibiotik yang kuat dalam tubuh. Di mana antibiotik sendiri mencegah berbagai virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit dalam tubuh. Senyawa kimia dari daun bunga ini bisa menjadi pelindung dan baik untuk usus.

Membunuh Bakteri

Bakteri dapat disebabkan oleh berbagai hal dan dengan metode yang berbeda dari makanan dan polusi air dan sumber tidak bersih lainnya yang dapat menyebabkan bakteri masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, ekstrak dari daun Bougenville diyakini efektif terhadap perkembangan Micrococcus luteus, Escheria Colli, P vulgaria, S. flexneri, S. typhi dan sumber bakteri lainnya. Karena itu, fungsi ekstrak daun ini dapat menyembuhkan diare dan masalah pencernaan lainnya.

Mengobati Batuk

Batuk bisa disebabkan oleh gangguan pernapasan. Batuk biasanya disertai gejala flu dan kelelahan. Kandungan bunga Bougenville di kulit batang bisa digunakan untuk mengobati batuk.

Melawan Radikal Bebas

Bunga bougenville dapat menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh karena memiliki kandungan senyawa antioksidan, radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat bunga bougenville semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: